Kerusuhan dan Kebakaran di Rutan Siak Diduga Dipicu Pemukulan Oleh Petugas, 31 Tahanan Masih Kabur
Nasional

Seorang napi, Sudanto menuturkan warga binaan dengan cepat dan spontan marah kemudian mendobrak pintu sel. Bahkan ada pintu sel yang jebol dan hancur oleh para tahanan hingga semuanya bisa keluar dari sel.

WowKeren - Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto menjelaskan mula terjadinya kerusuhan dan kebakaran yang terjadi di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Siak Sri Indrapura. Mulanya, petugas lapas berkoordinasi dengan Satgas Narkoba Polres Siak menemukan cairan yang diduga narkoba jenis sabu di blok lembaga pemasyarakatan wanita.

Kasat Narkoba Polres Siak beserta tim mengecek langsung ke rutan dan menemukan narkoba yang dimaksud pada Sabtu (11/5) dini hari. Petugas lapas kemudian membawa tiga napi yang diduga terlibat.

"Kemudian pada saat mereka ini dibawa dalam lorong (rutan)," cerita Sunarto. "Kemudian sempat dilakukan aniaya oleh petugas lapas sehingga menyulut emosi mereka yang lain-lain."

Seorang napi bernama Sudanto juga memberikan kesaksian serupa. Menurutnya, warga binaan dengan cepat dan spontan marah kemudian mendobrak pintu sel masing-masing. Bahkan ada pintu sel yang jebol dan hancur oleh para tahanan hingga semuanya bisa keluar dari sel.


Sudanto juga mengatakan bahwa sejak saat itu, rutan mulai dikuasai para napi. Mereka juga melemparkan sejumlah benda ke arah luar. Ia mengaku sempat mendengar suara tembakan dari dalam.

"Mulai pukul 01.00 WIB, Sabtu dini hari, mereka lempar batu supaya polisi tidak masuk," lanjutnya. "Ada juga api ketika sudah besar, kami lari keluar, ke belakang."

Kebakaran yang terjadi melahap bagian depan hingga tengah rutan. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul lima dini hari. Pemicu kebakaran pun masih didalami polisi.

Selain itu, terdapat 153 penghuni yang kabur. Namun, 122 di antaranya telah berhasil ditangkap, sementara 31 lainnya masih dalam pengejaran.

Tidak ada korban tewas dalam kerusuhan dan kebakaran tersebut. Dua narapidana dilaporkan mengalami patah kaki, sedangkan Kasat Narkoba Polres Riau pun dirawat di RSUD Siak karena terluka di bagian lengan.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru