Komentari Chart Musik 2009 yang Dirajai SNSD, Netter Kecam Praktik Streaming Fandom dan Sajaegi
Musik

Membicarakan chart musik tahunan pada 2009, netter mengatakan kalau chart saat itu betul-betul merepresentasikan selera publik, tak seperti chart jaman sekarang.

WowKeren - Tak sedikit yang mengatakan kalau 2009 adalah salah satu tahun terbaik dari musik K-Pop. Saat itu, pasar musik tak sepenuh sekarang sehingga publik lebih dapat mengapresiasi lagu-lagu yang dirilis setiap musisi, termasuk grup-grup rookie.

Beberapa lagu hits lahir pada 2009 yang terus diingat hingga kini mulai "Gee" dari Girls' Generation, "Abracadabra" dari Brown Eyed Girls serta "Sorry, Sorry" dari Super Junior. Selain mereka, SHINee dan Kara juga menyumbangkan tembang hits lewat "Ring Ding Dong" dan "Mister".

2009 juga menjadi tahun di mana grup-grup rookie fenomenal lahir seperti Beast (yang kemudian dua kali meraih Daesang), 2NE1 (juga meraih Daesang), f(x), 4Minute, After School serta T-ara. Meski baru seumur jagung, grup-grup ini berhasil mencuri perhatian.

Sebuah postingan di situs komunitas online Pann membicarakan chart musik tahunan pada 2009. Chart tersebut dipuncaki Girls' Generation diikuti Brown Eyed Girls, T-ara, 2NE1, Kara, SHINee, 4MInute, Baek Ji Young, Super Junior, G-Dragon dan f(x).

Komentari Chart Musik 2009 yang Dirajai SNSD, Netter Kecam Praktik Streaming Fandom dan Sajaegi

Pann


Membicarakan chart musik tahunan pada 2009, netter mengatakan kalau chart saat itu betul-betul merepresentasikan selera publik. Menurut netter, hal ini berbeda dengan jaman sekarang di mana fandom banyak melakukan straming serta maraknya praktik sajaegi (manipulasi chart).

"Ini chart yang sebenarnya. Chart musik harus penuh dengan lagu-lagu yang diketahui seluruh negara. Chart saat ini adalah hasil gila dari fandom idol dan sajaegi."

"Mereka bilang kami meromantisasi masa lalu, tapi aku pikir inilah saat ketika industri musik Korea mencapai puncaknya. Saat ini, para artis membuat rekor baru tetapi kualitasnya terus menurun..."

"Aku ingin fandom berhenti membariskan lagu-lagu B-side di chart. Aku benci sajaegi dan fandom idol. Apa gunanya membariskan setiap lagu kalau itu nggak dilakukan oleh publik? Jujur, aku nggak bisa membedakan antara fans idol yang streaming tanpa henti selama sekolah dan tidur dan sajaegi yang dilakukan mesin."

"'Gee' berhasil memenangkan peringkat pertama dari semua lagu... Itu keren. Pada saat itu, seluruh negara tahu SNSD."

"Wow... Hanya dengan membaca judul lagunya, aku bisa mendengar chorus-nya. Aku pikir itu adalah era emas. Kualitas lagu, visual dan panggungnya yang terbaik. Karena aku mengalaminya, (sekarang) aku nggak merasa bersemangat seperti waktu itu."

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru