10 Tips Persiapan yang Harus Dilakukan Menjelang Puasa Agar Tubuh Tetap Fit
The Independent
Lifestyle

Saat puasa, umat muslim harus menahan diri dari nafsu makan dan minum serta lainnya dari terbit hingga terbenamnya matahari. Meski menjadi agenda tiap tahun, tubuh memerlukan persiapan untuk melakukan puasa.

WowKeren - Ramadhan menjadi bulan yang paling mulia di dalam kalender Islam. Bulan ini merupakan saat kitab suci Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Penentuan hari pada kalender hijriah didasarkan pada revolusi bulan mengelilingi bumi. Awal bulan Ramadhan ditetapkan saat muncul hilal (bulan sabit).

Nah, saat puasa, umat muslim harus menahan diri dari nafsu makan dan minum serta lainnya dari terbit hingga terbenamnya matahari. Meski menjadi agenda tiap tahun, tubuh memerlukan persiapan untuk melakukan puasa. Apalagi, bagi kalian yang memiliki penyakit maag, darah rendah atau mudah lemas.

Berikut 10 tips yang dapat kalian lakukan menjelang puasa agar tetap fit. Mau tahu apa saja? Ayo simak di sini!

(wk/nris)

1. Melatih Diri dengan Lakukan Puasa Sunnah


Melatih Diri dengan Lakukan Puasa Sunnah

Menjelang puasa Ramadhan, kalian dapat melakukan puasa sunnah, seperti puasa Senin-Kamis. Melakukan puasa sunnah akan membuat tubuh mudah beradaptasi saat puasa Ramadhan nanti.

Kalian juga akan lebih mudah menahan diri dari makan dan minum. Selain itu, tentunya pahala juga akan kalian dapatkan. Hal ini bisa jadi win win solution banget, ya.

2. Biasakan Diri Bangun Lebih Pagi


Biasakan Diri Bangun Lebih Pagi

Sahur merupakan aktivitas makan yang dilakukan pada dini hari sebelum menjalankan puasa seharian. Bangun pada dini hari mungkin menjadi kesulitan bagi sebagian orang yang tidak terbiasa.

Nah, agar dapat menjalankan sahur dengan lancar selama puasa Ramadhan, kalian dapat berlatih bangun pagi mulai dari sekarang. Selain itu, coba memulai sarapan lebih awal untuk membantu tubuh beradaptasi menerima asupan makanan lebih pagi.

3. Jangan Suka Begadang


Jangan Suka Begadang

Nah, kalian juga harus mengatur waktu tidur. Untuk bisa bangun dini hari saat puasa Ramadhan, waktu tidur harus cukup. Kalian harus mencoba tidur lebih awal mulai dari sekarang. Buat yang sering begadang, kalian harus menghentikan hal tersebut mulai dari sekarang. Mungkin kalian juga bisa memanfaatkan tidur siang agar tidak kekurangan waktu tidur.

4. Kurangi Kebiasaan Mengemil Mulai dari Saat Ini


Kurangi Kebiasaan Mengemil Mulai dari Saat Ini

Siapa di antara kalian yang suka ngemil? Apa kalian tidak bisa lepas dari camilan saat bekerja? Mulai dari sekarang, coba kurangi mengonsumsi makanan di luar jadwal makan per hari. Jika tidak berlatih mulai dari sekarang, puasa Ramadhan akan terasa lebih berat.

5. Mulai Atur Pola Makan


Mulai Atur Pola Makan

Banyak diantara yang berpikir bahwa mengurangi porsi makan dapat membantu kelancaran puasa. Rupanya, statement tersebut kurang tepat. Justru kalian dianjurkan untuk tidak mengurangi porsi makan. Pengurangan porsi makan akan meningkatkan rasa lapar dan dapat mempersulit puasa kalian.

Nah, sebaiknya pola makan yang harus disesuaikan. Pada pagi hari, kalian dapat memilih makanan yang dapat bertahan lama di tubuh agar tidak mudah lapar. Asupan gizi juga harus seimbang antara karbohidrat, protein dan lemak.

6. Konsumsi Banyak Air Putih


Konsumsi Banyak Air Putih

Selama puasa, cairan putih sangat penting untuk dijaga. Tapi enggak semua orang rajin mengonsumsi minum air putih. Nah, kalian sebaiknya mulai melatih konsumsi air putih menjelang puasa.

Minum air dalam jumlah sedikit dapat memperlambat sistem pencernaan kalian. Penyakit seperti sembelit akan mudah menyerang. Dengan memperbanyak konsumsi air putih, tubuh akan lebih fit dan siap untuk menghadapi puasa.

7. Kurangi Kafein Menjelang Puasa


Kurangi Kafein Menjelang Puasa

Kopi dan teh merupakan minuman favorit sebagian orang. Biasanya, minuman ini dikonsumsi saat pagi hari sebelum beraktivitas. Namun, kalian sebaiknya menghindari minuman yang mengandung kafein menjelang puasa agar lebih mudah menjalani bulan Ramadhan nanti.

Mengonsumsi kafein dapat membuat tubuh jadi mudah dehidrasi. Ketika mengonsumsi kafein, kalian bisa merasa lebih cepat haus dan lebih sering buang air kecil. Kebiasaan tersebut akan mengganggu puasa.

8. Banyak Konsumsi Buah dan Serat


Banyak Konsumsi Buah dan Serat

Salah satu metabolisme tubuh yang baik adalah buah dan sayuran. Menurut Maria Adams, MS, MPH, RD, seorang ahli diet dari Marblehead di Amerika Serikat, cara untuk menjaga pencernaan sehat saat puasa adalah dengan makan makanan yang mengandung serat. Kalian juga harus membiasakannya mulai dari sekarang agar pencernaan lebih lancar.

Makanan yang mengandung serat terbaik adalah buah-buahan dan sayuran. Dengan mengonsumsi banyak serat, kalian juga dapat mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal, lho.

9. Kurangi Merokok Menjelang Puasa


Kurangi Merokok Menjelang Puasa

Saat puasa, merokok juga dilarang. Perokok yang memulai puasa tanpa persiapan akan mengalami berbagai gejala seperti sensitif, marah, tak sabar dan sulit berkosentrasi. Maka dari itu, kalian perlu mulai mengurangi rokok mulai dari sekarang, terutama pada siang hari.

10. Atur Jadwal Olahraga Agar sesuai Saat Puasa


Atur Jadwal Olahraga Agar sesuai Saat Puasa

Meski berpuasa, olahraga tidak boleh ditinggalkan. Kalian perlu sedikit penyesuaian saat puasa. Kalian bisa mengubah jadwal olahraga mulai dari sekarang hingga puasa 30 hari nanti.

Kalian dapat berolahraga di pagi hari setelah subuh. Atau, coba pergi ke gym pada malam hari dan melakukan indoor cycling. Satu hal yang pasti, jangan sampai olahraga mengganggu kegiatan berpuasa, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru