Ahmad Dhani Berpotensi Lolos Jadi Anggota DPR Meski Terjerat Kasus Hukum, Kok Bisa?
Instagram/ahmaddhaniofficial
Selebriti

Pencalonan Ahmad Dhani di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 kemungkinan bisa mengantarkannya menjadi anggota DPR RI berdasarkan hasil perolehan suaranya.

WowKeren - Ahmad Dhani dikabarkan berpotensi untuk menjadi anggota DPR RI. Pasalnya, calon legislatif (caleg) Partai Gerindra tersebut meraih suara yang cukup signifikan di Dapilnya di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur.

Dari data yang masuk ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, perolehan suara Dhani sudah mencapai lebih dari 17 ribu. Padahal angka tersebut berdasarkan 15 persen data yang masuk dan kemungkinan besar bisa bertambah.

Kendati demikian, Dhani kini masih tersandung masalah hukum akibat kasus ujaran kebencian berbau SARA. Suami Mulan Jameela ini sebelumnya divonis 1,5 tahun penjara akibat kasus tersebut. Namun Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta mengabulkan banding Dhani dan mengurangi masa tahanannya menjadi 1 tahun penjara.

Belum usai, Dhani juga menghadapi kasus hukum kasus pencemaran nama baik terkait "vlog idiot" terhadap sekelompok massa di Surabaya. Pentolan band Dewa 19 tersebut pun dituntut hukuman 18 bulan penjara.


Photo-INFO

Instagram

Sementara itu, pencalonan Dhani sebagai caleg tak bisa dibatalkan lantaran ia bukan terjerat kasus pidana terkait Pemilu. Seorang caleg bisa digugurkan dari Pemilihan Legislatif (Pileg) jika melanggar pidana pemilu, seperti politik uang dan penggunaan fasilitas negara untuk kampanye. Hal ini memungkinkan Dhani untuk dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024.

Kabar tentang kemungkinan Dhani bisa melenggang sebagai anggota DPR RI pun membuat warganet memberikan komentar sinis. Banyak dari mereka yang tak setuju jika Dhani menjadi wakil rakyat saat ia terjerat masalah hukum akibat perilakunya.

"Kena kasus kok gak didiskualifikasi pencalonan nya si... Gak heran, koruptor aja ttp melenggang ke dpr.." komentar akun @fro***rvi. "Lah yg CPNS aja suruh bikin skck, ini napi kok bisa jadi wakil rakyat,, hadeh," imbuh akun @indi*****tore.

"Ga tau diri sih pdhl jd wakil rakyat t ya disamping liat background pendidikan ya harusnya attitude diliat jugag..... sedih gua," ujar akun @lan****lak. "Selamat datang di Indonesia... narapidana bisa jadi anggota DPR," seru akun @emmy*****1315.

(wk/evaa)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru