8 Manfaat Ini Bakal Kamu Dapatkan Kalau Jadi Vegetarian, Dijamin Sehat Luar Dalam!
Health

Alasan orang untuk menjadi vegetarian saat ini bermacam-macam. Ada yang ingin hidup sehat, tuntutan agama dan ada juga karena alasan kecantikan. Namun apapun alasannya, vegetarian memang terbukti membawa banyak manfaat loh.

WowKeren - Kata vegetarian tampaknya sudah tak asing lagi di telinga masyarakat saat ini. Dengan menjadi vegetarian berarti kalian harus menghentikan konsumsi bahan pangan yang berasal dari daging, ikan, telur atau turunannya. Para vegetarian hanya akan menyantap makanan yang berasal dari bahan pangan nabati saja.

Alasan orang untuk menjadi vegetarian juga macam-macam. Ada yang ingin hidup sehat, tuntutan agama dan ada juga karena alasan kecantikan. Namun apapun alasannya, vegetarian memang terbukti membawa banyak manfaat loh. Bahkan sudah ada beberapa penelitian yang membuktikan manfaat menjadi vegetarian.

Penasaran apa saja manfaat jadi vegetarian? Ayo simak di sini!

(wk/wahy)

1. Banyak Mengkonsumsi Sayur Membuat Kulit Lebih Sehat


Banyak Mengkonsumsi Sayur Membuat Kulit Lebih Sehat

Mengkonsumsi banyak sayur yang kaya mineral dan antioksidan mampu membuat kulit terlihat lebih cantik dan sehat. Kandungan antioksidan dalam sayur yang kalian konsumsi diketahui dapat memperlancar sirkulasi darah. Dengan begitu, kulit akan terlihat sehat dan cerah karena pigmen-nya terjaga.

Selain itu dengan mengkonsumsi sayuran dapat membuat kalian terhindar dari zat yang bernama Advanced Glycation Endproducts atau AGEs. Senyawa AGEs biasanya muncul ketika suatu makanan dimasak dengan suhu tinggi. Senyawa ini biasa diketahui muncul dalam daging karena proses pemasakan yang lama. Sebuah penelitian menemukan bahwa AGEs merupakan penyebab penuaan dini, keriput, dan peningkatan lemak di perut

2. Vegetarian Membuat Peluang Kena Serangan Jantung Jadi Kecil


Vegetarian Membuat Peluang Kena Serangan Jantung Jadi Kecil

Dengan menjadi vegetarian membuat kalian juga mengurangi jumlah asupan lemak jenuh yang biasanya terdapat dalam daging. Seperti yang diketahui bahwa lemak jenuh merupakan penyebab utama kolestrol. Kolestrol ini bisa berakibat serangan jantung loh.

Rutin mengkonsumsi sayur, buah, dan kacang-kacangan yang kaya serat dapat menurunkan kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah. Hal ini dengan sendirinya menurunkan potensi terkena serangan jantung.

3. Terlindung Dari Berbagai Jenis Kanker


Terlindung Dari Berbagai Jenis Kanker

Mengkonsumsi banyak sayur, buah, dan kacang-kacangan dapat menurunkan risiko terkena kanker hingga 15%. Penelitian yang dilakukan oleh American Institute for Cancer Research mengungkapkan bahwa menjadi vegetarian dapat mengurangi risiko kanker perut, usus, pankreas, payudara, rahim, dan ovarium.

Makanan yang kaya serat, vitamin, mineral, isoflavon dan karoten juga mampu melindungi tubuh dari sel kanker. Selain itu sejumlah nutrisi yang terdapat dalam sayuran mampu menguatkan sistem imun tubuh guna melawan kanker.

4. Jadi Vegetarian Juga Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan


Jadi Vegetarian Juga Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Vegetarian secara alamiah mengurangi asupan kalori. Selain itu kandungan antioksidan dan serat yang banyak ditemukan pada sayur-sayuran dan buah dapat membantu pembakaran kalori dalam tubuh, sehingga berat badan kamu dapat tetap terjaga.

Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan selama 5 tahun, seorang vegetarian tercatat mengalami kenaikan berat badan yang sangat sedikit. Makanan vegetarian juga bersifat mengenyangkan. Oleh karena itu, kalian akan merasa tidak terlalu lapar meskipun hanya makan sedikit.

5. Konsumsi Sayur Membuat Sistem Pencernaan Sehat


Konsumsi Sayur Membuat Sistem Pencernaan Sehat

Buah dan sayur adalah makanan yang kaya akan serat dan dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan. Mengkonsumsi makanan yang kaya serat juga membuat kerja usus dan lambung jadi tidak terlalu berat dalam mengolah makanan.

Sehingga dengan menjadi vegetarian, kalian akan terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit hingga risiko penyakit yang lebih serius, yaitu kanker usus dan wasir. Selain itu nutrisi sayur-sayuran juga merupakan sumber asam amino yang cukup yang diperlukan untuk metabolisme yang sehat.

6. Tidur Lebih Nyenyak Saat Konsumsi Banyak Serat


Tidur Lebih Nyenyak Saat Konsumsi Banyak Serat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa jadi vegetarian membuat pencernaan lancar. Hal ini rupanya juga berimbas untuk kualitas tidur loh. Seorang vegetarian akan tidur lebih nyenyak karena proses pencernaan yang lebih lancar.

Perlu diketahui bahwa proses pencernaan pada tubuh menjadi makin lambat ketika makin banyak makanan hewani yang masuk. Hal ini terjadi karena tubuh mengurai lemak hewani lebih lama ketimbang lemak nabati atau zat lainnya.

7. Pikiran Sehat Dan Mood Lebih Terjaga


Pikiran Sehat Dan Mood Lebih Terjaga

Selain bermanfaat untuk tubuh, manfaat vegetarian berikutnya adalah memiliki efek positif bagi kesehatan pikiran. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di British Journal of Health Psychology.

Menurut penelitian tersebut, asupan menu makanan sehat yang terdiri dari sayuran dan buah dapat memberikan lebih banyak energi. Selain itu asupan sayuran yang besar dapat menimbulkan perasaan bahagia dan ketenangan.

8. Jadi Vegetarian Bisa Membantu Kita Berhemat


Jadi Vegetarian Bisa Membantu Kita Berhemat

Ketika memutuskan untuk menjadi vegetarian, kita akan cenderung untuk memasak makanan sendiri. Memasak makanan vegetarian juga sangat mudah karena tidak perlu mengolah daging yang harus dimasak dengan waktu yang lama.

Selain itu, bahan makanan untuk makanan vegetarian juga cenderung lebih hemat. Daging hewan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan sayur dan buah yang segar. Dengan memasak makanan sendiri, kita jadi yakin apakah makanan itu sehat atau tidak.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait