Didominasi Rasa Pedas, Kalian Wajib Cobain 8 Kuliner Khas Lombok yang Menggugah Selera Ini
Kuliner

Lombok merupakan salah satu tempat pariwisata yang terkenal dengan pantai dan pulau-pulau kecil yang indah. Jika berlibur ke Lombok, kalian juga wajib mencoba kuliner khas Kota Seribu Masjid ini.

WowKeren - Lombok merupakan salah satu kota wisata yang menjadi tujuan turis untuk menikmati keindahan pantai. Banyak pantai unik yang menjadi destinasi wisata menarik, seperti pantai Sungkun, Tanjung Bloam, Gili Petelu, Partai Surga dan masih banyak lagi. Untuk tahu selengkapnya, simak di sini.

Nah, berwisata ke suatu tempat, enggak afdal jika melewatkan makanan khas Lombok. Begitu pula dengan Kota Seribu Masjid ini. Banyak banget makanan yang memiliki cita rasa khas yang wajib kalian coba.


Mulai dari ayam Taliwang, plecing kangkung, sate Rembiga, nasi puyung dan masih banyak lagi. Mau tahu apa saja? Ayo simak di sini.

1. Ayam Taliwang, Ayam Bakar Super Pedas dari Lombok


Ayam Taliwang, Ayam Bakar Super Pedas dari Lombok

Kalian pasti sudah tidak asing dengan ayam Taliwang, kan? Ayam Taliwang merupakan ayam bakar pedas khas Lombok yang kini banyak dijual di penjuru Indonesia. Kunci kelezatan sajian ayam Taliwang berada di bumbu pedasnya yang khas banget.

Sambal cabai yang digunakan untuk membuat sambal asal NTB ini berbeda dengan sambal pedas daerah lain di Indonesia. Bumbu yang berbeda dari sambal ini adalah terasi khas Lombok. Selain sambalnya, ayam yang digunakan juga ayam kampung yang masih muda sehingga dagingnya sangat empuk dan mudah sekali dilepaskan dari tulang-tulangnya.

2. Selain Ayam Taliwang, Cobain Juga Ayam Rarang


Selain Ayam Taliwang, Cobain Juga Ayam Rarang

Ayam Rarang memang enggak terlalu terkenal seperti ayam Taliwang. Kuliner satu ini berupa olahan daging ayam kampung yang dilumuri dengan cabai rawit dan kering. Tampilannya mirip dengan ayam balado cita rasa yang pedas.

Kuliner satu ini juga diolah dengan cara dibakar. Masyarakat Lombok biasanya menyantap ayam Rarang bersama dengan nasi dan sayur bening. Buat kalian yang enggak tahan pedas, coba tambahkan kecap, ya.

3. Sate Rembiga, Sate Sapi yang Unik


Sate Rembiga, Sate Sapi yang Unik

Sate sapi mungkin jadi makanan populer di Indonesia. Nah, Lombok memiliki sate sapi khas yang bernama sate Rembiga. Sate ini terbilang unik lantaran sapi -sapi dibebaskan berkeliaran sehingga tidak mudah stres. Sapi dibiarkan merumput sendiri agar dagingnya lebih lembut dan nikmat.

Satu Rembiga sendiri memiliki rasa yang unik, mulai dari manis, gurih dan utamanya pedas. Daging sapi akan direndam selama dua jam di dalam bumbu khusus. Hal ini membuat sate nantinya tidak diberi bumbu lagi saat dihidangkan. Sate ini disajikan dengan lontong bulayak, yakni lontong bungkus daun aren memutar ke atas sehingga di bagian ujung hampir lancip menyerupai kerucut.

4. Nikmati Nasi Puyung di Lombok


Nikmati Nasi Puyung di Lombok

Buat kalian yang ingin membawa bekal saat berlibur di Lobok, nasi Puyung bisa jadi pilihan yang tepat. Nasi ini dibungkus dengan daun pisang dan memiliki penampilan yang sangat sederhana. Tentunya, nasi Puyung memiliki cita rasa pedas khas Lombok yang nikmat.

Nasi Puyung ini hanya berisi suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon dan belut goreng. Makanan ini terbilang mirip dengan nasi kucing yang ada di Pulau Jawa.

5. Beberuk Terong, Sambal Khas Lombok yang Menyegarkan


Beberuk Terong, Sambal Khas Lombok yang Menyegarkan

Jika Bali mempunyai sambal matah, Lombok memiliki beberuk terong. Sambal satu ini berisi irisan kecil-kecil terong dan kacang panjang. Bahan tersebut kemudian di siram sambal tomat. Paduan terong dan kacang panjang yang masih mentah semakin segar dengan sambal tomat tersebut.

Beberuk terong biasanya dikonsumsi bersama plecing kangkung dan ayam Taliwang. Buat yang tidak suka terong mentah, kalian dapat membakar terong terlebih dahulu, ya.

6. Plecing Kangkung, Makanan Lombok yang Terkenal


Plecing Kangkung, Makanan Lombok yang Terkenal

Siapa yang tidak tahu plecing kangkung, olahan kandung yang nikmat dan super pedas dari Lombok? Tampilan plecing kangkung memang sangat sederhana. Hanya berupa kangkung rebus yang dibaluri sambal khas serta kacang tanah.

Rasa nikmat plecing kangkung juga sangat khas karena menggunakan terasi dari Lombok. Kuliner satu ini juga menjadi makanan pelengkap ayam Taliwang dan makanan khas Lombok lainnya.

7. Sayur Ares Pelepah Pisang


Sayur Ares Pelepah Pisang

Makanan selanjutnya merupakan sayur ares. Makanan ini dimasak menggunakan bahan dasar pelepah pisang dan santan. Umumnya, kuliner ini disajikan bersama dengan upacara pernikahan Suku Sasak.

Berbeda dengan makanan lainnya yang memiliki cita rasa pedas, sayur ares malah mempunyai rasa antara manis dan gurih karena menggunakan santan. Untuk menambah rasa, biasanya masyarakat Lombok menambahkan daging sapi.

8. Dodol Rumput Laut Khas Lombok


Dodol Rumput Laut Khas Lombok

Beralih ke jajanan, Lombok memiliki makanan khas, yakni dodol rumput laut. Lombok, khususnya di Teluk Ekas dan Serewe, Lombok Timur merupakan salah satu sentra utama pembudidayaan rumput laut di Indonesia. Dodol rumput laut ini memiliki tekstur lembut menyerupai jelly dan tidak lengket.

Meski berasal dari rumput laut, dodol khas Lombok ini juga memiliki berbagai varian rasa. Sebut saja pisang, durian, melon, semangka, jagung, mangga, nanas, jahe dan masih banyak lagi. Warnanya beragam sehingga sangat menarik perhatian.

You can share this post!

Related Posts
Loading...