Jabatan Guru Besar Amien Rais Hilang, UGM Berikan Klarifikasi
Instagram/amienraisofficial
Nasional

UGM menegaskan tidak pernah mencabut jabatan guru besar Amien Rais. Selain itu, Iva menjelaskan bahwa sesuai data kepegawaian UGM, tercatat status Amien Rais pensiun atas permintaannya sendiri.

WowKeren - Universitas Gadjah Mada (UGM) menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mencabut jabatan guru besar Amien Rais. Pencabutan jabatan tersebut merupakan kewenangan dari Kemeterian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

"Tidak pernah ada statement UGM mencabut guru besar (Amien Rais)," ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Iva Ariani di Yogyakarta, Senin (27/5)," seperti yang dikutip dari Antara. "Karena guru besar itu kewenangan Kemenristekdikti."

Iva mengatakan bahwa pernyataan Ketua Dewan Guru Besar UGM Prof Koentjoro dalam acara Deklarasi Pesan Persatuan dan Perdamaian di Balairung, Gedung Pusat UGM, Jumat (24/5) sama sekali tidak menyebutkan pencabutan jabatan guru besar. Pernyataan tersebut muncul setelah wartawan menanyakan sikap UGM terhadap kontroversi kiprah politik Amien Rais.

Koentjoro saat itu mengatakan jabatan guru besar merupakan jabatan fungsional akademik karena Amien Rais melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu mengajar, meneliti dan mengabdi kepada masyarakat. Namun, jabatan itu hilang dengan sendirinya karena yang bersangkutan sudah pensiun.


"Jabatan guru besar itu jabatan akademik, jadi hanya akan dipergunakan saat masih menjalankan kegiatan Tri Dharma," ujar Koentjoro. "Sehingga kalau sudah pensiun dan tidak melaksanakan aktivitas akademik, maka guru besarnya sudah hilang."

Ketika ditanya mengenai sebutan profesor Amien Rais, Iva kembali merujuk ke jabatan guru besar. Sebutan itu bukan gelar melainkan jabatan fungsional akademik yang hanya berlaku saat yang bersangkutan masih menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selain itu, Iva menjelaskan bahwa sesuai data kepegawaian UGM, tercatat status Amien Rais pensiun atas permintaannya sendiri. Sebelumnya, Rektor UGM Panut Mulyono juga mengatakan bahwa Amien Rais sudah tidak memiliki ikatan secara institusional dengan UGM karena yang bersangkutan telah pensiun.

"Amien Rais sudah pensiun dari UGM, tidak ada lagi ikatan struktural," ucap Panut dalam acara Deklarasi Pesan Persatuan dan Perdamaian di Balairung, Gedung Pusat UGM, Jumat (24/5). Apa yang beliau lakukan bukan tanggung jawab UGM, itu tanggung jawab pribadi."

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru