Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Kecewa Tak Bisa Nyoblos Lantaran Tidak Bawa A5
Twitter/barry_saiful
Nasional
Pemilu 2019

Sejumlah penumpang di Bandara Soekarno Hatta mengeluhkan sulitnya menggunakan hak pilih mereka meskipun sudah membawa e-KTP dan surat panggilan dari daerah.

WowKeren - Hari ini, Rabu (17/4) seluruh rakyat Indonesia serentak menggelar pesta demokrasi. Masyarakat antusias berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hak pilih mereka.

Sayangnya, hal mengecewakan yang justru harus dialami oleh sejumlah penumpang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Mereka tidak bisa menggunakan hak pilih lantaran tidak membawa surat A5.


Salah satu penumpang, Wawan, mengatakan bahwa dirinya sangat kecewa karena tidak bisa mencoblos. Meskipun sudah membawa e-KTP dan surat panggilan dari daerah dan juga paspor, namun ia tidak membawa A5 sebagai syarat kelengkapannya.

"E-KTP itu kan produk pemerintah, sudah terhubung satu sama lain. Satu pintu itu e-KTP," kata Wawan dilansir dari Antara, Rabu (17/4). "Sementara untuk pencoblosan harus bawa A5, sementara saya tidak bawa, cuma surat panggilan dari daerah. KTP ada, paspor ada cuma tidak bisa."

Wawan mengaku bahwa dirinya sudah berada di bandara sejak pagi. Ia rencananya akan pergi ke Jeddah, Arab Saudi bersama dengan empat kawannya pada pukul 10.00 WIB. Oleh sebab itu, ia sangat antusias untuk mencoblos di bandara.

Ia menuturkan sangat menyayangkan kejadian ini. Menurutnya, apa yang ia hadapi tidak sejalan dengan upaya pemerintah yang selama ini menyerukan masyarakat agar tidak golput. Ia merasa sangat kecewa karena dipersulit dalam menggunakan hak pilihnya.

"Seharusnya bisa untuk pilih calon presiden," lanjut Wawan. "Saya sangat kecewa karena kehilangan hak pilih. Pemerintah bilang jangan golput, tapi ini mau memilih saja sulit."

Sementara itu penumpang lainnya, Eko, juga mengaku telah kehilangan hak pilihnya. Pria asal Sunter tersebut rencananya akan menyoblos di bandara sebelum bertolak ke Bangkok. "Enggak mungkin saya harus balik ke Sunter, Jakarta Utara untuk mencoblos. Sementara pesawat saya jam 09.00."

Tak hanya penumpang, para pilot dan pramugari pun juga harus mengalami kekecewaan yang sama lantaran tak bisa menggunakan hak pilih mereka. Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 34 Terminal 3 Faris Dias mengatakan bahwa syarat bagi penumpang yang ingin mencoblos memang harus membawa surat A5 sedangkan pramugari maupun pilot harus memiliki A4.

"Untuk karyawan kita sudah punya datanya," kata Faris masih dilansir dari Antara. "Sementara untuk penumpang maupun pramugari dan pilot kita belum punya, mereka bisa memilih asalkan bawa A5."

You can share this post!

Related Posts
Loading...