Tak Buka Open House, SBY Pilih Nyekar ke Makam Ani Yudhoyono Pada Hari Pertama Lebaran
Instagram/aniyudhoyono
Nasional

SBY mengaku belum sanggup menerima para tamu yang akan datang dalam open house Lebaran 2019 sendirian. Pasalnya, selama ini SBY selalu didampingi oleh Ibu Ani.

WowKeren - Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, tidak menggelar open house pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Pasalnya, SBY masih dalam suasana berkabung atas kepergian sang istri, Ani Yudhoyono.

"Kemarin beliau sampaikan, 'saya tidak siap menerima tamu-tamu sendirian, sedangkan puluhan tahun ada Bu Ani mendampingi. Malahan saya sedih nanti'," tutur Ketua DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon, menirukan ucapan SBY dilansir Tempo, Selasa (4/6). Jansen juga mengungkapkan rencana SBY untuk menyekar makam sang istri.


"Rencananya selesai salat Id besok tanggal 5, Pak SBY dan keluarga berencana akan nyekar ke makam Ibu Ani di Kalibata," jelas Jansen. "Sejak dimakamkan memang belum ke sana lagi, jadi sekaligus nyekar setelah salat Id."

Namun, SBY rupanya tidak bisa mengikuti salat Id lantaran kelelahan. Menurut putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dokter menyarankan Ketua Umum Partai Demokrat tersebut untuk beristirahat.

"Pak SBY sebetulnya sudah siap," ujar AHY, Rabu (5/6). "Tapi dari tim dokter menyarankan sekali karena kelelahan, dan kurang sehatnya Pak SBY diminta untuk istirahat sejenak di kediaman."

Tak hanya itu, AHY juga meminta doa kepada masyarakat. Sehingga SBY dapat melewati masa sulit ini dan kembali beraktivitas seperti biasa.

"Tapi tentunya tidak mengurangi rasa syukur beliau bahwa beliau juga dengan harapan melalui masa-masa sulit ini beliau bisa tetap sehat," jelas AHY. "Saya mohon doa dari masyarakat."

Di sisi lain, SBY juga sempat mengungkapkan kesedihannya saat harus melewati Lebaran tahun ini tanpa sosok sang istri. Hal tersebut disampaikan oleh elite Demokrat Jansen Sintandaon.

"Tadi malam di Cikeas. Pak SBY masih sangat sedih dan beberapa kali masih menangis," tulis Jansen. "Kami menemani dan menghibur beliau sampai hampir pukul 12 malam. Kemudian bapak istirahat. Kata beliau semalam 'ini lebaran pertama saya tanpa Ibu Ani, sedih sekali rasanya. Tetap kuat bapak."

You can share this post!

Related Posts
Loading...