Jaga Ketahanan Tubuh dengan Lakukan 10 Olahraga Ringan Ini Saat Berpuasa
Lifestyle

Saat bulan puasa, tentu kegiatan berat seperti olahraga sangat dihindari. Kalian tentu tak mau batal puasa karena kelelahan, kan? Cukup lakukan 10 olahraga ringan ini, yuk!

WowKeren - Olahraga merupakan kegiatan yang akan memberikan banyak manfaat pada tubuh. Saat berolahraga, kalian akan membakar lemak dalam tubuh, menghilangkan racun-racun dan dikeluarkan melalui keringat.

Saat bulan puasa, tentu kegiatan berat seperti olahraga sangat dihindari. Kalian tentu tak mau batal puasa karena kelelahan, kan?

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kalian dapat mencoba 10 olahraga ringan yang dijamin enggak bakal bikin lelah apalagi batal puasa. Ayo simak di sini olahraga apa saja.

(wk/nris)

1. Lakukan Jalan Cepat saat Puasa


Lakukan Jalan Cepat saat Puasa

Olahraga pertama yang dapat kalian lakukan saat puasa adalah jalan cepat. Kalian dapat melakukannya menjelang berbuka puasa untuk membunuh waktu. Berjalan kaki dapat disesuaikan dengan kemampuan kalian, bisa dilakukan dengan cepat atau santai.

Lakukan jalan kaki selama sekitar 30 menit saja. Olahraga ini akan membantu keseimbangan tubuh saat berpuasa. Selain itu, energi tubuh yang keluar juga lebih sedikit.

2. Coba Naik Turun Tangga Ketika Berpuasa


Coba Naik Turun Tangga Ketika Berpuasa

Nah, kalau tak ingin jalan kaki di luar rumah, coba lakukan naik turun tangga. Aktivitas ini memang sepele, namun terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan dan menjaga tubuh bugar. Selain itu, naik turun tangga tidak akan menimbulkan dehidrasi jika kalian melakukannya dengan prosedur yang baik.

Kalian dapat melakukan olahraga naik turun tangga kurang lebih sekitar 15 menit saja. Perlu kalian tahu, 10 menit naik turun tangga dapat menurunkan sebesar 178 kalori.

3. Jogging atau Treadmill Ringan


Jogging atau Treadmill Ringan

Saat bulan puasa, kalian juga dapat dapat melakukan jogging atau berlari di treadmill. Namun, kalian tak perlu melakukannya berlebihan, cukup sekitar 20 hingga 30 menit ketika sore hari menjelang buka puasa.

Selain saat sore hari, jogging juga dapat dilakukan saat pagi hari. Saat itu, kalian masih memiliki banyak tenaga yang tersimpan di dalam tubuh setelah makan sahur.

4. Bersepeda Menjelang Buka Puasa


Bersepeda Menjelang Buka Puasa

Olahraga ringan lainnya yang dapat kalian lakukan adalah bersepeda. Selain mengencangkan otot, bersepeda dapat menyehatkan jantung. Dengan bersepeda, tubuh tidak akan terasa lemas saat berpuasa, pikiran juga menjadi lebih tenang dan oksigen yang masuk ke tubuh bisa terkontrol lebih mudah. Cukup lakukan sekitar 30 hingga 45 menit.

5. Lakukan Yoga saat Berpuasa


Lakukan Yoga saat Berpuasa

Yoga merupakan olahraga ringan yang dapat kalian lakukan. Olahraga satu ini akan membantu dan mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh. Yoga juga berfokus pada pelatihan teknik pernapasan, akan membantu proses penyuplaian oksigen ke dalam otak dan membantu berpikir jernih.

Selain itu, yoga tidak membutuhkan tempat yang luas untuk melakukannya. Kalian hanya perlu mencari lokasi yang tenang dan jauh dari keramaian. Yoga pun dapat dilakukan di berbagai waktu.

6. Lakukan Squat untuk Menjaga Kebugaran saat Puasa


Lakukan Squat untuk Menjaga Kebugaran saat Puasa

Squat merupakan salah satu olahraga yang mudah dan efektif untuk membuat tubuh menjadi lebih kuat dan sehat. Jika rutin melakukannya, bokong dan otot perut menjadi lebih kencang.

Caranya adalah dengan melakukan posisi jongkok 90 derajat. Untuk pemula, kalian dapat menempatkan sebuah kotak setinggi lutut. Jadi, saat melakukan squat, bokong harus menyentuh kotak kemudian berdiri kembali. Ulangi langkah ini beberapa kali hingga kalian tidak memerlukan bantuan kotak.

7. Push Up Tak Membuat Tenaga Berkurang Banyak


Push Up Tak Membuat Tenaga Berkurang Banyak

Tak hanya yoga, push up juga tidak membutuhkan lokasi yang luas. Olahraga ini akan membentuk lengan, otot dada, bahu dan perut. Nah, caranya pun enggak sembarangan, kalian harus melakukannya dengan efektif agar dapat memberikan manfaat maksimal.

Push up yang benar mengharuskan bagian punggung lurus seperti posisi plank. Kalian harus menjaga posisi tersebut ketika menurunkan tubuh mendekati lantai.

8. Latihan Beban dengan Barbel Kecil


Latihan Beban dengan Barbel Kecil

Nah, olahraga lainnya yang dapat kalian lakukan adalah latihan beban dengan barbel kecil. Meski hanya menggunakan barbel kecil, latihan ini dapat menurunkan lemak tubuh atau membentuk otot tubuh.

Olahraga latihan beban ini juga enggak bakal menguras tenaga kalian saat berpuasa. Lakukan gerakan angkat beban yang halus secara perlahan-lahan agar otot tidak kram pada saat mengangkat beban.

9. Coba Menari saat Berpuasa


Coba Menari saat Berpuasa

Nah, buat yang enggak suka olahraga, kalian dapat menari. Pasang lagu yang paling kalian sukai dan gerakkan tubuh seaktif mungkin. Kegiatan ini cukup membuat keringat keluar dan membakar kalori, lho.

10. Lakukan Bowling


Lakukan Bowling

Bowling merupakan salah satu jenis olahraga yang condong kepada bentuk permainan. Olahraga ini membantu kalian menjadi lebih rileks dan tetap berstamina. Kalian dapat bermain bowling selama menunggu waktu berbuka puasa dengan tetap menjaga keseimbangan gerak tubuh.

Simak pula gerakan olahraga yang paling mudah dilakukan untuk mengencangkan bokong di sini. Selain itu, simak cara mudah mencegah bau mulut tak sedap selama bulan puasa di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru