Hati-Hati, Ini 8 Tanda Lensa Kontak Tidak Cocok untuk Mata dan Cara Mengatasinya
terbaik.co.id
Lifestyle

Merasa tidak nyaman saat pertama kali mengenakan lensa kontak mungkin hal yang wajar. Namun, hal tersebut menjadi tidak wajar jika berlangsung terus menerus.

WowKeren - Softlens alias lensa kontak merupakan salah satu alat bantu bagi seseorang yang memiliki mata minus. Saat ini, lensa kontak tak hanya jadi alat bantu melainkan juga item fashion. Banyak orang yang tidak membutuhkannya, namun menggunakan lensa kontak untuk bergaya.

Pemula yang menggunakan lensa kontak mungkin merasa tidak nyaman akan adanya benda asing di dalam mata. Namun, jika ketidaknyamanan itu berlangsung terus menerus, mungkin saja lensa kontak tersebut tidak cocok untuk kalian.


Hal tersebut mungkin saja terjadi lantaran banyak faktor. Mulai dari kualitas lensa kontak, diameternya, kebersihan dan masih banyak lagi.

Nah, berikut ini tanda-tanda lensa kontak tak cocok untuk kalian dan cara mengatasinya. Ayo simak di sini.

(wk/nris)

1. Kalian Merasa Lensa Kontak Menjanggal


Kalian Merasa Lensa Kontak Menjanggal

Ketika lensa kontak terasa mengganjal di mata sebenarnya hal yang wajah. Namun, menjadi enggak wajar jika berlangsung seharian bahkan seterusnya. Hal tersebut menandakan bahwa lensa kontak yang kalian gunakan tidak cocok untuk mata. Mungkin saja lensa kontak tersebut terlalu tebal untuk kalian.

2. Pandangan Tidak Fokus Tanda Lensa Kontak Tak Cocok


Pandangan Tidak Fokus Tanda Lensa Kontak Tak Cocok

Nah, masalah selanjutnya yang menjadi tanda lensa kontak tidak cocok untuk kalian adalah pandangan yang tiba-tiba kabur. Coba melihat ke satu arah selama beberapa detik dan tiba-tiba penglihatan menjadi blur dan tidak fokus, kalian mungkin salam memilih lensa kontak. Segera ganti lensa kontak jika hal itu terjadi lantaran bisa merusak kesehatan mata, lho.

3. Lensa Kontak yang Tidak Cocok Bisa Sebabkan Mata Merah


Lensa Kontak yang Tidak Cocok Bisa Sebabkan Mata Merah

Kalian mungkin mengalami mata merah saat pertama kali menggunakan lensa kontak. Hal tersebut wajar karena mata masih beradaptasi dengan benda asing.

Hal ini menjadi tidak wajar ketika mata merah berlangsung terus menerus. Bahkan saat kalian telah menanggalkan lensa kontak untuk membersihkannya dan memasangnya kembali. Kalian mungkin harus menggantinya dengan lensa kontak yang mengandung air lebih banyak.

4. Mata Bisa Terasa Gatal


Mata Bisa Terasa Gatal

Apa kalian sering merasa mata gatal saat menggunakan lensa kontak? Sebaiknya, kalian melepas lensa kontak dan membiarkan mata beristirahat. Hal ini bisa terjadi karena lensa kontak menyebabkan alergi pada mata, lho. Jika hal ini terjadi berkelanjutan, jangan gunakan lagi lensa kontak tersebut.

5. Mata Terasa Kering


Mata Terasa Kering

Pengguna lensa kontak harus sering berkedip agar tetap lembap. Namun, jika kalian mengenakan lensa kontak yang tidak cocok, mata dapat menjadi kering dan tidak dapat diobati dengan hanya berkedip. Ketika mata kering, penggunaan lensa kontak pun menjadi tidak nyaman.

6. Ganti ke Lensa Kontak ke Merek Lain


Ganti ke Lensa Kontak ke Merek Lain

Kalian dapat mengatasi masalah lensa kontak yang tidak cocok dengan menggantinya. Perhatikan jenis lensa kontak sebelum kalian membelinya. Terdapat 2 jenis lensa kontak yang beredar di pasaran, yaitu lunak dan keras.

Lensa kontak lunak lebih banyak diminati lantaran penggunaannya yang lebih nyaman. Sementara lensa kontak keras alias hard lens merupakan lensa kontak yang bertahan lebih lama bahkan ada yang sampai 10 tahun.

Selain itu, kalian juga perlu memperhatikan kadaluwarsa lensa kontak. Terdapat lensa kontak yang hanya sekali pakai, ada yang 2 minggu, 3 bulan hingga 6 bulan. Kalian wajib mematuhi jangka waktu pemakaian yang sudah ditetapkan.

7. Perhatikan Diameter Lensa Kontak


Perhatikan Diameter Lensa Kontak

Perlu kalian tahu bahwa diameter lensa kontak mempengaruhi kenyamanan kalian. Banyak orang, terutama wanita yang sengaja memilih lensa kontak dengan diameter besar agar matanya terlihat besar pula.

Padahal, jika kalian memiliki bola mata berdiameter kecil, memakai lensa kontak diameter besar akan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Maka dari itu, pilih lensa kontak dengan diameter yang normal-normal saja, ya.

8. Gunakan Tetes Mata Khusus Lensa Kontak


Gunakan Tetes Mata Khusus Lensa Kontak

Jika mengalami mata kering, kalian dapat menggunakan tetes mata khusus lensa kontak yang dijual di pasaran. Lakukan juga hal ini jika ada kotoran yang masuk ke mata, jadi menghindari kalian untuk mengucek mata. Selain itu, perlu diingat bahwa tetes mata biasa dan untuk lensa kontak tidak dapat disamakan, ya.

Nah, ketahui perawatan untuk lensa kontak agar tetap steril dan merusak mata di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru