7 Kuliner Legendaris dengan Harga Terjangkau di Malang, Ada yang Berdiri Sejak Tahun 1935!
Kuliner

Malang menjadi salah satu kota yang kerap dijadikan destinasi wisata. Nah, jika kalian berencana untuk menghabiskan waktu libur di kota ini, ada baiknya untuk mengunjungi beberapa tempat kuliner legendaris berikut ini.

WowKeren - Malang merupakan salah satu kota yang biasa dijadikan sebagai destinasi wisata paling menarik di Jawa Timur. Banyak orang yang memilih kota ini untuk menghabiskan waktu liburnya demi bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan menyegarkan.

Namun pesona Malang tidak berhenti di situ. Pasalnya, kota ini juga memiliki beragam sajian kuliner legendaris yang sayang untuk kalian lewatkan jika sedang berkunjung. Selain memiliki cita rasa yang khas dan melegenda, tempat-tempat ini juga dikelola secara turun-temurun.

Berikut tujuh makanan legendaris di Malang yang sudah terkenal sejak puluhan tahun lamanya. Simak ulasannya berikut ini.

(wk/eval)

1. Kunjungi Soto Ayam Lombok, Soto Kampung Khas Malang


Kunjungi Soto Ayam Lombok, Soto Kampung Khas Malang

Mendengar nama ini, mungkin ada sebagian yang berpikir jika warung ini akan menyajikan soto ayam dengan resep yang berasal dari wilayah Lombok. Tapi jangan salah dulu, karena pedagang tetap akan menyajikan soto ayam khas Malang.

Warung ini dinamakan demikian karena pertama kali dibuka di Jalan Lombok, Malang. Tepatnya di Jalan Lombok No. 1, Kasin, Klojen, Malang. Pengunjung dapat memesan makanan di tempat ini sejak pukul 7 pagi hingga setengah 1 dini hari.

Warung ini sendiri sudah dibuka sejak tahun 1955 silam dan saat ini telah memiliki banyak cabang di kota Malang bahkan Surabaya. Warung ini selalu ramai pengunjung, karena memiliki rasa khas yang berbeda dengan soto ayam di tempat lain. Soto ayam di warung ini menggunakan ayam kampung yang dapat kita rasakan dari kuahnya yang sedap. Dengan menambahkan koya di atasnya, kuah menjadi lebih keruh namun rasanya lebih menggigit.

Untuk dagingnya, kalian bisa memilih dari potongan paha, dada, kulit, jeroan atau juga bisa campur. Serta jangan lupa tambahkan jeruk nipis dan sambal sebelum kalian menikmatinya agar rasa soto tersebut lebih segar. Untuk harganya sendiri, per porsi dibandrol sekitar Rp 10 ribu - Rp 15 ribu.

2. STMJ Pak Sentot yang Tawarkan Kehangatan di Tengah Dinginnya Kota Malang


STMJ Pak Sentot yang Tawarkan Kehangatan di Tengah Dinginnya Kota Malang

Terkadang kita ingin menikmati sesuatu yang hangat saat merasakan udara sejuk kota Malang, terutama di malam hari. Nah, jika kalian tengah berada dalam situasi ini, ada baiknya untuk mencoba STMJ Pak Sentot guna menghangatkan badan. STMJ Pak Sentot ini sangat terkenal di Malang karena kelezatannya, sehingga selalu ramai pengunjung.

STMJ di tempat ini tidak beraroma amis dan rasanya juga tidak terlalu manis. Sehingga kalian bisa merasakan perpaduan yang pas dari susu, telur, madu dan jahe. Tempatnya juga tidak terlalu besar, sehingga jika kalian datang ke tempat ini dengan teman, keluarga maupun pasangan, kalian bisa menemukan kehangatan yang menenangkan.

Tempat ini sendiri telah dibuka sejak tahun 1974 silam. Lokasi persisnya berada di Jalan Bareng Kulon Gang 6, Malang. STMJ Pak Sentot buka di malam hari, selama pukul 18.00 WIB - 23.00 WIB. Dan jika kalian ingin menikmati STMJ di sini, kalian hanya perlu membayar Rp 13 ribu saja.

3. Nikmati Es Tawon Kidul Dalem yang Menyediakan Beragam Varian Rasa


Nikmati Es Tawon Kidul Dalem yang Menyediakan Beragam Varian Rasa

Kuliner legendaris berikutnya yang bisa kalian nikmati saat berada di Kota Malang adalah Es Tawon Kidul Dalem. Depot ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1955 silam dan sudah sangat populer di antara warga kota Malang maupun wisatawan luar kota.

Es Tawon Kidul Dalem menyediakan enam varian es, yakni Es Campur, Es Kacang Hijau Alpukat, Es Kacang Tape, Es Kacang Hijau, Es Kacang Hijau Ketan Hitam dan Bubur Kacang Hijau. Sebenarnya keenam varian ini mirip, yakni sama-sama menggunakan es serut sebagai komponen utamanya, yang membedakan hanya toping yang disertakan.

Jika kalian ingin menikmati varian es ini, kalian bisa datang ke Jalan Zainul Arifin No. 35, Malang. Dan kalian hanya harus mengeluarkan uang Rp 8 ribu untuk menikmati setiap es di warung ini. Selamat mencoba ya.

4. Putu Lanang Claket yang Berdiri Sejak 1935!


Putu Lanang Claket yang Berdiri Sejak 1935!

Putu Lanang Claket menjadi sajian legendaris berikutnya yang bisa kalian rasakan saat singgah di kota Malang. Seperti yang diketahui, jajajan manis dan gurih ini terbuat dari kelapa dan gula merah. Sehingga putu menjadi salah satu sajian tradisional yang digemari banyak orang.

Warung ini sudah buka sejak tahun 1935 silam dan mampu bertahan hingga kini karena cita rasa yang ditonjolkannya. Selain putu, kalian juga bisa menikmati beragam jajanan tradisional lainnya. Mulai dari kue cenil, kue lapis dan klepon. Harganya pun murah meriah, sehingga kalian harus sabar nih kalau harus antri panjang karena banyaknya pengunjung. Warung Putu Lanang ini terletak di Jalan Jaksa Agung Suprapto Nomor 73, Malang dengan jam buka mulai 17.30 WIB - 21.30 WIB.

5. Depot Tahu Lontong Lonceng yang Punya Cita Rasa Melegenda


Depot Tahu Lontong Lonceng yang Punya Cita Rasa Melegenda

Jika kalian berada di Malang, tidak ada salahnya untuk mencoba sajian yang satu ini. Sebab tahu lontong (istilah tahu tek di Malang) di tempat ini memiliki sensasi yang berbeda dengan tahu lontong kebanyakan. Pasalnya, kacang tanah dalam bumbunya sangat terasa, lebih ringan dan yang terpenting tidak eneg.

Sejak dibuka tahun 1935 silam, keaslian cita rasa tahu lontong di tempat ini tetap terjaga. Siraman bumbu kacang yang mengandung rasa manis kecap, gurih kacang dan sedikit sambal petis di sajian ini terasa begitu menyatu dengan tahu dan telur yang digoreng dengan tingkat kematangan yang pas.

Jika kalian ingin mengunjungi tempat ini, kalian harus pergi ke Jalan Martadinata No.66, kota Malang. Dengan uang mulai Rp 8 ribu, kalian sudah bisa menikmati kelezatan tahu lontong di tempat ini.

6. Pos Ketan Legenda yang Impor Bahan Utama dari Thailand!


Pos Ketan Legenda yang Impor Bahan Utama dari Thailand!

Jika kalian sedang berkunjung ke Malang, ada baiknya untuk mampir ke kota Batu untuk menikmati Pos Ketan Legenda. Lokasi persisnya berada di Jalan Kartini No. 6, Ngaglik, Batu. Dengan mengeluarkan uang mulai Rp 10 ribu, kalian sudah bisa menikmati sajian lezat di tempat ini.

Kedai ini sendiri selalu dipadati oleh pengunjung, terutama sore menjelang malam hari. Kedai ini menawarkan ketan dengan beragam varian toping. Mulai dari durian, meses, keju, nangka, pisang, susu, gula merah dan masih banyak lagi. Ketan yang digunakan di tempat ini kabarnya diimpor langsung dari Thailand, karena dianggap memiliki tekstur yang lebih empuk dan lembut.

Nah, jika ingin menikmati sajian legendaris ini, kalian bisa datang antara pukul 10.00 WIB - 24.00 WIB. Jangan sampai lewatkan kuliner legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1967 ini ya.

7. Sego Resek, Tempat Makan Asyik dengan Cita Rasa Unik


Sego Resek, Tempat Makan Asyik dengan Cita Rasa Unik

Rekomendasi terakhir yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian coba saat berada di kota Malang adalah Sego Resek. Warung ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1959 silam. Dan meski namanya Sego Resek (baca: sampah), namun kualitas rasanya tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, racikan bumbu tradisional yang diaduk bersama nasi berhasil menciptakan rasa nikmat yang khas di setiap sajiannya.

Saat mengunjungi tempat ini, kalian bisa merasakan beragam menu nasi goreng dan nasi mawut yang dimasak menggunakan arang. Sajian nasi goreng jawa di tempat ini ditambah dengan kubis, tauge, mi, telur dan suwiran ayam. Menariknya, pengunjung dapat menambah lauk sesuai selera, mulai dari telur, ayam suwir, ati ampela, sayap ayam hingga kepala ayam.

Warung ini buka mulai pukul 17.30 WIB - 22.00 WIB di Jalan Brigjend. Katamso No. 4, Kauman, Klojen, Malang. Sedangkan untuk harga yang ditawarkan bisa dibilang cukup terjangkau. Sebab pengunjung cukup merogoh uang mulai Rp 9 ribu hingga 13 ribu saja untuk menikmati sajian per porsinya.

Buat kalian yang ingin menikmati kuliner legendaris di Surabaya, simak di sini. Selain itu, kalian juga bisa menikmati kuliner legendaris yang ada di Kota Bandung.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel