Foto Habib Rizieq Dihapus Oleh Instagram, Pengamat Sebut Bisa Ganggu Bisnis Buzzer Paslon 02
Nasional

Konten yang berkaitan dengan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab, saat ini dihapus oleh pihak Instagram. Pengamat media sosial pun menanggapi.

WowKeren - Konten yang berkaitan dengan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab, saat ini dihapus oleh Instagram. Para pengguna yang mengunggah foto Habib Rizieq akan mendapat notifikasi mengenai kontennya yang dianggap mengganggu.

Menurut pengamat media sosial, Elisa Koorag, hal ini dapat mempengaruhi para buzzer alias tukang "giring isu" yang mendukung paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Pasalnya, keberpihakan Habib Rizieq kepada Prabowo-Sandi memang bisa dijadikan konten dan lahan bisnis bagi para buzzer.

"Kalau postingan itu kan biasanya dilihat juga dari keberpihakan," tutur Elisa dilansir detikFinance pada Rabu (10/4). "Kalau mereka pendukung 02 tentunya akan berpengaruh."

Elisa lantas menjelaskan bahwa buzzer memiliki kesepakatan dalam setiap konten yang dibuat. Contoh kesepakatan tersebut ialah konten harus bertahan di media sosial milik buzzer dalam periode waktu tertentu, bisa 4-6 minggu atau bahkan sampai 4-6 bulan.


Sehingga apabila konten yang diunggah oleh buzzer dihapus oleh pihak pengelola media sosial, maka klien akan melakukan evaluasi. Kampanye yang mereka lakukan akan dianggap gagal. "Nah, untuk masalah ini tentunya bagi buzzer yang mengambil pasti berpengaruh jika dihapus," jelas Elisa.

Di sisi lain, FPI sendiri mengaku sudah menelusuri perihal penghapusan konten Habib Rizieq oleh Instagram. Menurut FPI, Instagram diminta oleh salah satu Kementerian Indonesia untuk menghapus unggahan yang berkaitan dengan Habib Rizieq.

"Hasil penelitian, FPI mendapatkan informasi bahwa kebijakan tersebut atas permintaan salah satu kementerian yang membidangi masalah tersebut," jelas Sekretaris Umum DPP FPI, Munarman, dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (8/4). Tak hanya Instagram, Munarman juga mengaku bahwa Facebook melakukan hal serupa.

Sebelumnya, penghapusan foto Habib Rizieq di sejumlah akun Instagram terkuak usai ramai dibahas oleh warganet. Salah satunya oleh Pipik Dian Irawati alias Umi Pipik. Diketahui, foto bersama Habib Rizieq yang diunggah ke akun Instagram Umi Pipik terhapus pada Februari 2019 lalu.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru