8 Pulau Buatan Terkenal di Dunia Ini Punya Bentuk Unik dan Keren Abis!
Travel

Lantaran dibuat sendiri, pulau tersebut dibentuk dengan sangat indah. Beberapa negara memiliki pulau buatan yang keren dan terkenal di kancah dunia. Ayo simak di sini!

WowKeren - Pulau umumnya terbentuk secara alami lewat mekanisme geologi di Bumi. Namun, dengan kecanggihan teknologi saat ini, manusia dapat membuat pulau buatan sendiri, lho. hal ini dibuat dengan reklamasi.

Reklamasi sebenarnya adalah proses pembuatan daratan baru dari dasar laut atau dasar sungai. Reklamasi dilakukan dengan cara pengurungan laut dan pengeringan lahan atau drainase.

Lantaran dibuat sendiri, pulau tersebut dibentuk dengan sangat indah. Beberapa negara memiliki pulau buatan yang keren dan terkenal di kancah dunia.

(wk/nris)

1. The Palm Jumeirah (Palm Island) di Dubai


The Palm Jumeirah (Palm Island) di Dubai

Kalian pasti sudah tidak asing dengan The Palm Jumaeirah alias Palm Island di Dubai. Pulau buatan ini berbentuk seolah pohon kelapa sawit. The Palm Jumeirah dikembangkan sangat baik, dengan jalan, terowongan dan transportasi umum.

The Palm Jumeirah merupakan tempat dari beberapa resort yang paling mewah di Dubai. Sebut saja Atlantis The Palm, Jumeirah Zabeel Saray, One&Only The Palm dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat resort super keren, restoran dan juga pusat perbelanjaan.

Buat yang liburan ke sini, kalian dapat berlayar di sekitar The Palm Jumeirah dengan yacth atau speedboat. Kalian juga dapat merasakan sensasi terjun payung di atas pulau. Pengalaman ini enggak bakal bisa kalian lupakan.

2. The Pearl-Qatar di Qatar


The Pearl-Qatar di Qatar

Pulau buatan selanjutnya adalah The Pearl-Qatar di Pulau Doha, Qatar. Pulau ini memiliki luas sekitar 4 juta meter persegi dan tanah pertama di Qatar yang tersedia untuk kepemilikan warga asing. Konstruksi pada infrastruktur pulau itu memakan waktu sekitar 10 tahun dan selesai pada tahun 2014.

The Pearl-Qatar memiliki 3 hotel bintang lima, 492.000 kaki persegi ritel internasional, restoran dan hiburan. Populasi di pulau buatan ini meningkat cukup pesat. Pada tahun 2014, terdapat 12.000 orang yang tinggal di pulau tersebut, dan jumlahnya itu meningkat empat kali lipat pada tahun 2018.

3. The World Islands di Dubai


The World Islands di Dubai

Selain The Palm Jumeirah, Dubai memiliki pulau buatan dengan bentuk yang keren abis, yakni The World Islands. Pulau ini dimulai sejak tahun 2003, namun proyeknya sempat terhenti saat krisis keuangan tahun 2008. Sejak itu, 300 pulau yang membentuk 7 benua tersebut mulai tenggelam ke Teluk Persia.

Proyek The World Islands kembali hidup pada 2014. Kepulauan ini terbangun dari pasir yang dikeruk dari perairan pantai dangkal dari Dubai. Proyek ini dirancang oleh penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

4. Amwaj Island di Bahrain, Teluk Persia


Amwaj Island di Bahrain, Teluk Persia

Amwaj Island merupakan pulau buatan yang sejak awal dirancang untuk menjadi kota yang cerdas. Pulau yang mulai dibangun tahun 2002 ini lalu. Cisco dan Oracle diberi kontrak untuk mengembangkan jaringan serat optik semua rumah dan bisnis di pulau-pulau itu.

Bagian paling mengesankan pada Amwaj Island adalah Al Marsa, dikenal juga sebagai Kota Terapung. Rumah-rumah dikelilingi oleh kanal dalam, yang memungkinkan pemilik rumah untuk memarkir kapal di depan rumah. Keren banget, kan?

Selain itu, terdapat Central Lagoon, yang menjadi area komersial kepulauan itu. Terdapat hampir 600.000 kaki persegi ruang komersial termasuk pasar terbuka dan dua lusin restoran.

5. Hulhumalé di Maladewa


Hulhumalé di Maladewa

Hulhumalé merupakan pulau reklamasi seluas 0,7 mil. Pulau ini pertama kali ditempati pada 2004, dan pada 2016, penduduknya sudah mencapai 40.000 orang, lho.

Pulau buatan ini sebagai tempat tinggal, tentu saja dengan beragam fasilitas pelengkapnya, seperti rumah sakit, pasar swalayan kecil, sekolah, tempat rekreasi taman dan pantai, tempat pengisian bahan bakar dan pembangkit tenaga listrik. Kalian juga dapat menikmati pantai indah yang memiliki air penuh dengan kehidupan laut. Selain itu, olahraga air seperti snorkeling dapat kalian nikmati.

6. The Thums di Long Beach, California


The Thums di Long Beach, California

The Thums merupakan pulau buatan yang telah dibangun pada tahun 1965 di Long Beach, California. The Thums merupakan satu set empat pulau buatan dan namanya adalah akronim untuk 5 perusahaan yang membangunnya, Texaco, Humble (sekarang Exxon), Union Oil, Mobil dan Shell.

Pulau buatan ini berfungsi sebagai pintu masuk ke lapangan pengeboran minyak Wilmington. The Thums merupakan salah satu kepulauan yang terhubung dengan rig pengeboran minyak. Meski begitu, kepulauan ini dilengkapi dengan sejumlah obyek wisata seperti air terjun The Condo dan pemandangan yang super indah.

7. Wilhelmstein di Danau Steinhude Jerman


Wilhelmstein di Danau Steinhude Jerman

Wilhelmstein merupakan pulau yang dibangun oleh William, Pangeran Schaumburg-Lippe di Danau Steinhude di Jerman Barat. Dibangun pada tahun 1765-1767 dengan cara menenggelamkan batu ke dalam air hingga pulau terbentuk.

Pulau ini berukuran 134.548 kaki persegi dan awalnya dirancang untuk menjadi tempat persembunyian yang diperhitungkan bagi Count. Saat ini, Wilhelmstein digunakan sebagai museum dan objek wisata.

8. Treasure Island di San Francisco


Treasure Island di San Francisco

Treasure Island dibuat pada 1936 dan selesai pada 1939, tepat pada waktunya untuk Eksposisi Internasional Golden Gate. Setelah eksposisi berakhir, , Angkatan Laut mengambil alih dan menjadi Naval Station Treasure Island. Pulau itu ditutup pada September 1997 untuk digunakan secara umum.

Namun, saat ini Treasure Island terkenal dengan pasar loak dan festival musik tahunan yang disebut Treasure Island Music Fest. Pulau ini memiliki area terbatas yang ditinggalkan karena tanahnya terkontaminasi dengan limbah radioaktif.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait