Berkunjung ke Desa Ratenggaro
Travel

Wisata di Sumba semakin terkenal berkat film 'Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak' yang mengambil latar daerah tersebut. Nah, buat kalian yang tertarik ke Sumba, wajib kunjungi lokasi wisata ini!

WowKeren - Nah, jalan-jalan ke Sumba, tidak lengkap jika kalian melewatkan Desa Ratenggaro. Ratenggaro sendiri memiliki arti "Rate" berarti kuburan, sedangkan "Garo" berarti orang Garo. Zaman dahulu, terjadi perang antar suku, di mana suku yang saat ini berhasil menghuni desa tersebut merebutnya dari orang Garo asli. Suku yang kalah dibunuh dan dikubur di desa tersebut.

Maka dari itu, saat berkunjung ke Desa Ratenggaro, kalian akan melihat 304 buah batu kubur. Batu tersebut memiliki ukiran unik yang menambah kesan magis dan mendalam. Bentuknya menyerupai meja datar dan berukuran besar sehingga kokoh meskipun terkena hantaman angin kencang dari arah laut di belakang kampung.

Desa Ratenggaro memang terletak di dekat pantai. Rumah penduduk di sini memiliki bentuk yang unik, seperti menara menjulang tinggi, yakni 15 meter. Atapnya masih terbuat dari jerami. Nah, kalian dapat berkeliling menggunakan kuda di Desa Ratenggaro.

(wk/nris)

You can share this post!

Related Posts