Traveler Wajib Tahu! Ini 9 Etika yang Perlu Diperhatikan saat Kalian Menginap di Hotel
Travel

Meski membayar mahal, kalian wajib menjaga etika saat berada di hotel. Sikap yang tidak beretika dapat mengganggu kenyamanan tamu lain. Ayo simak di sini!

WowKeren - Apa diantara kalian ada yang senang traveling? Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat melakukan perjalanan wisata adalah kamar hotel. Kalian pasti mempertimbangkan layanan dan fasilitas hotel yang terbaik serta bugdet yang sesuai kantong.

Namun, meski telah membayar mahal, tamu harus menjaga etika saat menginap di hotel. Sikap yang tidak beretika dapat mengganggu kenyamanan tamu lain dan juga menghambat kerja staf yang ada di sana.


Tak hanya etika saat menginap, kalian juga harus memperhatikan etika ketika akan check out. Nah, mau tahu apa saja? Ayo simak di sini!

1. Bersikaplah Sopan pada Staf Hotel


Bersikaplah Sopan pada Staf Hotel

Hal pertama yang harus dilakukan adalah bersikap sopan pada staf hotel. Kalian wajib bersikap profesional dan tetap ramah kepada mereka, seletih apapun kalian sampai di hotel.

Seorang staf front desk dari Boston University's School of Hospitality Administration mengatakan akan banyak keuntungan dari tamu yang bersikap ramah. Maka dari itu, kalian harus tetap menjaga sikap meski telah membayar, ya.

2. Jangan Gunakan Sandal Hotel ke Luar Kamar


Jangan Gunakan Sandal Hotel ke Luar Kamar

Sandal hotel merupakan salah satu layanan yang disediakan. Namun, perlu kalian tahu bahwa sandal hotel sebaiknya tidak digunakan ke luar kamar. Sandal hotel dirancang tipis dengan bahan lembut yang cocok untuk lantai karpet atau menghalau dingin ubin di kamar.

Menggunakan sandal hotel ke luar kamar dianggap tidak sopan, apalagi jika di luar negeri. Selain itu, hal tersebut tidak enak dipandang. Jadi, perhatikan hal ini, ya.

3. Jangan Pernah Membawa Makanan yang Memiliki Bau Tajam


Jangan Pernah Membawa Makanan yang Memiliki Bau Tajam

Nah, etika satu ini juga jadi hal yang penting untuk diperhatikan. Hotel memiliki peraturan yang melarang tamu untuk membawa makanan berbau, seperti durian. Pasalnya, makanan tersebut akan membuat tamu lain tidak nyaman. Taati peraturan tersebut jika kalian tidak akan terkena denda.

4. Ketahui Barang yang Tidak dan Boleh Dibawa Pulang


Ketahui Barang yang Tidak dan Boleh Dibawa Pulang

Tidak semua barang-barang yang berada di hotel boleh dibawa pulang. Hanya sandal, sampo dan sikat gigi yang dapat kalian ambil. Jangan membawa pulang benda-benda yang tidak boleh dibawa pulang, kalian bisa saja dianggap mencuri, lho.

5. Jaga Ketenangan saat di Hotel


Jaga Ketenangan saat di Hotel

Jika kalian menginap di hotel secara berkelompok atau bersama dengan beberapa anggota keluarga, sebisa mungkin jaga ketenangan lingkungan hotel. Salah satunya adalah dengan tidak bicara berisik dan keras-keras saat melewati koridor kamar hotel.

Suara dari koridor bukan tidak mungkin sampai di kamar tamu lain dan mengganggu mereka. Hal yang sama juga dilakukan ketika kalian mengantri untuk makanan atau sarapan di hotel. Mengantri sesuai urutan dan jangan berlebihan mengambil makanan yang disediakan oleh pihak hotel.

6. Matikan lampu, AC dan Tutup Keran Sebelum Check Out


Matikan lampu, AC dan Tutup Keran Sebelum Check Out

Ketika akan check out, sebaiknya tinggalkan kamar dalam keadaan lampu dan AC mati serta seran yang tertutup. Dengan hal ini, kalian membantu tindakan ramah energi. Perlu diketahui bahwa tidak semua hotel yang menerapkan sistem kunci yang menggunakan kartu.

7. Sebelum Check Out Lipat Handuk Terlebih Dahulu


Sebelum Check Out Lipat Handuk Terlebih Dahulu

Umumnya, hotel menyediakan handuk di setiap kamar. Mereka juga memiliki handuk dengan berbagai ukuran untuk beragam keperluan. Nah, saat check out, kalian sebaiknya melipat handuk atau meletakkanya di keranjang pakaian kotor. Jangan lempar sembarang handuk di lantai kamar.

8. Rapikan Kamar Sedikit Sebelum Check Out


Rapikan Kamar Sedikit Sebelum Check Out

Enggak ada salahnya merapikan kamar sebelum check out. Kalian mungkin bisa membantu meletakkan handuk di tempatnya, membuang sampah di tempat sampah dan melepaskan sprei. Tumpukkan di lantai sebelah pintu kamar mandi agar mudah di ambil. Hal ini tentu akan membantu staf kebersihan di hotel.

9. Tinggalkan Tip di Bawah Telepon atau Kotak Tisu Sebelum Check Out


Tinggalkan Tip di Bawah Telepon atau Kotak Tisu Sebelum Check Out

Etika yang terakhir adalah meninggalkan tip di kamar. Tip tidak hanya diberikan setelah barang-barang diantar oleh petugas hotel, namun meninggalkannya di bawah telepon atau kotek tisu sebagai apresiasi bagi petugas yang membersihkan kamar. Besarnya tip memang tidak ada patokan, karena kriteria layak atau tidak berada di tangan pengunjung.

You can share this post!

Related Posts
Loading...