Mengesankan, Astronom Akhirnya Rilis Foto Lubang Hitam Pertama Dalam Sejarah
SerbaSerbi

Lubang hitam yang memiliki jarak 500 juta triliun kilometer dari Bumi ini diambil dengan 8 teleskop berbeda yang tersebar di seluruh dunia. Jaringan delapan teleskop tersebut bernama Event Horizon Telescope (EHT)

WowKeren - 10 April 2019 merupakan hari bersejarah untuk umat manusia. Rabu (10/4) kemarin, para astronom untuk pertama kalinya berhasil mengambil foto lubang hitam (black hole) yang terletak di galaksi yang jauh dari Bumi.

Ukuran lubang hitam tersebut sangat fantastis dengan luas 40 miliar kilometer, atau 3 juta kali lebih besar dari Bumi dan lebih besar dari tata surya kita. Karena ukurannya yang sangat besar, para peneliti menyebutnya dengan "monster".

Lubang hitam yang memiliki jarak 500 juta triliun kilometer dari Bumi ini diambil dengan 8 teleskop berbeda yang tersebar di seluruh dunia. Jaringan delapan teleskop tersebut bernama Event Horizon Telescope (EHT).

"Kami telah mengambil gambar pertama dari sebuah black hole," ujar Sheperd S. Doeleman, Direktur Proyek EHT. "Ini adalah pencapaian ilmu pengetahuan yang luar biasa yang berhasil dilakukan oleh tim yang beranggotakan lebih dari 200 peneliti."


Temuan ini telah dipublikasikan di Astrophysical Journal Letters. Ide untuk mengambil gambar lubang hitam ini dipimpin oleh Profesor Heino Falcke dari Radboud University. Falcke mengatakan bahwa lubang hitam tersebut berada di galaksi Messier 87.

"Massanya 6,5 miliar kali lebih besar dari Matahari. Dan kami menduga ini adalah salah satu black hole dengan massa terberat yang pernah ada," kata Falcke. "Ini adalah monster, juara kelas berat lubang hitam di alam semesta."

Ia menjelaskan, lubang hitam tampak seperti cincin api yang mengelilingi lubang hitam. Cincin terang tersebut berasal dari gas super panas yang masuk ke dalam lubang hitam. Cahaya dari lubang hitam lebih terang dibanding cahaya gabungan dari miliaran bintang lain di galaksi. Maka dari itu, pancaran cahaya cincin api di sekitar lubang hitam itu bisa terlihat dari bumi.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru