9 Cara Mudah Mencegah Bau Mulut Tak Sedap Selama Bulan Puasa, Bikin Napas Segar Seharian!
Lifestyle

Bau mulut dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari makanan, kurangnya asupan, mulut kering dan masih banyak lagi. Ayo simak cara mencegah bau mulut tak sedap agar dapat menjalani puasa dengan tenang.

WowKeren - Bau mulut merupakan salah satu masalah yang kerap muncul saat menjalani puasa. Ketika tidak makan dan minum selama satu hari penuh, mulut memang akan mengalami kekeringan. Nah, hal ini yang menjadi penyebab utama bau mulut selama puasa.

Selain itu, bau mulut juga muncul karena di dalamnya terdapat bakteri yang berkembang dengan jumlah yang banyak. Salah satunya adalah anaerob gram negatif. Namun, bukan berarti kalian tidak dapat mencegahnya.

Berikut 9 cara alami mencegah adanya bau mulut saat menjalani puasa. Simak di sini.

(wk/nris)

1. Jangan Mengonsumsi Makanan Berbau Tajam saat Sahur


Jangan Mengonsumsi Makanan Berbau Tajam saat Sahur

Cara pertama untuk mencegah bau mulut selama puasa adalah jangan mengonsumsi makanan yang berbau tajam. Makanan seperti jengkol, petai dan durian akan memperparah bau mulut saat berpuasa.

Selain itu, keju juga menjadi makanan yang wajib dihindari saat sahur. Keju terbukti menjadi salah satu makanan yang menyebabkan bau mulut, lho. Jika terlanjur mengonsumsi keju, kalian dapat mengatasinya dengan mengisap potongan lemon dan garam.

2. Konsumsi Makanan Berkarbohidrat Tinggi


Konsumsi Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Sebelumnya, telah dijelaskan bahwa kekurangan cairan dapat menyebabkan mulut menjadi bau saat berpuasa. Kurangnya karbohidrat di dalam tubuh juga menjadi salah satu penyebab bau mulut. Maka dari itu, konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi saat sahur. Sebut saja nasi merah, roti gandum, biji-bijian dan masih banyak lagi.

3. Minum Air Putih Agar Terhindari dari Dehidrasi


Minum Air Putih Agar Terhindari dari Dehidrasi

Nah, kalian juga wajib mencukupi asupan cairan untuk tubuh meski tengah berpuasa. Mengonsumsi air putih yang banyak akan membantu kalian mencegah tubuh dehidrasi. Pasalnya, dehidrasi akan menyebabkan mulut bau.

Minum air putih dengan pola 2-4-2. Pola tersebut berarti, 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari dan 2 gelas saat sahur. Perlu kalian tahu bahwa asupan cairan enggak harus didapatkan dari air kok, namun juga buah-buahan yang memiliki kadar air tinggi.

4. Minum Teh Hijau saat Sahur


Minum Teh Hijau saat Sahur

Selain air putih, kalian juga dapat mengonsumsi teh hijau. Kandungan zat antioksidan dalam teh hijau dapat meruntuhkan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Teh hijau juga mengandung zat aktif yang bahkan dapat menghilangkan plak dari gigi.

Teh hijau tentu sangat baik untuk kalian yang tengah menjalani diet. Berat badan terjaga, bau mulut pun dapat hilang.

5. Konsumsi Buah-Buahan seperti Pir


Konsumsi Buah-Buahan seperti Pir

Buah-buahan juga menjadi salah satu cara yang tepat untuk mengatasi bau mulut. Salah satunya adalah dengan buah pir. Kandungan di dalam buah satu ini dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri di mulut.

Selain menghilangkan bau mulut, pir memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga kalian enggak akan mudah lapar saat menjalani puasa. Apel dan stroberi juga sangat direkomendasikan untuk mencegah bau mulut, lho.

6. Sikat Gigi dan Lidah Setelah Sahur


Sikat Gigi dan Lidah Setelah Sahur

Nah, jangan lupa untuk menggosok gigi setelah makan sahur. Sisa makanan usai sahur yang tidak segera dibersihkan dapat tertinggal di gigi dan menjadi plak. Sisa-sisa makan itu pun juga akan membusuk lalu menyebabkan bau mulut.

Jangan lupa pula menggosok bagian lidah, ya. Pasalnya, lidah merupakan tempat berkumpulnya bakteri. Jika kalian membersihkan gigi tanpa menggosok lidah, bakteri di gigi akan berpindah ke lidah.

7. Kumur Dengan Baking Soda


Kumur Dengan Baking Soda

Cara selanjutnya untuk mencegah adanya bau mulut adalah dengan berkumur menggunakan baking soda. Bahan pembuatan kue ini akan membuat mulut terasa lebih segar saat puasa.

Penggunaannya mudah, kok. Kalian hanya perlu menambahkan 1/4 baking soda ke dalam air. Selain itu, kalian juga bisa menambahkan sedikit garam dan dua sendok makan air lemon agar mulut terhindar dari bakteri yang menyebabkan bau mulut.

8. Kumur dengan Minyak Kelapa Alami


Kumur dengan Minyak Kelapa Alami

Tak hanya baking soda, minyak kelapa alami juga dipercaya dapat menghilangkan bau tak sedap pada mulut. Minyak kelapa enggak perlu dicampur terlebih dahulu dengan air. Kalian hanya perlu berkumur dengan minyak kelapa alami selama sekitar 5 hingga 10 menit. Kemudian gosok gigi seperti biasa.

9. Jangan Merokok Setelah Sahur


Jangan Merokok Setelah Sahur

Merokok setelah makan sahur dapat menyebabkan timbulnya bau mulut. Kesehatan gigi dan mulut pun bisa bermasalah karena kebiasaan buruk satu ini. Nah, hindari merokok jika tidak ingin napas tak segar dan berbau saat puasa, ya.

Buat kalian yang lagi liburan, yuk simak tips traveling saat puasa di sini. Simak pula menu sahur yang akan membantu kalian kenyang seharian di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru