Candaan Selalu Jadi Kontroversi, Pandji: Komedian Tak Mungkin Berhenti Menyinggung
YouTube/Melaney Ricardo
Selebriti

Pandji belakangan ramai dikecam karena candaannya yang menyebut kucing sebagai hewan gembel. Meski begitu, Pandji menilai tak ada yang salah dalam leluconnya itu.

WowKeren - Stand Up komedi Pandji Pragiwaksono belakangan ramai menjadi perdebatan karena membicarakan kucing yang disebutnya sebagai hewan gembel. Pernyataan Pandji tersebut menuai banyak kecaman hingga Garda Satwa Indonesia pun ikut menuliskan surat terbuka.

Ditemui Melaney Ricardo, Pandji mengaku tak enak menanggapi semua keramaian ini. Pandji membenarkan apabila merasa bersalah, namun bukan karena candaan yang masih dianggapnya wajar itu.

"Gue ngerasa enggak enak sebenernya sama semua orang yang sampai terpaksa harus ngelihat ya," ujar Pandji menjawab pertanyaan Melaney. "Iya (ngerasa bersalah) tapi gue enggak akan meminta maaf atas joke-nya karena joke-nya enggak salah menurut gue."

Permasalah Pandji ini rupanya tak membuat ia maupun keluarganya merasa terancam. Terlebih candaan Pandji hampir setiap tahun selalu menuai ketidaksetujuan beberapa golongan.

"Enggak (ngerasa terganggu) sih. I had worst than this, actually. Hampir tiap tahun gue selalu kena masalah sama komedi gue," ungkap Pandji. "Tahun lalu kan toa masjid, terus ada lagi waktu itu soal ganja. Habis itu lagi ramai soal pemerkosaan, terus ada lagi soal regulasi prostitusi."


Pandji tak begitu mempermasalahkan nyinyiran yang ada karena merasa warganet melakukan hal itu atas dasar cinta. Oleh sebab itu, Pandji yakin bahwa kebencian yang timbul dari rasa cinta tersebut tak akan berbuah hal buruk.

"Serame-ramenya ini gue masih percaya ini orang ngamuk karena kecintaannya yang besar, bukan karena kebencian yang mendalam," tutur Pandji. "Kalau datengnya dari cinta, gue ragu sampe ke ekstrim sih."

Selain soal menyebut kucing "hewan gembel", Pandji juga dikritik karena cara berkomedinya yang kerap menyinggung. Menanggapi hal tersebut, Pandji menyadari bahwa ia tak mungkin dapat menyenangkan semua orang.

"Tidak mungkin meminta komedian berhenti menyinggung. Karena kita enggak bisa nebak," jelas Pandji. "Sekarang gini, gue enggak ngomongin suku, agama, ras, antar golongan politik, ngomongin kucing masih tersinggung. Poinnya adalah bahkan ketika kita berniat baik pun, orang bisa tersinggung."

Pandji pun membantah apabila semua yang terjadi saat ini sengaja di-setting untuk menaikkan popularitasnya. "Gua enggak melakukan itu dengan sengaja, itu bukan sesuatu yang distrategikan, tapi kalo ditanya ada dampaknya, ada banget memang ternyata karena orang pada ngomongin," tandas Pandji.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait