Debat Terakhir Bakal Lebih Panas, Prabowo Gunakan Strategi 'Serang' Jokowi?
Nasional

Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi akan kembali dipertemukan dalam agenda debat Pilpres 2019 terakhir yang akan dilaksanakan pada malam ini (13/4) di Hotel Sultan, Jakarta.

WowKeren - Kedua paslon Capres Cawapres akan memasuki babak akhir kampanye Pilpres 2019. Sebelum hari pencoblosan pada 17 April 2019 mendatang, kedua paslon akan melaksanakan debat terakhir pada malam ini (13/4).

Agenda ini akan mempertemukan kembali Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di arena debat. Debat pamungkas ini akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta, dan mengangkat tema Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi, serta Perdagangan dan Industri.


Debat kelima ini dinilai akan menjadi momentum bagi kedua paslon untuk meyakinkan rakyat Indonesia memilih mereka. Hal tersebut diungkapkan oleh peneliti Centre for Strategic and Internasional Studies (CSIS), Arya Fernandez. "Ini adalah momentum terakhir yang bisa digunakan untuk meyakinkan pemilih," tutur Arya dilansir Liputan6.com, Jumat (12/4)

Berdasarkan prediksi Arya, adu gagasan dalam debat pamungkas ini akan berlangsung lebih "panas". Pasalnya, tema yang diangkat memang merupakan fokus kedua paslon dalam setiap kampanye mereka. Capres nomor urut 02, Prabowo, juga dinilai akan lebih "agresif" dibanding debat sebelumnya.

"Saya kira Pak Prabowo mungkin nanti akan menyerang. Apalagi ini isu yang menjadi konsen mereka ya," jelas Arya. "Lapangan kerja dan seterusnya. Saya kira Jokowi akan tampil bertahan. Itu saya kira."

Ketua Umum Gerindra tersebut dinilai akan "menyerang" isu utang di pemerintahan Jokowi hingga lapangan pekerjaan. Sementara sang Capres petahana diperkirakan akan bertahan menggunakan argumen prestasi pemerintahannya.

Performa kedua paslon dalam debat terakhir ini dinilai akan mempengaruhi masyarakat yang belum mantap menentukan pilihan mereka alias undecided voter dan swing voter. "Saya percaya orang-orang yang undecided voters dan swing voters akan menyaksikan debat sebagai tolak ukur. Bagaimana program yang diangkat skala nasional dan lainnya," ujar Arya.

Di sisi lain, kedua paslon dinilai menguasai tema debat kali ini. Hal ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago.

Paslon nomor urut 01 diprediksi akan membawa keberhasilan pemerintahan sebelumnya selama 4,5 tahun. Sedangkan paslon nomor urut 02 diprediksi akan membawa janji perubahan, khususnya di bidang ekonomi.

"Dua-duanya saya rasa sama-sama menguasai. Isu ekonomi ini memang jadi kekuatan kedua paslon," jelas Pangi dilansir Liputan6.com, Jumat. "Mungkin itu yang akan mereka (Prabowo-Sandi) kembangkan. Mereka akan dalami narasi soal pertumbuhan ekonomi, lapangan pekerjaan."

You can share this post!

Related Posts
Loading...