Atasi Kerutan di Wajah, Gunakan 8 Bahan Alami yang Mudah Ditemukan Ini Agar Tetap Awet Muda
Lifestyle

Meski sulit, bukan berarti kerutan di wajah enggak bisa di atasi, lho. Kalian dapat menggunakan berbagai bahan alami yang tidak memiliki efek samping berbahaya.

WowKeren - Keriput atau kerutan merupakan kondisi lipatan di kulit yang sering dikaitkan dengan penuaan. Semakin tua, sel-sel kulit membelah lebih lambat yang menyebabkan penipisan pada kulit. Hal ini menjadi masalah yang cukup sulit untuk diatasi.

Penyebab keriput sendiri beragam. Keriput bisa saja muncul karena terkena sinar matahari terlalu sering. Kulit menjadi kering lantaran sinar ultraviolet yang merusak struktur kulit, kemudian timbul keriput di beberapa bagian. Kebiasaan buruk seperti merokok pun bisa menyebabkan kerutan di wajah, lho.


Selain itu, posisi tidur menjadi salah satu hal penyebab kulit keriput. Tidak peduli seberapa halusnya bantal yang kalian gunakan, tetap saja menaruh tekanan pada wajah di malam hari dapat membuat kulit keriput.

Meski sulit, bukan berarti kerutan di wajah enggak bisa di atasi, lho. Kalian dapat menggunakan berbagai bahan alami yang tidak memiliki efek samping berbahaya.

Nah, berikut 8 bahan alami yang dapat kalian gunakan untuk menghilangkan keriput. Bahannya mudah ditemukan, lho. Simak di sini, yuk!

(wk/nris)

1. Manfaatkan Pisang untuk Atasi Kerutan


Manfaatkan Pisang untuk Atasi Kerutan

Pisang merupakan buah favorit banyak orang. Selain rasanya enak, ternyata pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Salah satunya untuk mengobati sariawan tanpa rasa perih. Nah, untuk kecantikan sendiri, kalian dapat memanfaatkan pisang untuk mengatasi kerutan.

Pisang memiliki vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat melawan kerutan dan garis halus di wajah. Caranya memanfaatkannya mudah, cukup hancurkan pisang hingga membentuk pasta. Kemudian diamkan minimal 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Kalian dapat mencampurkannya dengan alpukat dan madu terlebih dahulu untuk melembapkan wajah.

Perlu kalian tahu, kulit pisang juga memiliki manfaat yang besar, lho. Simak di sini untuk tahu selengkapnya.

2. Hilangkan Keriput dengan Wortel


Hilangkan Keriput dengan Wortel

Wortel merupakan sayuran yang memiliki kandungan vitamin A tinggi. Kandungan tersebut sering dikaitkan dengan kesehatan mata. Rupanya, wortel juga dapat kalian gunakan untuk menghilangkan keriput di wajah. Vitamin A dapat merangsang produksi kolagen yang akan membantu wajah mengatasi keriput.

Cara memanfaatkan wortel adalah dengan merebusnya terlebih dahulu hingga tekstur lunak. Kemudian hancurkan wortel dengan blender kemudian campurkan dengan madu hingga membentuk pasta. Oleskan campuran tersebut ke wajah sebagai masker. Diamkan masker 10 menit sebelum dibilas.

3. Gunakan Putih Telur untuk Membantu Mengatasi Kerutan


Gunakan Putih Telur untuk Membantu Mengatasi Kerutan

Bahan alami selanjutnya untuk mengatasi keriput adalah putih telur. Kandungan protein, vitamin B dan vitamin E dapat menyembuhkan garis-garis halus secara alami. Selain itu, putih telur juga dapat mengecilkan pori-pori, mengencangkan kulit, mencegah timbulnya jerawat dan masih banyak lagi.

Putih telur dapat kalian gunakan sebagai masker. Aplikasikan putih telur langsung ke kulit yang terdapat keriput. Jangan bergerak saat menggunakan masker, ya. Pasalnya, hal itu malah akan menambah kerutan di wajah. Setelah didiamkan hingga kering, bersihkan masker dengan air hangat.

4. Nanas dapat Mencegah Penuaan


Nanas dapat Mencegah Penuaan

Siapa sangka ternyata nanas dapat mengatasi kerutan di wajah? Buah nanas mengandung enzim yang membuat wajah elastis, melembabkan dan mengangkat sel kulit mati. Nanas juga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang baik untuk wajah.

Tidak perlu menghaluskannya, kalian bisa langsung menggosokkan nanas ke kulit. Berikan pijatan perlahan selama kalian menggosokkannya. Biarkan sari nanas selama sekitar 20 menit pada wajah. Kemudian bilas dengan air bersih.

5. Manfaat Madu untuk Kecantikan Wajah


Manfaat Madu untuk Kecantikan Wajah

Khasiat madu untuk wajah memang tak perlu diragukan lagi. Salah satu manfaatnya adalah untuk menghilangkan kerutan di wajah. Madu berperan sebagai antioksidan yang melindungi dari pengaruh buruk radikal bebas yang baik memerangi penuaan dini.

Kalian membutuhkan air perasan lemon untuk memanfaatkan madu. Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata. Kemudian oleskan pada wajah hingga leher selama kurang lebih 15 menit. Bilas hingga bersih dan ulangi secara rutin, ya. Simak manfaat madu untuk kecantikan lainnya di sini.

6. Lidah Buaya dapat Mengatasi Keriput


Lidah Buaya dapat Mengatasi Keriput

Manfaat lidah buaya untuk kulit memang telah dikenal luas. Lidah buaya dapat menghilangkan bekas cacar air, mengatasi jerawat punggung, mengobati gatal serta iritasi kulit dan masih banyak lagi.

Lidah buaya juga dapat mengatasi keriput dengan cara meningkatkan elastisitas kulit. Kalian hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke kulit. Kemudian diamkan selama 15-20 menit sebelum bilas menggunakan air bersih.

7. Jahe Bermanfaat untuk Mengatasi Kerutan Wajah


Jahe Bermanfaat untuk Mengatasi Kerutan Wajah

Jahe biasanya dimanfaatkan untuk beberapa masalah kesehatan. Sebut saja mengobati infeksi saluran kemih, mengurangi rasa pegal, memperlancar aliran darah, menyembuhkan sakit tenggorokan dan masih banyak lagi.

Jahe juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan juga mencegah penuaan dini. Penggunaannya bukan dengan diolah sebagai masker. Siapkan jahe atau bubuk jahe dan madu. Kemudian tuangkan air hangat dalam campuran tersebut. Minum jahe secara rutin dua kali sehari.

8. Minyak Zaitun untuk Kecantikan


Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan vitamin C yang dapat membantu mengatasi keriput di area bawah mata. Kalian hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke kulit sembari memijatnya perlahan. Biarkan minyak meresap, melembapkan, memperbaiki dan meregenerasi sel kulit.

Kalian juga dapat mencampurkan beberapa tetes madu dan minyak zaitun dengan gliserin. Perawatan ini juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Kulit juga akan menjadi lebih kencang, lho.

Nah, selain bahan-bahan di atas, kalian dapat mencegah penuaan dini seperti keriput dengan melakukan kebiasaan baik, simak di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru