Megawati Tak Masalah Demokrat Gabung Jokowi, Begini Tanggapan PD
Nasional

Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon mengapresiasi Megawati yang tidak mempersoalkan jika Demokrat bergabung ke koalisi pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

WowKeren - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Eva Kusuma Sundari menyampaikan bahwa Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP sama sekali tak mempersoalkan jika Partai Demokrat hendak gabung ke koalisi pendukung Joko Widodo alias Jokowi-Ma'ruf Amin. Terkait hal ini, PD buka suara.

Ketua DPP PD Jansen Sitindaon mengatakan bahwa hal itu akan ditentukan nanti. PD akan memutuskan ke mana akan berlabuh usai Pilpres nanti. Menurut Jansen, hal itu sepenuhnya menjadi wewenang Ketua Umum dan Majelis Tinggi Partai.

"Pasca seluruh tahapan Pilpres ini nanti selesai," tutur Jansen dilansir Detik, Selasa (14/5). "Nantilah kita lihat Demokrat akan mengambil sikap politik seperti apa dan mengarah ke mana dan itu sepenuhnya kewenangan Ketua Umum dan Majelis Tinggi Partai."


Jansen mengucapkan terima kasih atas pernyataan Eva. Menurutnya, apa yang dikatakan Eva bisa memunculkan angin sejuk dalam kondisi politik Indonesia saat ini. "Terimakasih untuk pernyataan dari mbak Eva Sundari mewakili bu Mega ya. Minimal pernyataan ini pasti sedikit banyak membuat adem suasana republik kita ini," ujar Jansen.

Meski demikian, Jansen menegaskan bahwa PD akan terus solid berada di Koalisi Adil Makmur mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sejak awal, PD memang telah bergabung dengan Paslon 02 sehingga hingga Pilpres 2019 berakhir partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini akan mendukung pemenangan Prabowo-Sandiaga.

"Tapi terkait posisi Demokrat sampai selesainya seluruh tahapan Pemilu ini, kami akan terus bersama koalisi Indonesia Adil Makmur," tegas Jansen. "Walau kami ini dikenal sebagai rekan koalisi yang kritis, sejak awal Pilpres ini kami bersama 02, sampai selesainya seluruh tahapan Pemilu ini juga kami akan terus bersama."

PD memiliki prinsip siap berada di dalam maupun di luar pemerintahan. "Kami Demokrat sudah membuktikan hampir 5 tahun ini kami konsisten dan tegak lurus berada di luar pemerintahan. Dan kader-kader Demokrat juga selama beberapa tahun ini sudah mulai belajar dan terbiasa jadi oposisi sesudah hampir selama 10 tahun di kekuasaan. Jadi mau di dalam atau di luar pemerintahan sebenarnya saat ini bagi kami sama saja," jelas Jansen.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru