Buntut Candaan 'Hewan Gembel', Pandji Pragiwaksono Dikecam Komunitas Pencinta Anjing dan Kucing
YouTube/Pandji Pragiwaksono
Selebriti

Komunitas Pencinta Anjing dan Kucing bernama Garda Satwa Indonesia menuliskan kecamannya untuk Pandji Pragiwaksono di Instagram. Komunitas ini juga membuat surat terbuka.

WowKeren - Pandji Pragiwaksono tengah menjadi bahasan di dunia maya lantaran materi stand up comedy yang dibawakannya dalam tur. Dimana Pandji membawakan materi tentang "Hewan Gembel" yang kemudian menuai kontroversi di media sosial. Pasalnya Pandji dianggap terlalu merendahkan kucing dalam materi tersebut.

Candaan ini rupanya berbuntut panjang. Pandji akhirnya dikecam oleh pencinta binatang di media sosial. Salah satu komunitas anjing dan kucing, Garda Satwa Indonesia, bahkan sampai membuat surat terbuka untuk Pandji atas materi stand up comedy-nya itu.

"Cuplikan video ini kami record dari chanel youtubenya @pandji.pragiwaksono yang berjudul 'PANDJI BENCI HEWAN GEMBEL'. Surat terbuka untuk Pandji Pragiwaksono," tulis akun Garda Satwa Indonesia pada Jumat (5/4). "Kami merasa keberatan atas pernyataan anda dalam video yang berjudul 'PANDJI BENCI HEWAN GEMBEL'."

Akun tersebut menganggap bahwa pernyataan Pandji tentang kucing terlantar bisa menimbulkan pandangan publik bahwa wajar untuk membenci hewan jalanan. Garda Satwa Indonesia juga menjelaskan tentang kehidupan sulit yang dialami para hewan terlantar, termasuk kucing yang menjadi objek candaan Pandji.


Lihat postingan ini di Instagram

Cuplikan video ini kami record dari chanel youtubenya @pandji.pragiwaksono yang berjudul “PANDJI BENCI HEWAN GEMBEL”. Surat terbuka untuk Pandji Pragiwaksono Kami merasa keberatan atas pernyataan anda dalam video yang berjudul “PANDJI BENCI HEWAN GEMBEL”. Di mana anda menerangkan ketidaksukaan anda kepada kucing terlantar yang mengemis makanan sisa dari manusia. Anda ini seorang influencer dan banyak yang mengikuti sosial media anda. Pernyataan apapun akan memberikan efek bagi sekitar anda. Anda harus tahu betapa sulitnya hidup seekor kucing gembel. Tiap detik hidupnya bersinggungan dengan kematian: karena lapar, sakit, kecelakaan, atau penyiksaan. Tanpa anda bicara seperti itu saja hidup kucing liar sudah sulit, jangan ditambah lagi pernyataan anda yang benci hewan gembel sehingga memprovokasi orang lain juga untuk merasa wajar membenci hewan jalanan. Anda sebagai influencer kami harapkan justru jadi pelopor pembela hak bagi kaum yang lemah. Tak hanya manusia tapi juga binatang. Sekali lagi kami jelaskan bahwa hidup kucing menggembel dan mengemis makanan bukan berniat mengganggu anda, mereka hanya berusaha bertahan hidup! Jika ada makhluk kecil tak berdaya dan sedang berupaya untuk bertahan hidup saja kamu benci, apa itu tidak memperlihatkan seberapa besar jiwa kamu, Panji? Video anda sudah ditonton ratusan ribu orang, di mana tanggung jawabmu, Pandji jika semakin banyak orang yang membenci hewan terlantar dan merasa wajar-wajar saja membencinya. Semoga anda siap dikritik oleh para pejuang hewan gembel. https://youtu.be/KZXYEL8D2yE

Sebuah kiriman dibagikan oleh GardaSatwaIndonesia (@gardasatwaindonesia) pada

"Anda harus tahu betapa sulitnya hidup seekor kucing gembel. Tiap detik hidupnya bersinggungan dengan kematian: karena lapar, sakit, kecelakaan, atau penyiksaan," lanjutnya. "Tanpa anda bicara seperti itu saja hidup kucing liar sudah sulit, jangan ditambah lagi pernyataan anda yang benci hewan gembel sehingga memprovokasi orang lain juga untuk merasa wajar membenci hewan jalanan."

Postingan ini kemudian menuai banyak komentar dari netter di media sosial. Banyak yang setuju dengan kecaman yang dibuat oleh komunitas pencinta anjing dan kucing ini. Tapi di sisi lain, sejumlah netter memberikan pembelaan kepada Pandji yang dianggap hanya menyampaikan keresahannya tentang hewan dalam bentuk komedi.

"Apakah sebuah comedy ini harus di ambil hati ? Apakah sekarang seorang comdian tidak bisa membawakan pengalamannya menjadi cerita lucu ?. Ini hanya sebuah COMEDI BUKAN Ujaran KEBENCIAN. . . @gardasatwaindonesia," bela netter. "@gardasatwaindonesia KALO GASUKA PANDJI BISA DM DIA, AJAK KETEMUAN MAU DIA. MINTA PENJELASAN DARI DIA. BUKAN DENGAN CARA MEMPROVOKASI DARI POTONGAN VIDEO," seru yang lain.

(wk/nur2)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait