Ini 7 Bahan Pengganti Santan yang Lebih Sehat, Makanan Tetap Nikmat Kok!
Kuliner

Banyak khasiat yang bisa kalian dapatkan dari santan. Namun, banyak pula efek buruk untuk kesehatan jika kalian mengonsumsinya berlebihan. Nah, yuk cari tahu bahan pengganti santan yang baik di sini!

WowKeren - Santan merupakan bahan makanan yang dibuat dari daging kelapa yang diparut dan dihancurkan bersama air. Banyak makanan Indonesia yang sangat lekat dengan santan. Bahkan minuman pun juga terbuat dari santan, lho.

Banyak khasiat yang bisa kalian dapatkan dari santan. Pasalnya, bahan ini mengandung asam laurat, antimikroba serta asam kaprat yang memiliki fungsi antibakteri, antifungi dan antivirus. Fungsi-fungsi ini mampu menjaga sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai bakteri dan virus berbahaya seperti herpes, influenza, hingga HIV.


Namun, mengonsumsi terlalu banyak santan dapat menyebabkan hal buruk pada kesehatan. Menurut American Heart Association, batas kalori dari lemak jenuh yang boleh dikonsumsi sekitar 6% dari kalori total. Nah, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, santan kaya akan lemak jenuh sehingga perlu dibatasi sesuai anjuran yang diberikan.

Nah, agar lebih sehat, kalian dapat menggantikan santan dengan berbagai bahan, lho. Mau tahu apa saja? Ayo simak di sini!

(wk/nris)

1. Susu Cair Segar Pengganti Santan


Susu Cair Segar Pengganti Santan

Bahan pertama yang dapat kalian gunakan adalah susu cair segar. Susu cair tersebut berasal dari hewan seperti sapi dan kambing. Susu segar memiliki kandungan laktosa yang cukup tinggi sehingga tidak disarankan buat yang tidak tahan laktosa.

Untuk makanan yang gurih, kalian perlu memilih susu yang masih murni, ya. Perlu kalian tahu, orang luar negeri lebih suka menggunakan susu untuk membuat makanan creamy seperti cream soup, cream pie dan masih banyak lagi.

2. Gunakan Susu Kental Tanpa Gula (Evaporated Milk)


Gunakan Susu Kental Tanpa Gula (Evaporated Milk)

Evaporated milk merupakan susu segar yang dihilangkan 60% kadar airnya. Susu ini mungkin mirip dengan susu kental manis, namun, evaporated milk tidak memiliki rasa yang manis alias tawar. Rasanya cenderung gurih dan creamy.

Satu cup evaporated milk dapat menggantikan satu cup santan. Namun, kalian dapat menyesuaikan dengan kekentalan yang diinginkan.

3. Susu Almond atau Mete untuk Menggantikan Santan


Susu Almond atau Mete untuk Menggantikan Santan

Bahan selanjutnya yang dapat menggunakan santan adalah susu almond. Selain membeli langsung susu almond, kalian dapat menggunakan bahan yang masih berupa kacang, lho.

Caranya hanya dengan merendam terlebih dahulu almond atau mete semalaman hingga empuk. Kemudian haluskan dengan blender dengan menambahkan air hangat atau susu hingga kental. Nah, jika menggunakan almond atau susu almond, jangan menggunakan gula terlalu banyak lantaran. Pasalnya, almond mengandung gula alami sendiri.

4. Ganti Santan dengan Susu Kedelai


Ganti Santan dengan Susu Kedelai

Susu kedelai telah banyak digunakan untuk menggantikan santan. Kalian dapat menggunakannya dalam bentuk segar atau juga susu kedelai bubuk. Susu kedelai mengandung kalori yang lebih sedikit dibandingkan santan sehingga lebih aman dikonsumsi.

Selain itu, susu kedelai mengandung kalori yang lebih sedikit dibandingkan santan. Bahan ini cocok untuk kalian yang tidak punya masalah intoleransi laktosa.

5. Krim Kental (Thick Cream) Sebagai Pengganti Santan


Krim Kental (Thick Cream) Sebagai Pengganti Santan

Krim kental umumnya digunakan sebagai bahan pembuatan kue sehingga sering dijual di toko roti. Krim kental dapat menjadi bahan alternatif pengganti santan.

Nah, agar makanan tetap gurih saat menggunakan krim kental, kalian dapat menambahkan air kelapa. Masakan kalian bakal tetap enak, kok. Tenang saja!

6. Yogurt Tawar (Plain Yogurt)


Yogurt Tawar (Plain Yogurt)

Yogurt merupakan olahan susu yang memiliki cita rasa asam, namun teksturnya sangat creamy. Kuliner India bisa menggunakan yogurt untuk menggantikan santan dalam aneka masakannya, lho.

Jika membutuhkan tekstur yang lebih halus dan tidak terlalu kental, haluskan yogurt dalam blender dengan tambahan sedikit air hangat,. Lantaran rasanya yang asam, porsi yogurt perlu diperhatikan, ya.

7. Susu Berempah Seperti Kemiri


Susu Berempah Seperti Kemiri

Kalian pasti tidak menyangka bahwa kemiri dapat digunakan sebagai pengganti santan. Kemiri akan memberikan rasa gurih dan tekstur creamy lataran mengandung lemak tak jenuh yang baik.

Sebelum menggunakan kemiri, sebaiknya disangrai terlebih dahulu, kemudian haluskan. Pertama, panaskan susu murni, kemudian masukkan kemiri yang telah dihaluskan sebelumnya. Mudah, bukan?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel