'Running Man' Resmi Minta Maaf Soal Tudingan Plagiat Webtoon di Episode Terbaru
Instagram/sbs_runningman_sbs
TV

'Running Man' tersangkut masalah plagiat di episode ke-449 yang menghadirkan Esom dan Shin Ha Kyun sebagai bintang tamu. Program SBS ini akhirnya resmi meminta maaf pada penulis webtoon.

WowKeren - "Running Man" beberapa waktu lalu tersangkut permasalahan plagiat webtoon. Pada episode ke-453 yang ditayangkan Minggu (26/5), program SBS yang dimemberi Yoo Jae Seok cs ini pun resmi merilis permintaan maaf.

Permintaan maaf itu berbunyi, "Kami produser 'Running Man' sangat meminta maaf kepada penulis Bae Jin Soo karena menerapkan konsep dan alur webtoon 'Money Game' ke episode 449 tanpa meminta persetujuan terlebih dahulu. Kami akan melakukan yang terbaik demi mencegah hal ini terjadi lagi."

Selain itu, tim produksi juga akan menghapus semua bagian dari episode yang dituding memplagiat "Money Game" pada layanan streaming VOD. Naver Webtoon sudah bernegoisasi dengan SBS sebagai perwakilan dari penulis Bae Jin Soo.


"Penghapusan konten adalah sesuatu yang sangat kami minta. Semakin luas penyebaran konten setelah siaran, semakin besar kerusakan yang ditimbulkan untuk penulis asli, karena ia belum mendapatkan kompensasi yang layak," ungkap pihak Naver.

"Kami senang bisa mencapai kesepahaman dengan SBS secara damai. Pelanggaran hak cipta semacam ini bisa terjadi pada penulis mana pun, bukan hanya penulis Bae Jin Soo, jadi kami akan terus melakukan yang terbaik untuk menjaga hak cipta penulis, hak paling mendasar bagi penulis," tutur pimpinan departemen bisnis Naver Webtoon, Kim Shin Bae.

Penulis Bae Jin Soo yang menggarap "Money Game" pun turut angkat bicara soal kesepakatan ini. "Kurasa ini sangat bermakna saat aku menerima permintaan maaf secara resmi. Kuharap tidak akan ada lagi kasus konten webtoon digunakan tanpa izin saat darah dan air mata penulis telah masuk ke dalam pembuatan karya," ujar penulis Bae Jin Soo.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru