Viral Foto Panglima TNI-Kapolri Disebut Pro Jokowi, Gibran Rakabuming Geram dan Bongkar Faktanya
Instagram
Nasional

Seorang warganet membagikan foto Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang disebut sebagai pendukung Jokowi-Ma'ruf sembari menandai akun Bawaslu RI.

WowKeren - Menjelang pengumuman hasil penghitungan suara pada 22 Mei mendatang, beredar beberapa hoaks terkait Pemilu 2019 di media sosial. Salah satunya terkait paslon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Di media sosial Twitter, viral foto Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang disebut sebagai pendukung Jokowi-Ma'ruf. Dalam foto tersebut, tampak pula Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet, serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.


Foto tersebut lantas diunggah oleh akun Twitter @Restcayah dengan menandai akun resmi Bawaslu RI. Akun tersebut menuding Hadi sebagai seorang cebong, yakni sebutan yang biasa diberikan pada para pendukung Jokowi-Ma'ruf. "Min @bawaslu_RI . berani gk kelen periksa cebong loreng kumisan ini ?" cuit akun tersebut pada Kamis (16/5).

Foto tersebut lantas ditanggapi langsung oleh putra sulung Jokowi, yakni Gibran Rakabuming. Lewat akun Twitter @Chilli_Pari, Gibran membongkar fakta soal foto tersebut.

Gibran Rakabuming

Twitter

Ia mengutip foto tersebut dan menyertakan sebuah link berita yang menjelaskan asal-usul foto tersebut. Rupanya, foto tersebut merupakan sebuah foto lawas yang diunggah oleh Bamsoet ke akun Instagram pribadinya pada 11 Juni 2018 silam.

Foto lawas tersebut lantas diunggah kembali sehingga menimbulkan narasi seolah-olah Panglima TNI dan Kapolri mendukung Jokowi-Ma'ruf. Selain itu, Gibran juga me-retweet cuitan sang Panglima TNI yang meminta agar pengunggah fotonya bertobat.

"Di bulan #ramadan yang penuh rahmat dan ampunan ini, ingatlah firman Allah Swt, "...walfitnatu asyaddu minal qatli." (Q.S. 2:190)" cuit Hadi pada Jumat (17/5). "Bertobatlah!. #P5TNI #nkrihargamati."

Hadi Tjahjanto

Twitter

Diketahui, foto tersebut diambil Bamsoet kala mengecek kesiapan jalur mudik pada tahun lalu. Sehingga foto itu tidak ada hubungannya dengan Pilpres 2019 karena diambil hampir setahun sebelum pelaksanaan pesta demokrasi terbesar di Indonesia tersebut.

You can share this post!

Related Posts
Loading...