Enda Ungu Kolaborasi Bareng Sang Putri di 'SurgaMu', Bersyukur Zara Leola Ikuti Jejaknya
WowKeren/Fernando
Musik

Lagu 'Surga-Mu' yang dipopulerkan oleh Ungu didaur ulang oleh Enda dan dinyanyikan oleh Zara Leola. Namun Zara mengaku mengalami kesulitan saat menyanyikan lagu tersebut.

WowKeren - Di Bulan Suci Ramadan kali ini, Enda berkolaborasi dengan putrinya yang juga penyanyi cilik Zara Leola. Enda dan Zara mendaur ulang lagu religi berjudul "SurgaMu", yang dipopulerkan oleh grup band Ungu pada tahun 2006 silam. Menurut Enda, ia bersyukur bisa mengajak Zara berkolaborasi sekaligus mendidik putrinya.

"Alhamdulillah semakin kita dekat sama Allah semakin banyak berkah. Artinya ke manapun gue berkarier, tetap berkarier bersama keluarga sendiri," ungkap Enda saat ditemui WowKeren di Lippo Mall Kenang, Jakarta Selatan, pada Jumat (17/5). "Hal yang tidak terucapkan nikmatnya. Insya Allah bisa berkarier, bekerja, sekaligus mendidik."


Lebih lanjut, Enda tetap mengutamakan pendidikan dan ibadah Zara ketimbang karier putrinya di dunia hiburan. Gitaris berusia 43 tahun tersebut juga tak menuntut banyak dari Zara, selain belajar yang baik di sekolah dan menjalankan ibadah.

"Kalau aku cara mendidiknya alhamdulillah aku menegaskan bahwa yang enggak bisa ditawar adalah agama dan sekolah. Itu enggak bisa ditawar walaupun kamu punya pekerjaan apa tetap sekolah harus utama," jelas Enda. "Kalau Zara aku tidak begitu menuntut banyak, yang aku tuntut adalah sekolahnya harus sukses, ibadahnya harus berjalan. Soal masalah pekerjaan dia mau nyanyi, mau dance kita serahkan ke dia."

Sementara itu, Zara yang sudah sering tampil di atas panggung mengaku masih merasakan nervous alias gugup. Penyanyi berusia 12 tahun tersebut takut para penonton tak mengetahui lagunya. "Pasti setiap performance aku selalu gugup, karena mungkin audience-nya. Kalau misalnya tahu lagunya, aku enggak gugup dan rileks. Tapi kalau misalnya enggak tahu lagunya itu yang buat aku gugup banget," ujar Zara.

Rupanya, Enda sendiri juga mengaku menikmati kolaborasinya dengan Zara saat tampil bersama di atas panggung. Rekan satu band Pasha tersebut juga bersyukur Zara mengikuti jejaknya dengan terjun ke dunia musik.

"Justru kadang-kadang kalau gue di panggung sama dia lepas aja. Justru pas saat turun panggung terus lihat foto, 'Gila ya gue udah tua banget sekarang'," pungkas Enda. "Tapi ya alhamdulillah, dia memilih jalur yang sudah pernah aku lalui, jadi enggak terlalu terbebani. Justru kalau dia memilih jalur yang lain aku malah pengin tahu apa yang dia pilih. Karena dia pilih musik ya mari belajar sama-sama."

Berikutnya, Zara mengungkapkan kesulitan yang ia alami selama menyanyikan lagu religi "Dengan NafasMu" dan "SurgaMu". Zara mengaku merasa kerepotan karena terbiasa berbicara dalam bahasa Inggris, serta lagu religi kurang sesuai dengan karakternya.

"Susah banget sih karena I speak English more than Bahasa, jadi susah banget. Take (vokal)-nya lama banget, susah sih," jelas Zara. "Apalagi aku kan tipenya enggak bisa calm, enggak bisa anggun banget."

You can share this post!

Related Posts
Loading...