Dispatch Ungkap Penjelasan 'Inkigayo' Soal Tak Masukkan BTS Di Nominasi Pemenang
Musik

Dispatch merilis hasil wawancara dengan salah satu perwakilan 'Inkigayo' yang dilakukan pada Senin (22/4) lalu. Dalam wawancara tersebut Dispatch bertanya seputar sistem pemilihan peringkat pada acara itu.

WowKeren - Salah satu acara musik korea, SBS "Inkigayo" baru-baru ini menuai kontroversi. Pasalnya acara musik ini diduga melakukan kecurangan dengan tak memasukkan lagu Bangtan Boys (BTS) yang berjudul "Boy With Luv" ke dalam nominasi pemenang pada episode yang ditayangkan Minggu (21/4).

Menurut salah satu outlet media Korea Dispatch, Black Pink dan BTS merilis album pada hari yang sama yakni Jumat. Lagu Black Pink "Kill This Love" dirilis pada 5 April, sementara "Boy With Luv" dirilis pada 12 April.


Namun, perbedaan terjadi ketika Black Pink terdaftar di tempat ke-4, 9 hari setelah dirilis pada 14 April. Sedangkan BTS tidak terlihat di tangga lagu setelah 9 hari pada tanggal 21 April dan gagal masuk ke tangga lagu sama sekali.

Dispatch juga menyoroti ambiguitas dalam menilai lagu berdasarkan waktu rilisnya. Dispatch mencantumkan "Four Seasons" milik Tae Yeon sebagai contoh. "Four Seasons" dirilis pukul 6 sore pada 22 Maret. Namun untuk periode 18-25 Maret, "Four Season" telah berada di peringkat ke-23.

Dispatch kemudian merilis hasil wawancara dengan salah satu perwakilan "Inkigayo" yang dilakukan pada Senin (22/4) lalu. Dispatch (D) bertanya seputar sistem pemilihan peringkat pada perwakilan SBS (S) untuk acara musik "Inkigayo". Berikut rekap wawancaranya:

Dispatch Ungkap Penjelasan \'Inkigayo\' Soal Tak Masukan BTS Di Nominasi Pemenang

Koreaboo

D: Bagaimana Anda (Inkigayo) menghitung grafik?

S: Streaming online (55%), Youtube (30%), suara Pra-pertunjukan (5%), pemutaran TV/Radio (10%), Album/Grafik Gaon (10%)

D: Kenapa BTS tidak ada dalam bagan pada minggu ke-3 bulan April?

S: Lagu BTS tidak dirilis di bawah minggu ke-3 bulan April. Itu akan terlihat dalam grafik minggu depan.

D: Apa standar yang Inkigayo digunakan?

S: Setiap penyiar memiliki perhitungan grafik yang berbeda. Sulit untuk mengungkapkan detail kriteria kami.

Dispatch menggarisbawahi bahwa BTS menempati posisi pertama di Music Bank pada 19 April dan Music Core pada 20 April. Selain itu, pihak Dispatch juga berkomentar tentang bagaimana tak jelasnya kriteria perhitungan Inkigayo.

Pihak "Inkigayo" pun menanggapi bahwa ada kriteria yang tak di penuhi oleh BTS dan bukan hanya waktu perilisan. "Ada bagian yang tidak memenuhi kriteria dan standar kami. Entri BTS dalam chart akan tidak adil untuk grup lainnya," ungkap Perwakilan SBS.

"Formula untuk charting kami sangat rumit. Dalam kasus BTS, ada bagian yang tidak memenuhi kriteria saat menghitung skor," lanjut Perwakilan SBS. "Alasan mengapa penyanyi lain masuk chart adalah karena mereka memenuhi semua kriteria."

Sementara itu, lagu terbaru dari BTS yang bertajuk "Boy With Luv" ini diketahui telah meraih beberapa prestasi membanggakan. Lagu BTS ini juga dinobatkan oleh Guiness World Record sebagai lagu tercepat mencapai 100 juta viewers di YouTube hanya dalam waktu 37 jam, 37 menit.

You can share this post!

Related Posts
Loading...