Berkemah hingga Main ke Curug, 7 Wisata Jawa Barat yang Cocok untuk Keluarga saat Libur Lebaran
Travel

Libur lebaran masih cukup panjang. Apa kalian sudah merencanakan akan berwisata kemana? Jawa Barat mungkin bisa jadi pilihan yang tepat. Ayo kunjungi 7 tempat wisata ini bersama keluarga.

WowKeren - Musim liburan telah tiba, apa kalian sudah memiliki destinasi wisata yang akan dikunjungi? Nah, Jawa Barat mungkin bisa jadi pilihan yang tepat.

Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang diketahui memiliki banyak destinasi wisata menarik. Apalagi sebagian besar daerah di Jawa Barat memiliki hawa yang sejuk dan menenangkan.

Destinasi wisata di Jawa Barat juga cocok banget buat keluarga, lho. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mau tahu apa saja? Ayo simak di sini!

(wk/nris)

1. Jembatan Situ Gunung di Sukabumi Terpanjang se-Asia


Jembatan Situ Gunung di Sukabumi Terpanjang se-Asia
Instagram/kisah_kelana

Jembatan Situ Gunung Sukabumi merupakan jembatan gantung yang memiliki panjang 250 meter dengan ketinggian 150 meter. Jembatan yang masuk kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango tersebut merupakan jembatan gantung terpanjang se-Asia, lho.

Sebelum jembatan tersebut dibangun, pengunjung yang ingin menuju air terjun harus memutar berjalan kaki memutar bukit yang ditempuh selama 1 jam. Sementara jika melewati jembatan gantung, wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Daya tarik Jembatan Situ Gunung Sukabumi terletak pada pemandangan hutan belantara yang berada di sekitaran jembatan. Tidak hanya itu, udara sejuk begitu terasa ketika kalian berkunjung ke sini. Asyik banget, deh!

2. Sungai Cikahuripan Bandung Barat, Green Canyon Jawa Barat


Sungai Cikahuripan Bandung Barat, Green Canyon Jawa Barat
Instagram/ramdanibudi612

Jika berada di Bandung Barat, kalian mungkin bisa berwisata ke Sungai Cikahuripan. Nama tersebut berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti air yang membawa kehidupan. Sungai ini disebut sebagai Green Canyon Jawa Barat lantaran lokasinya yang sangat indah.

Bebatuan besar yang terdapat di Sungai Cikahuripan menjadi daya tarik tersendiri. Bebatuannya mengapit aliran sungai yang tidak begitu deras. Sungai ini terbilang dangkal karena hanya memiliki kedalaman kurang lebih empat meter.

Warga sekitar banyak yang menyewakan pelampung untuk para pengunjung. Sayangnya, karena belum dikelola secara resmi, fasilitasnya belum terlalu lengkap. Jadi, bawa peralatan yang diperlukan, ya.

3. Keindahan Curug Ngebul di Cianjur


Keindahan Curug Ngebul di Cianjur
Instagram/cahyadie12

Curug Ngebul merupakan salah satu wisata yang lagi hits di Cianjur saat ini. Curug Ngebul terletak di Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, mendadak ramai dikunjungi oleh wisatawan nusantara hingga mancanegara. Jaraknya 72 kilometer ke aras selatan Kabupaten Cianjur.

Namun, sarana dan prasarana serta infrastruktur masih minim. Perjalanan untuk ke sana memakan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan jalanan tidak dapat dilalui kendaraan roda empat.

Berkunjung ke Curug Ngebul, kalian akan terkesima dengan aliran air yang sangat bersih dan terjaga. Terdapat gubug-gubug kecil yang disediakan warga untuk pengunjung beristirahat. Kalian juga bisa bermain air di sungai kecil yang mengalir.

4. Berkemah Bersama Keluarga di D’Jungle Private Camp, Puncak, Bogor


Berkemah Bersama Keluarga di D’Jungle Private Camp, Puncak, Bogor

Berwisata bersama keluarga memang paling asyik jika menginap di suatu tempat. D’Jungle Private Camp bisa jadi pilihan menarik untuk kalian. Enggak perlu bawa alat-alat berkemah, kok. pengurus sudah menyiapkan semuanya.

Berada di Puncak, Bogor, suasana di D’Jungle Private Camp sangat sejuk dan dipenuhi dengan pepohonan hijau. Kawasan ini menawarkan suasana alam yang begitu mempesona. Apalagi ada kabut di pagi hari.

D’Jungle Private Camp menyediakan fasilitas berkemah eksklusif, di mana segala kebutuhan berkemah sudah disediakan. Bahkan, makan minum pun sudah ada, lho. Bagaimana? Tertarik berkunjung ke sini?

5. Wisata Bak Eropa, The Little Venice, Puncak, Bogor


Wisata Bak Eropa, The Little Venice, Puncak, Bogor

The Little Venice merupakan wisata yang cocok buat keluarga. Konsep wisata ini sangat menarik. Kalian akan disuguhkan oleh konsep wisata yang unik dengan suasana dan pemandangan yang mirip seperti Venisia di Italia.

Wisata ini memperlihatkan berbagai bangunan yang dibuat sedemikian rupa dengan gaya arsitektur Eropa. Bahkan, ada sungai yang mengalir sehingga kalian dapat berkeliling menggunakan gondola. Selain itu, ada pula sepeda air, bubble bali, rubber boat dan lainnya.

Jangan lupa bawa kamera jika ingin berkunjung ke The Little Venice. Kalian pasti akan mendapatkan foto apik yang Instagramable banget, deh!

6. Wisata Paling hits di Lembang, Floating Market


Wisata Paling hits di Lembang, Floating Market
Instagram/floating.market.lembang

Nah, kalian pasti sudah tidak asing dengan wisata Floating Market di Lembang, Bandung, kan? Wisata ini dikenal dengan pasar yang berada di atas air dengan menjajakan jualan di atas perahu sehingga mengapung seperti di Thailand.

Tak hanya berbelanja di pasar, kalian dapat menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan lantaran lokasi dan pemandangan yang sangat indah. Ada pula wahana yang bisa kalian jajal, mulai dari Kota Mini, Taman Angsa, The Rock, Taman Kelinci, Rainbow Garden dan masih banyak lagi.

Floating Market juga dapat mengenalkan kalian seputar Jepang dari arsitektur bangunan hingga pakaian. Kalian dapat mencoba kimono dan berpose layaknya berada di negara Sakura tersebut. Jangan lupa beli oleh-oleh kalau berkunjung ke sini, ya.

7. Kampung Naga di Tasikmalaya yang Keasliannya Masih Terjaga


Kampung Naga di Tasikmalaya yang Keasliannya Masih Terjaga
Instagram/muhfadhilah220

Berada di Tasikmalaya, Kampung Naga sudah sangat terkenal, lho. Meski namanya naga, kampung ini tidak ada hubungannya dengan hewan mitos tersebut. Kampung Naga ini terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Kampung Naga berada di lembah. Kampung ini menjadi unik karena masih mempertahankan kearifan lokal dan budaya yang mereka jaga sejak dahulu. Rumah warga di sama masih sangat tradisional sekali.

Mulai dari tata letak rumah sampai arsitekturnya. Rumah adat harus berbahan bambu dan kayu, tidak boleh di cat, bentuk rumah harus panggung dan atapnya harus dari daun nipah, ijuk atau alang-alang. Letak rumah juga harus menghadap ke utara atau selatan dengan memanjang ke barat-timur.

Saat libur lebaran, kalian juga dapat mencoba restoran milik selebriti Indonesia yang murah banget di sini. Simak pula efek buruk yang dapat timbul jika terlalu banyak mengonsumsi kuliner bersantan saat Lebaran di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait