7 Tempat Ngabuburit Asyik Di Bogor Yang Cocok Untuk Berburu Takjil Murah Meriah
Travel

Kegiatan ngabuburit ini tentu haruslah diisi kegiatan yang bermanfaat. Banyak orang yang menghabiskan waktu ngabuburit-nya ini dengan berbagai kegiatan seperti jalan-jalan santai, berolahraga, atau bahkan berburu takjil.

WowKeren - Istilah ngabuburit tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Kata yang satu ini kerap muncul ketika bulan Ramadan tiba. Secara umum, ngabuburit ini sering diartikan sebagai kegiatan menunggu momen buka puasa tiba oleh masyarkat.

Ngabuburit sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Sunda. Kata ini berasal dari "burit" yang dalam bahasa Sunda menggambarkan waktu sore, senja atau menjelang adzan Maghrib.


Kegiatan ngabuburit ini tentu haruslah diisi kegiatan yang bermanfaat. Banyak orang yang menghabiskan waktu ngabuburit-nya ini dengan berbagai kegiatan seperti jalan-jalan santai, berolahraga, atau bahkan berburu takjil.

Nah untuk kalian yang berada di Bogor, berikut 7 tempat yang bisa kalian kunjungi untuk menghabiskan waktu ngabuburit. Lokasi-lokasi ini tentu enggak butuh banyak biasa, plus kalian bakal menemukan berbagai takjil yang pastinya juga murah meriah. Yuk simak di sini!

(wk/wahy)

1. Berburu Takjil Di Ruko Taman Yasmin


 Berburu Takjil Di Ruko Taman Yasmin

Lokasi ini dipenuhi dengan deretan ruko-ruko yang menjual berbagai macam kebutuhan, namun jangan salah sangka. Ketika menjelang sore, semua ruko yang terdapat dalam area ini satu persatu mulai tutup dan di bagian depannya berjajar puluhan tenda makanan yang siap menggugah selera kalian semua.

Ada banyak jenis takjil yang dapat kalian beli di sini. Saat sore hari terdapat berbagai makanan mulai dari aneka es, jajanan pasar, dan roti. Menjelang malam, giliran kuliner berat yang ramai seperti seafood, nasi uduk, nasi liwet, aneka bakaran, hingga kuliner dengan menu tradisional Sunda, Aceh, Betawi, dan Padang.

Lokasi ini pun bisa menjadi tempat untuk ngabuburit bersama keluarga maupun teman, dan rekan kerja karena mudah dijangkau. Lokasinya tak jauh dari pintu Tol BORR (Bogor Ringroad) sehingga mudah diakses dengan kendaraan pribadi. Waktu perjalanan dari Tol BORR hanya sekitar 10 menit jika tidak macet.

2. Jalan-jalan Santai Di Jalan Raya Bangbarung


Jalan-jalan Santai Di Jalan Raya Bangbarung

Tiap Ramadan, tiap sisi Jalan Raya Bangbarung selalu dipenuhi dengan kedai, tenda, maupun gerobak kuliner. Kalian bisa dengan santai menghabiskan sore hari kalian dengan jalan-jalan santai di sini sambil membeli beberapa takjil untuk berbuka di rumah.

Di jalan raya Bangbarung ini terdapat berbagai makanan mulai dari kuliner tradisional hingga kekinian. Selain itu, harga makanannya juga murah meriah loh. Harga makanan yang ditawarkan beragam mulai dari Rp 2 ribu sampai Rp 15 ribu, tergantung jenis makanannya.

Kawasan kuliner ini berlokasi di sepanjang Jalan Raya Bangbarung Bogor, Kecamatan Tegalgundil, Bogor Utara, Kota Bogor. Jika kalian keluar dari pintu tol Baranangsiang, kalian hanya perlu mengarah ke Jalan Pajajaran dan langsung dapat berbelok ke Jalan Raya Bangbarung.

3. Menyusuri Jalan Raya Sukahati


 Menyusuri Jalan Raya Sukahati

Ketika masuk waktu menjelang magrib, Jalan Raya Sukahati pasti akan langsung ramai dengan warga Bogor yang ingin menghabiskan waktu di sana. Tempat ini ramai bukan tanpa alasan, lokasi ini dipenuhi oleh para penjual takjil mulai dari gorengan, kolak, es buah, buah-buahan dan banyak yang lainnya. Tak heran jika warga yang datang pun sangat ramai berkumpul di lapak-lapak penjual takjil.

Meskipun terkesan macet dan ramai, namun warga rela menghadapi hal itu demi membawa pulang takjil idaman loh. Hal ini sepadan dengan jumlah pedagang yang melimpah di sepanjang jalan tersebut sehingga membuat warga memiliki banyak menu pilihan untuk berbuka.

Selain itu, lokasi ini yang berada di Jalan Raya Sukahati, Cibinong, Kabupaten Bogor juga dekat dengan pemukiman warga. Buat kalian yang membawa kendaraan pribadi atau naik kendaraan umum juga dapat mengakses lokasi ini dengan mudah.

4. Wisata Religi Di Masjid Raya Bogor


Wisata Religi Di Masjid Raya Bogor

Ingin ngabuburit sekaligus mendapatkan siraman rohani maka Masjid Raya Kota Bogor adalah pilihan tepat. Selama bulan Ramadan Masjid ini akan menggelar tausiyah jelang buka puasa. Tak hanya mendengarkan tausiyah disini kamu juga bisa menambah wawasan dengan membaca buku-buku yang disediakan oleh pengurus masjid.

Tak hanya itu, nuansa sejuk masjid juga sangat cocok untuk kalian yang hanya ingin duduk-duduk santai menikmati sore hari. Kalian juga dapat menjalin tali silaturahmi dengan saling ngobrol bersama warga yang juga sedang berkunjung di sana.

Jika bedug Magrib telah datang maka tak usah khawatir karena Dewan Kemakmuran Masjid akan memberikan takjil gratis kepada kalian. Jika ingin beramal kalian juga bisa membantu membagikan takjil buka puasa kepada semua jamaah yang datang loh.

5. Menikmati Senja Di Wilayah Air Mancur


 Menikmati Senja Di Wilayah Air Mancur

Wilayah Air Mancur ini berlokasi di pertemuan Jalan Sudirman dan Jalan Ahmad Yani. Dari Istana Bogor, kalian hanya tinggal mengambil arah Jalan Jendral Sudirman. Lokasi ini biasanya bisa menjadi tawaran tempat ngabuburit yang bagus karena kalian bisa bebas memilih berbagai jenis kuliner yang bisa disantap saat berbuka.

Mayoritas pedagang menyajikan kuliner mulai sore hingga dini hari. Saat bulan Ramadan, pedagang makanan lebih ramai dari biasanya. Berbagai makanan dijual di sini seperti Soto Kuning Bogor, nasi goreng, bubur ayam, martabak, sate madura, sate padang hingga minuman khas di malam hari yakni bandrek, wedang, dan sekoteng.

Selain tawaran kuliner, kalian pun tidak akan kesulitan menemukan lokasi masjid atau mushala untuk melaksanakan ibadah salat. Tepat di sisi bundaran terdapat sebuah masjid besar yang bisa kalian gunakan salat magrib atau tarawih.

6. Lapangan Sempur


Lapangan Sempur

Lapangan Sempur kerap ramai pada sore hari saat bulan Ramadan. Hal ini terjadi lantaran banyak warga memanfaatkan ruang publik terbesar di Kota Hujan ini sebagai tempat favorit ngabuburit. Kawasan yang dulunya hanya lapangan sepak bola ini memiliki berbagai wahana seru seperti skatepark, taman ekspresi, playground, hingga wahana panjat tebing ramai dinikmati pengunjung.

Soal kuliner, tempat ini juga tak kalah ramai. Sejak sore hari sudah terlihat aneka takjil dan hidangan utama berjejer rapi di sekitar lapangannya. Banyak pilihan dari mulai makanan ringan pengganjal perut hingga makanan berat untuk buka puasa juga tersedia di sini.

Lokasinya juga berada di tengah kota sehingga sangat mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi atau pun umum. Jika anda mengitari Istana dan kebun Raya Bogor, setelah Jalan Juanda maka kalian akan menemuinya di sebelah kiri Jalan Sempur dengan landmark tulisan "Sempur" berukuran besar.

7. Wisata Kuliner Di Jalan Surya Kencana


Wisata Kuliner Di Jalan Surya Kencana

Kawasan yang lebih tenar disebut kawasan Surken tersebut baru saja disulap menjadi pecinan-nya Kota Bogor. Lokasi ini juga dikenal sebagai sentra kuliner kaki lima Kota Bogor yang menawarkan berbagai jenis makanan.

Saat ngabuburit di Jalan Surya Kencana, beragam kuliner bisa didapati di sini. Beragam kuliner tersebut mulai dari kuliner tradisional hingga kuliner kekinian. Kalau tak ingin membeli banyak makanan, kalian bisa berjalan-jalan santai sambil menikmati nuansa pecinan di sini.

Tak perlu khawatir tertabrak kendaraan, karena terdapat trotoar yang luas dan nyaman. Selain itu, ornamen-ornamen khas pecinan, tempat duduk di kawasan pedestrian, tiang-tiang lampu khas pecinan membuat nuansa autentik dan original begitu kental terasa di sana.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru