Hati-Hati Makan Kuliner Bersantan Berlebihan saat Lebaran, Ini 8 Efek Buruknya untuk Kesehatan
Indonesiainside.id
Health

Nah, menyantap makanan bersantan apalagi berkumpul bersama keluarga tentu semakin nikmat. Namun, tentunya kalian tak boleh berlebihan. Pasalnya, santan memiliki banyak efek buruk bagi kesehatan.

WowKeren - Hari Raya Idul Fitri 2019 tinggal menghitung hari. Mungkin beberapa diantara kalian tengah dalam perjalanan mudik. Atau sudah ada yang sampai di kampung halaman tercinta?

Bicara soal Hari Raya Idul Fitri, enggak lengkap klo tidak menyinggung kuliner khas yang umum dihidangkan saat hari besar umat Muslim tersebut. Saat Lebaran, kuliner bersantan seperti gulai, opor, rendang, lontong sayur, kari, sayur lodeh dan masih banyak lagi.


Nah, menyantap makanan bersantan apalagi berkumpul bersama keluarga tentu semakin nikmat. Namun, tentunya kalian tak boleh berlebihan. Pasalnya, santan memiliki banyak efek buruk bagi kesehatan.

Mau tahu apa saja dampak buruk yang disebabkan mengonsumsi santan berlebihan? Ayo simak di sini!

(wk/nris)

1. Santan Menyebabkan Kolesterol Dalam Tubuh akan Meningkat


Santan Menyebabkan Kolesterol Dalam Tubuh akan Meningkat

Santan mengandung banyak lemak, terutama lemak jenuh yang dapat menyebabkan peningkatan LDL (Low Density Lipoprotein) alias kolesterol jahat dalam tubuh. Mengonsumsi banyak lemak, terutama lemak jenuh, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Lemak jenuh dapat menyebabkan peningkatan LDL (low density lipoprotein) alias kolesterol jahat. LDL akan menyebabkan penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah.

Maka dari itu, tidak disarankan untuk mengonsumsi santan dalam jumlah banyak. Santan juga tidak boleh memanaskannya berulang-ulang. Konsumsi secukupnya saja, ya.

2. Makan Santan Berlebihan Sebabkan Kenaikan Berat Badan


Makan Santan Berlebihan Sebabkan Kenaikan Berat Badan

Satu cangkir santan menghasilkan 40 gram lemak saat dikonsumsi. Maka dari itu, santan dapat meningkatkan tingkat lipoprotein yang merugikan kesehatan dalam jangka panjang.

Nah, lemak jenuh yang tinggi dan kandungan kalori di dalam santan dapat memasak rejimen penurunan berat badan. Maka dari itu, penggunaannya yang berlebihan dalam makanan sehari-hari bahkan menyebabkan penambahan berat badan.

3. Sembelit Timbul Karena Kebanyakan Makan Kuliner Bersantan


Sembelit Timbul Karena Kebanyakan Makan Kuliner Bersantan

Perlu kalian tahu bahwa santan juga mengandung karbohidrat yang dapat difermentasi. Nah, makanan ini dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit.

Karena serat yang tinggi di dalamnya, santan dapat menyebabkan masalah pencernaan pada beberapa orang. Ditambah lagi, makanan kering yang mengandung banyak gula juga akan membuat tubuh kekurangan serat sehingga menghambat tubuh dalam proses defekasi atau mengeluarkan sisa-sisa hasil metabolisme.

4. Waspada Malabsorpsi Fruktosa


Waspada Malabsorpsi Fruktosa

Santan mengandung mono-sakarida dan poliol. Kandungan tersebut akan meningkatkan risiko gangguan iritasi usus. Santan memiliki kandungan gula yang mungkin menyebabkan hal ini. Pertumbuhan bakteri didorong di usus kecil karena transportasi fruktosa yang tidak merata. Jadi, jangan kalap saat lebaran nanti, ya.

5. Santan Menyebabkan Alergi


Santan Menyebabkan Alergi

Tak banyak yang tahu bahwa kelapa diklasifikasikan sebagai kacang pohon. Jadi, buat yang mengalami alergi kacang, kalian wajib waspada mengonsumsi santan. Dalam beberapa kasus ditemukan bahwa orang yang alergi terhadap kacang pohon bereaksi pada santan.

Santan akan memicu iritasi dan kemerahan pada kulit. Parahnya lagi, santan dapat membuat pencernaan terganggu dengan munculnya rasa mual, diare hingga muntah. Kalian enggak mau sakit saat hari lebaran, kan?

6. Konsumsi Santan Berlebihan Sebabkan Penyakit Jantung


Konsumsi Santan Berlebihan Sebabkan Penyakit Jantung

Mengonsumsi santan berlebihan akan berakibat pada jantung. Penumpukan lemak trans pada tubuh akan menyebabkan penumpukan lemak yang berpotensi menimbulkan iritasi pada jantung. Efek lainnya adalah tersumbatnya aliran darah arteri jantung sehingga memunculkan timbunan lemak pada area kutub jantung. Waduh, hati-hati, ya.

7. Hipertensi Bisa Muncul Karena Kebanyakan Makan Santan


Hipertensi Bisa Muncul Karena Kebanyakan Makan Santan

Apa kalian memiliki riwayat penyakit hipertensi? Nah, kalau begitu jangan terlalu banyak makan santan ya. Santan dapat merangsang peningkatan kadar trigliserida yang dapat menyumbat arteri dan pembuluh darah. Kondisi tersebut akan mengakibatkan naiknya tekanan darah dalam tubuh.

8. Hati-Hati Stroke!


Hati-Hati Stroke!

Setelah penyakit jantung, stroke juga dapat menyerang kalian yang terlalu banyak mengonsumsi santan. Pengendapan lemak jahat dalam tubuh, sehingga bisa menyumbat aliran darah dan pembuluh arteri. Jika tidak diimbangi dengan mengonsumsi mineral dan cairan yang cukup, maka kondisi tersebut dapat menyebabkan stroke ringan.

Nah, buat yang ingin traveling, ayo ikuti tips booking hotel dengan harga murah di musim liburan di sini. Simak pula kue kering yang paling populer disajikan saat lebaran di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru