Makan Enak Tetap Sehat? Ini 9 Menu yang Aman untuk Penderita Diabetes
foodtasia.com
Kuliner

Menderita diabetes membuat seseorang tidak dapat mengonsumsi makanan apapun. 9 makanan ini memiliki rasa yang enak namun juga aman untuk penderita diabetes. Mau tahu apa saja?

WowKeren - Diabetes merupakan penyakit yang terkait dengan kondisi di mana kadar gula darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak terserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh.

Parahnya, diabetes yang tidak dikontrol dengan baik akan menimbulkan berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderitanya. Perlu kalian tahu bahwa diabetes disebut dengan ibu dari segala penyakit.


Menderita diabetes membuat seseorang tidak dapat mengonsumsi makanan apapun. Mereka harus memperhatikan kandungan gula dalam makanan tersebut agar glukosa dalam darah tidak ikut naik. Hal tersebut membuat makanan mereka terkadang menjadi tidak enak.

Nah, berikut ini terdapat 9 menu makanan yang enak tapi tetap aman bagi penderita diabetes. Mau tahu apa saja? Ayo simak di sini!

(wk/nris)

1. Tumis Pare Cocok Bagi Penderita Diabetes


Tumis Pare Cocok Bagi Penderita Diabetes

Menu pertama adalah tumis pare. Menurut penelitian dari India yang dipublikasikan di Asian Pasific Journal of Tropical Diasese menemukan, pare memiliki sifat antidiabetes yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah pada diabetes tipe 2. Pare juga memiliki bahan aktif seperti charatin, alkaloid, vicine dan peptida yang dapat memicu aktivitas pelepasan insulin yang lebih baik.

Pare memang memiliki rasa yang pahit sehingga tidak semua orang menikmatinya. Namun, dengan cara memasak yang tepat, kalian tidak akan merasakan rasa pahit itu, kok. Untuk memasak tumis pare, kalian dapat menambahkan ikan asin atau tahu sebagai bahan pelengkap. Jangan lupa gunakan gula diabetes yang sehat, ya.

2. Penderita Diabetes Wajib Coba Tim Ayam Beras Merah


Penderita Diabetes Wajib Coba Tim Ayam Beras Merah

Nasi merah merupakan salah satu makanan yang disarankan baik untuk penderita diabetes sebagai pengganti nasi putih. Nasi merah tidak melalui proses pemurnian seperti nasi putih sehingga senyawa yang disebut asam fitat tidak terbuang. Senyawa tersebut dapat mengikat mineral, seperti seng, magnesium dan kalsium sehingga tidak terserap tubuh.

Lagi-lagi, nasi merah memang tidak se-nikmat mengonsumsi nasi putih. Maka dari itu, kalian dapat menciptakan menu yang tidak membosankan dan nikmat, seperti tim ayam nasi beras merah. Cara membuatnya sama seperti tim ayam biasa, kok. Kalian hanya perlu mengganti nasi putih dengan nasi merah.

3. Tumis Tahu Tempe Kecap untuk Penderita Diabetes


Tumis Tahu Tempe Kecap untuk Penderita Diabetes

Tahu dan tempe merupakan makanan yang paling umum di Indonesia. Selain harganya murah, makanan satu ini jadi favorit banyak orang lantaran mudah diolah menjadi menu makanan apa saja. Nilai tambah lainnya, tahu dan tempe mengandung isoflavon yang baik untuk memperbaiki resistensi insulin sehingga gula darah dapat terkontrol. Selain itu, serah di dalamnya juga sangat baik untuk memperlambat pergerakan usus halus.

Menu paling mudah yang dapat kalian buat adalah tumis tahu tempe kecap. Namun, gunakan kecap manis yang khusus penderita diabetes. Tak hanya itu, tahu dan tempe dapat diolah menjadi bistik, rolade, semur, opor dan masih banyak lagi.

4. Konsumsi Sayur Bayam Jagung


Konsumsi Sayur Bayam Jagung

Bayam merupakan salah satu sayuran yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Sayuran hijau satu ini memiliki kandungan lutein yang berguna untuk kesehatan mata. Hal ini sangat baik lantaran penderita diabetes memiliki resiko kebutaan lebih tinggi dibanding orang lain.

Kalian dapat membuat sayur bayam jagung sebagai menu makan. Jagung berfungsi sebagai pengganti nasi yang lebih sehat. Rasa manis pada jagung berasal dari fruktosa sehingga penderita diabetes sekali pun dapat mengkonsumsinya. Fruktosa merupakan gula kompleks yang tidak langsung dicerna oleh tubuh.

5. Salmon Baik untuk Penderita Diabetes


Salmon Baik untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi ikan laut seperti salmon, sarden, tuna dan makarel. Ikan-ikan tersebut memiliki sumber lemak omega-3, DHA dan EPA yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, mengurangi peradangan dan memperbaiki fungsi arteri. Perlu kalian ketahui bahwa diabetes juga dapat memicu penyakit jantung.

Cara mengolah salmon beragam, kalian dapat mengukusnya agar tidak terkontaminasi dengan bahan-bahan tidak sehat. Kalian juga bisa memanggangnya dengan minyak sehat.

6. Roti Gandum dan Alpukat Sebagai Sarapan


Roti Gandum dan Alpukat Sebagai Sarapan

Roti gandum juga baik sebagai pengganti karbohidrat dalam nasi putih. Ahli nutrisi Elizabeth Snyder, RD, CDE mengatakan bahwa penderita diabetes dapat mengonsumsi karbohidrat dari makanan lain. Ia merekomendasikan sumber karbohidrat kompleks seperti roti gandum yang lebih kaya akan vitamin, mineral dan serat.

Jika dimakan dengan cara biasa, roti gandum mungkin akan membosankan. Kalian dapat menambahkan alpukat sebagai selai. Haluskan alpukat terlebih dahulu kemudian oleskan pada roti gandum. Atau potong-potong alpukat kemudian letakkan di atasnya. Selain itu, kalian bisa menambahkan telur kukus atau goreng untuk memperkaya rasa.

7. Yogurt Yunani Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes


Yogurt Yunani Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Beralih ke caliman, kalian dapat mengonsumsi Yogurt Yunani. Camilan ini kaya akan protein dan karbohidrat yang menjadi kombinasi sempurna untuk mengendalikan lapar. Manfaat yang diberikan lebih banyak daripada yogurt biasa, lho.

Agar rasanya lebih enak, tambahkan buat beri sebagai topping. Pasalnya, buah beri, seperti stroberi, blueberry, raspberi dan blackberry mengandung indeks glikemin yang rendah dan berkonstribusi dalam kestabilan gula darah.

8. Makan Olahan Ubi Jalar


Makan Olahan Ubi Jalar

Nah, makanan selanjutnya adalah ubi jalar yang memiliki sumber karbohidrat yang ramah untuk penderita diabetes. Satu ubi jalar mengandung 4 gram serat dan hampir sepertiga dari vitamin C harian. Makanan satu ini juga merupakan sumber utama vitamin A yang beberapa penemuan menunjukkan dapat meningkatkan fungsi sel yang memproduksi insulin.

Banyak olahan ubi jalar yang dapat kalian lakukan. Cara yang paling mudah adalah dengan mengukus atau merebus ubi yang sudah dibersihkan. Kemudian cemplungkan ke dalam panci beserta kulitnya dan beri sedikit garam akan gurih. Namun, jangan mengolahnya terlalu matang agar indeks glikemik tidak berubah.

9. Dark Chocolate Sebagai Camilan Penderita Diabetes


Dark Chocolate Sebagai Camilan Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes yang sangat menyukai cokelat tak perlu khawatir. Kalian dapat mengonsumsi cokelat hitam, kok. Cokelat hitam mengandung lebih dari 70% kakao untuk kestabilan gula darah. Kandungan di dalamnya juga baik untuk mengurangi resisteni insulin, meningkatkan proses glukosa darah dan mengurangi keinginan makan banyak pada penderita diabetes.

Penelitian membuktikan, penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi dark chocolate 2 gram perhari dapat meningkatkan asensitivitas pada insulin. Hal itu menandakan bahwa cokelat hitam dapat menunda terjadinya diabetes pada seseorang.

Bagi yang belum tahu, simak 10 tanda-tanda diabetes yang menyerang tubuh di sini. Selain itu, ketahui menu makan malam untuk kalian yang sedang diet di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel