AHY Belum Lebaran ke Prabowo, Demokrat Sebut Tak Perlu
Instagram/agusyudhoyono
Nasional

Kadiv Advokasi dan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean, mengonfirmasi bahwa AHY dan Ibas tidak akan berlebaran ke Capres Prabowo Subianto pada tahun ini.

WowKeren - Kedua putra Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), diketahui menggunakan momen Lebaran untuk bersilaturahmi ke sejumlah tokoh nasional. Mulai dari Presiden Joko Widodo, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, hingga keluarga Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Namun, AHY dan Ibas rupanya belum bersilaturahmi dengan Capres Prabowo Subianto. Partai Demokrat lantas mengonfirmasi bahwa tahun ini AHY dan Ibas tidak berlebaran ke Ketua Umum Partai Gerindra tersebut. "AHY dan Ibas atau EBY, tidak berlebaran ke Prabowo," ujar Kadiv Advokasi dan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean, dilansir JawaPos.com, Kamis (6/6).

Meski demikian, Ferdinand tidak menjelaskan lebih detail alasan AHY dan Ibas tak berlebaran ke Prabowo. Ia hanya menyebut AHY-Ibas dirasa tak perlu menemui mantan Danjen Kopassus tersebut.

"Tidak ada alasan khusus, hanya dirasa tidak perlu ke sana saja," tutur Ferdinand. "Terlebih Prabowo juga berlebaran ke Cendana."


Di sisi lain, kunjungan AHY-Ibas ke Jokowi dinilai menandakan adanya perubahan strategi politik Partai Demokrat. Strategi tersebut dinilai berubah dari yang biasanya pasif menjadi aktif.

"Khususnya AHY, nampaknya ada perubahan strategi politik yang drastis. Dari menunggu ke mendatangi. Dari biasanya pasif ke aktif," terang Pengamat politik sekaligus Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti, dilansir Kompas.com, Kamis (6/6). "Belajar dari berbagai pengalaman terlambat secara politik dalam beberapa kasus terakhir, mengakibatkan strategi politik harus diubah. Bila selama ini lebih banyak menunggu, saatnya langsung menjemput."

Usia AHY yang masih muda dinilai sesuai dengan strategi politik tersebut. Strategi itu juga dinilai lebih ampuh. Ray pun berpendapat bahwa pertemuan AHY dengan Jokowi tersebut merupakan langkah untuk mengkonsolidasikan posisi Demokrat pasca Pilpres.

Sementara itu, AHY serta Ibas juga mendapatkan apresiasi dari putri kedua Gus Dur, Yenny Wahid. Yenny menilai AHY dan Ibas memiliki akhlak baik yang patut untuk dicontoh. Pasalnya, meski masih dalam suasana berkabung atas kepergian Ani Yudhoyono sang ibunda, AHY dan Ibas tetap sowan ke tokoh-tokoh yang dituakan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel