Makam Ustaz Jeffry Al Buchori Mulai Rusak, Umi Pipik Pilih 'Cuek' Malah Dibela Netter
Selebriti

Makam Ustaz Jeffry Al Buchori rencananya ingin dipindahkan oleh adik almarhum, Fajar Sidik. Namun, Fajar mengaku belum mendapat tanggapan dari Umi Pipik.

WowKeren - Makam Ustaz Jeffry Al Buchori belakangan kembali menjadi sorotan, salah satunya kondisi marmer yang mulai mengelupas. Endup selaku penjaga makam menjelaskan bahwa kondisi ini dapat terjadi karena terpaan cuaca yang tak menentu.

"Memang ini makam dari awal bangun sampai saat ini, itu banyak juga rusak. Jadi dia (makam) rontok, udah kelamaan, hampir 6 tahun," ujar Endup dalam tayangan "Seleb Expose". "Itu kan marmernya pada (mengelupas), bangunannya sebagian udah setengah miring. Karena sudah kehujanan, kepanasan ya, perekatnya mungkin sudah kurang kuat. "


Kondisi ini rupanya juga sudah diketahui istri almarhum yang lebih akrab disapa Uje, yakni Umi Pipik Dian Irawati. "Keluargapun sudah pada tahu kerusakan ini. Umi sudah tahu," imbuh Endup.

Fajar Sidik selaku adik Uje rupanya telah mengusulkan untuk memindahkan kubur sang kakak ke makam keluarga. Namun, usulan ini diakuinya belum mendapat tanggapan dari Umi Pipik.

"Udah saya amanatkan untuk diperbaiki. Saya sendiri mengusulkan, gimana kalau makam Uje ini kita pindah," kata Fajar. "Makam keluarga lah ya, kita pindah ke pesantren. Cuman sampai saat ini Umi memang belum memberikan jawaban."

Wawancara lawas Umi Pipik yang menjelaskan bahwa makam hanyalah sebuah identitas pun kembali disorot. "Ini yang harus ditekankan ya, bahwa makam ini kan identitas. Doa di mana pun pasti sampai. Doa enggak harus di makam," tegas Umi Pipik.

Pernyataan Umi Pipik tersebut ramai mendapat pembelaan netter. Menurut mereka, kemewahan makam bukanlah masalah penting yang perlu dibesar-besarkan.

"Dalam agama tidak diperboleh kan makam mewahh..haram hukum nya..yg sudah tiada jgn di ingat lagi..doa aaja yg butuh kan.." komentar akun @Andre***. "Yang penting doa sampai gak perlu makam mewah. Yang bikin brita aja lebay," tulis akun @Cemplon***. "Yang jelas doa itu utama bukan makamnya dibangun dan dimewahkan," sahut akun @Doel.

"Orang indonesia mah pada kurang kerjaan...makam aja di permaslahkan...yang pentg itu doa...mau makam jelek mau makam bagus gk ngaruh buat alhamarhum uje...yg pentg mah doa," balas akun @cleeshy. "Makam mewah hukumnya dipertanyakan. Bahkan di tembok aja gak boleh dalam agama, yang dianjurkan hanya patok agar bisa diketahui. Aku setuju sama umi atas cara berpikirnya," komentar akun @neng***.

You can share this post!

Related Posts
Loading...