Jokowi Temui Raja Salman Sebelum Umrah, Indonesia Dapat Tambahan 10 Ribu Kuota Haji
Instagram/jokowi
Nasional

Penambahan kuota 10 ribu dari yang semula 221 ribu jamaah ini dinilai dapat mengurangi daftar tunggu jamaah haji di Indonesia yang rata-rata harus menunggu selama 18 tahun.

WowKeren - Presiden Joko Widodo diketahui melakukan ibadah umrah ke Tanah Suci usai Debat Pilpres yang terakhir. Sebelum menjalankan ibadah umrah, Jokowi sempat bertemu dengan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud di Kerajaan Arab Saudi pada Minggu (14/4).

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan bahwa pemerintah Arab Saudi sendiri menambah kuota haji bagi Indonesia sebesar 10 ribu. Indonesia dan Arab Saudi telah menyepakati mekanisme konsultasi tingkat pemimpin dan melakukan pertemuan satu tahun sekali.


"Indonesia-Saudi juga sepakat segera melakukan pertemuan untuk membahas investasi dan kerjasama ekonomi lain," jelas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan tertulis, Minggu. Penambahan kuota haji tersebut disampaikan langsung oleh Raja Salman di Riyadh.

Hal tersebut kembali ditegaskan oleh Putera Mahkota Kerajaan Saudi, Muhammad bin Salman, kala menyambut rombongan Jokowi. Menlu Retno sendiri ikut dalam rombongan tersebut.

Menurut Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Fraksi Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, keputusan penambahan kuota ini ditetapkan oleh Raja Salman saat bertemu Jokowi di Istana Pribadi Raja di Riyadh pada hari yang sama. Keputusan tersebut menurutnya patut diapresiasi.

Pasalnya, menurut Ace, penambahan kuota 10 ribu dari yang semula 221 ribu jamaah ini dapat mengurangi daftar tunggu jamaah haji di Indonesia. Diketahui, rata-rata daftar tunggu jamaah haji mencapai 18 tahun.

Ace juga menjelaskan bahwa daftar tunggu jamaah di Sulawesi Selatan bahkan mencapai 40 tahun. Tak hanya itu, Ace juga mengklaim bahwa penambahan kuota haji ini dapat terwujud berkat pendekatan diplomatik Jokowi kepada Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

"Kalau bukan karena kedekatan diplomatik antara Pemerintah Indonesia di bawah Kepemimpinan Presiden Jokowi dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi saat ini," tutur Ace yang juga juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Ma'ruf Amin ini dalam keterangan tertulis, Senin (15/4). "Penambahan ini sulit untuk dilakukan."

Di sisi lain, Jokowi diketahui melanjutkan agendanya dengan menjalankan ibadah umrah di Mekah. Capres petahana tersebut didampingi oleh istrinya, Iriana Jokowi, serta kedua putranya, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming.

Saat melaksanakan ibadah umrah, Jokowi sekeluarga mendapat kesempatan istimewa untuk memasuki Ka'bah. Jokowi bisa mendapatkan kesempatan itu lantaran ia datang ke sana dalam rangka memenuhi undangan Raja Salman.

You can share this post!

Related Posts
Loading...