9 Tips Traveling Ala Backpacker Untuk Pemula Agar Wisata Aman, Nyaman Dan Tentram
Travel

Jika kalian merasa ingin menantang diri menjadi bakcpacker, di bawah ini terdapat 9 tips agar kamu tidak mengalami kesusahan ataupun kerepotan saat berwisata ala backpacker. Yuk disimak!

WowKeren - Siapa yang tak mau keliling tempat wisata di seluruh dunia? Semua orang pasti menginginkan pengalaman tersebut. Banyak orang yang mengira bepergian mengunjungi suatu tempat pasti memakan waktu dan biaya yang banyak. Namun selalu ada cara yang bisa dilakukan untuk kamu yang ingin bepergian mengelilingi tempat wisata dengan hemat, backpacking salah satunya.

Kalian pasti sudah tak asing lagi dengan istilah backpacker. Secara harfiah, backpacker berarti orang yang membawa backpack (tas punggung/ransel). Budaya di barat yang mengisi liburannya dengan berkeliling ke kota lain atau negara lain dengan membawa ransel inilah yang kemudian melahirkan istilah backpacker.


Backpacking juga membawa manfaat bagi perkembangan diri, salah satunya menjadi lebih mandiri. Mulai dari proses persiapan, saat liburan, hingga akhir liburan, hanya kalianlah yang bisa mengatur dan menentukan langkah-langkah yang akan kalian ambil.

Menjadi backpacker bisa dibilang merupakan sebuah panggilan jiwa. Kalian bisa menemukan pengalaman baru dan bertemu dengan orang baru juga dengan backpacking. Jika kalian merasa ingin menantang diri menjadi bakcpacker, di bawah ini terdapat 9 tips agar kamu tidak mengalami kesusahan ataupun kerepotan saat berwisata ala backpacker. Yuk simak di sini!

(wk/putr)

1. Kumpulkan Referensi Destinasi Agar Tak Bingung Nanti


Kumpulkan Referensi Destinasi Agar Tak Bingung Nanti

Hal pertama yang harus kalian siapkan jika ingin travelling ala backpacker adalah menentukan destinasi. Tentukan tujuan perjalananmu, tempat wisata mana saja yang akan kamu kunjungi, tempat menginap dan transportasi yang bisa digunakan di sana. Untuk itu kalian perlu mencari beberapa referensi.

Referensi ini bisa kalian dapatkan di mana saja. Bisa dari pengalaman orang lain yang sudah pernah ke sana, review blogger, atau bahkan informasi di Internet. Dengan referensi yang didapatkan, kalian bisa mendapat gambaran bagaimana perjalanan itu nantinya.

2. Siapkan Rencana Perjalanan Atau Itinerary Agar Wisata Lancar


Siapkan Rencana Perjalanan Atau Itinerary Agar Wisata Lancar

Itinerary atau itenerary adalah rencana yang dibuat untuk mempermudah perjalanan travelling kalian. Secara garis besar itinerary itu berisi rincian budget, destinasi tujuan, tempat menginap, transportasi, durasi dan segala hal yang membuat travelling kalian menjadi lebih mudah dan lancar. Intip rekomendasi hotel dengan konsep unik dan murah di sini.

Untuk backpacker sendiri, sebaiknya susun itinerary sebelum berangkat. Cari tahu lokasi tempat-tempat wisata, harga tiket masuk, dan jam operasional untuk menyusun jadwal kunjungan. Selain itu, itinerary juga akan membuat kalian terhindar dari penggunaan uang di luar rencana serta membuang-buang waktu. Meski backpacker lekat dengan kesan “santai”, menyusun rencana perjalanan tetap perlu dibuat agar liburan berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

3. Tentukan Budget Yang Akan Digunakan Agar Hemat Hingga Pulang


Tentukan Budget Yang Akan Digunakan Agar Hemat Hingga Pulang

Setelah memilih semua destinasi wisata dalam itinerary kalian bisa menyesuaikan budget yang akan kalian keluarkan. Alokasi budget ini bisa membantu kamu untuk mengontrol keuangan. Selain itu perkiraan budget dari awal ini bisa membantu kamu membawa uang tunai sesuai kebutuhan dan enggak perlu repot-repot mencari ATM untuk mengambil uang.

Membawa uang secukupnya juga akan mengurangi tingkat kehilangan yang terjadi saat travelling. Bawa uang tunai secukupnya saat perjalanan dan simpan sisanya ditempat rahasia atau ATM. Dengan begitu jika kalian mengalami kecopetan, kalian hanya kehilangan sebagian dan masih memiliki sisa yang bisa digunakan. Simak juga tips traveling hemat di sini.

4. Batasi Barang Bawaan Agar Tak Kerepotan Saat Berjalan-jalan


Batasi Barang Bawaan Agar Tak Kerepotan Saat Berjalan-jalan

Menjadi backpacker berarti kalian akan bepergian dengan membawa barang seminimal mungkin di dalam ransel. Usahakan untuk membawa satu ransel saja dan membawa barang seperlunya. Taruh barang yang akan sering kalian keluarkan seperti dompet, ponsel atau kartu identitas dalam tas selempang kecil agar tak perlu membongkar ransel.

Meminimalisasi barang bawaan bisa membuat perjalananmu nyaman dan santai. Ketika membawa barang terlalu banyak otomatis barang bawaan kalian akan semakin berat. Selain itu semakin banyak pula barang yang harus kalian jaga agar tak hilang atau tertinggal. Alih-alih menikmati perjalanan wisata kalian malah kerepotan dengan barang bawaan. Simak tips packing dengan satu koper di sini.

5. Selalu Ketahui Promo Tiket Pesawat Agar Hemat Biaya


Selalu Ketahui Promo Tiket Pesawat Agar Hemat Biaya

Salah satu hal yang tak kalah penting untuk backpacker adalah menyiapkan tiket transportasi menuju destinasi. Untuk itu kalian harus selalu update dengan promo tiket pesawat yang kadang datang tiba-tiba. Jangan lupa, motto seorang backpacker adalah semakin hemat maka semakin bagus.

Agar pengeluaran semakin hemat, kalian perlu berburu tiket jauh-jauh hari. Pasalnya, ada banyak maskapai penerbangan yang memberikan promo jika tanggal penerbangan jauh sebelum tanggal pembelian.

6. Hemat Pengeluaranmu Dengan Naik Transportasi Umum Atau Jalan Kaki


Hemat Pengeluaranmu Dengan Naik Transportasi Umum Atau Jalan Kaki

Dengan menjadi backpacker berarti kalian harus siap menjadi seseorang yang mandiri dan tak manja. Usahakan hindari transportasi umum yang bersifat privat seperti taksi karena memakan biaya yang tak sedikit. Gunakan transportasi umum masal yang disediakan tempat tersebut seperti bus atau MRT. Selain jauh lebih murah, kalian bisa berinteraksi dengan orang lain atau warga lokal.

Selain itu, sesekali cobalah untuk jalan kaki jika tempat tujuan lumayan dekat. Dengan berjalan kaki, kalian mungkin bisa lebih menikmati nuansa lokal tempat wisata tersebut. Kalau beruntung, kalian bahkan juga bisa menemukan tempat indah tersembunyi di sudut-sudut tempat wisata tersebut loh.

7. Bawa Air Minum Kemana-mana Agar Tak Dehidrasi


 Bawa Air Minum Kemana-mana Agar Tak Dehidrasi

Hal yang tak kalah penting adalah bawa air minum ke mana-mana. Kalian akan sering berjalan kaki dan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, hal ini tentu membuat kalian cepat merasa haus. Tak semua tempat wisata menjual air dan jika ada terkadang harganya sangat mahal. Karena itu sebaiknya kalian membawa air sendiri dari penginapan.

Selain itu, membawa botol minum sendiri juga bisa menghemat pengeluaran. Kalian bisa memanfaatkan berbagai sarana air gratis di berbagai tempat wisata untuk isi ulang botol minum. Selain bisa lebih berhemat, membawa botol minum sendiri juga dapat membantu mengurangi sampah plastik dan sekaligus menyelamatkan lingkungan.

8. Pilihlah Destinasi Wisata Yang Ramah Wisatawan


 Pilihlah Destinasi Wisata Yang Ramah Wisatawan

Ini juga merupakan tips yang sangat penting untuk menghindari kejahatan yang sering menimpa wisatawan. Bukan jaminan bahwa destinasi wisata di “kota” akan lebih aman dari tempat yang di “desa”. Kalian bisa mengetahui tingkat keamanan dan kenyamanan tempat wisata itu dari referensi atau cerita perjalanan orang lain.

Pilihlah tempat-tempat yang relatif aman terhadap wisatawan untuk mengurangi resiko masalah yang datang. Selain itu kalian juga harus jaga sikap saat sedang berwisata. Jangan pernah menjadi wisatawan yang asing dengan tempat yang kalian kunjungi. Cobalah untuk akrab dengan penduduk setempat.

Bagikanlah senyum kepada mereka. Tak jarang, dari obrolan-obrolan ringan ini kalian akan menemukan tempat yang lebih bagus atau toko oleh-oleh yang murah. Intip etika yang harus kalian ketahui saat menginap di hotel di sini

9. Persiapkan Fisik Dengan Baik Sebelum Berwisata


Persiapkan Fisik Dengan Baik Sebelum Berwisata

Saat travelling dengan sistem backpacking, kita pasti akan memakai tas ransel agar lebih efisien. Tak jarang kita harus rela membawa ransel yang besar kemana-mana dengan jalan kaki saat berwisata. Oleh karena itu, kita harus punya fisik kuat.

Sebelum berangkat, ada baiknya kalian mempersiapkan fisik dengan melakukan latihan rutin untuk mendaki. Selain itu, cobalah latihan membawa ransel yang telah diisi dengan barang yang akan dibawa. Kuncinya adalah tubuh perlu terbiasa membawa ransel yang nantinya akan kalian bawa selama backpacking, yang mana akan cukup berat mengingat banyaknya perlengkapan yang dibawa.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait