Waspadai 9 Kombinasi Makanan Dan Minuman Ini Enggak Boleh Dimakan Barengan, Bisa Bikin Sakit!
Health

Terdapat berbagai makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan karena. Beberapa makanan ini memiliki zat kimia yang justru akan menimbulkan efek yang tidak baik serta membahayakan bagi tubuh.

WowKeren - Pada dasarnya setiap orang membutuhkan makanan untuk memenuhi kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Berbagai sumber vitamin dan mineral kerap terdapat dari berbagai sumber makanan baik hewani atau nabati. Maka dari itu, mengkonsumsi makanan bergizi tinggi dan seimbang sangat diperlukan.

Namun sebaiknya kalian harus lebih berhati-hati dalam mengkombinasikan makanan yang akan kalian santap. Pasalnya, terdapat berbagai makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan karena. Beberapa makanan ini memiliki zat kimia yang justru akan menimbulkan efek yang tidak baik serta membahayakan bagi tubuh.


Alih-alih sehat, kalian justru akan mendapatkan gangguan kesehatan jika memakannya secara bersamaan. Kombinasi makanan dan minuman yang salah ini kadang akan menghambat proses pencernaan dan menyebabkan sakit perut, mual, kelelahan, dan kesulitan mengeluarkan limbah dalam tubuh.

Bingung makanan apa saja yang tak boleh dimakan secara bersamaan? Berikut ada 9 kombinasi makanan dan minuman yang harus kalian dihindari untuk dikonsumsi dalam waktu yang bersamaan. Yuk di simak!

1. Susu Kedelai Tidak Bagus Dimakan Bersamaan


Susu Kedelai Tidak Bagus Dimakan Bersamaan

Bukan rahasia lagi jika telur merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan protein. Namun sebanyak apapun telur yang kalian makan, jika dibarengi oleh konsumsi susu kedelai maka hasilnya akan nihil. Protein yang kalian harapkan dari telur akan dihempaskan begitu saja oleh susu kedelai.

Kandungan yang terdapat dalam susu kedelai diketahui dapat mengurangi aktivitas dari enzim protease. Enzim tersebut sendiri merupakan enzim utama yang digunakan oleh tubuh untuk membantu metabolisme protein. Tubuh tidak akan mendapat protein yang baik dari telur jika dikonsumsi bersamaan dengan susu kedelai.

2. Makan Daging Dan Semangka Ternyata Bisa Menggangu Kesehatan


Makan Daging Dan Semangka Ternyata Bisa Menggangu Kesehatan

Dalam hal ini bukan berarti daging yang dimakan sebagai lauk bersama semangka ya. Semangka tidak baik dimakan bersamaan dengan daging, baik itu secara langsung atau diolah menjadi jus atau makanan lain.

Semangka disebut buah yang “dingin”, sebaliknya daging merupakan bahan pangan yang "panas". Ketika dikonsumsi bersamaan, efek bergizi dari daging kambing akan menurun secara drastis. Bagi penderita asthenia limpa, hal ini dapat membahayakan energi dan mengganggu limpa dan lambung loh.

3. Jangan Makan mentimun Dan Tomat Berbarengan Jika Ingin Sehat


Jangan Makan mentimun Dan Tomat Berbarengan Jika Ingin Sehat

Tomat dan Mentimun seringkali dijadikan jus dan dicampur bersamaan untuk terapi kesehatan. Tak hanya itu saja, mentimun dan tomat ini sering kalian jumpai sebagai isian dari sandwich. Para vegetarian juga gemar menambahkan tomat dan mentimun dalam salad.

Namun siapa sangka jika campuran dua sayuran buah ini bisa berbahaya untuk tubuh. Kombinasi vitamin di dua jenis sayuran dan buah ini tidak bisa dicerna dengan benar oleh tubuh. Sehingga bisa membuat jalur biokimia tubuh kita terganggu dan mengakibatkan pembengkakan.

4. Kurangi Minum Teh Dicampur Susu Karena Enggak Baik Buat Kesehatan


Kurangi Minum Teh Dicampur Susu Karena Enggak Baik Buat Kesehatan

Jaman sekarang, banyak sekali jenis minuman yang berbahan dasar teh dan susu. Padahal kedua jenis minuman ini enggak baik dicampur loh. Hal ini karena kandungan protein dalam susu akan mengikat antioksidan pada teh. Sedangkan teh menjadi salah satu tanaman yang kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Selain itu, kafein pada teh umumnya menurunkan daya serap tubuh terhadap kalsium tubuh. Jadi jika diminum bersamaan, kedua minuman ini tidak memiliki fungsi apa-apa untuk tubuh kita. Karena itu, mulai sekarang sebaiknya minum teh dan susu secara terpisah saja ya.

5. Susu Dan Cokelat Yang Nikmat Ternyata Bukan Kombinasi Baik


Susu Dan Cokelat Yang Nikmat Ternyata Bukan Kombinasi Baik

Siapa dari kalian yang suka susu cokelat? Beberapa orang yang sangat menggemari susu cokelat akan membuatnya sendiri dari campuran susu dengan cokelat leleh. Namun, apa kalian tahu kalau susu tidak boleh dicampur dengan cokelat?

Seperti yang diketahui susu kaya akan protein dan kalsium, sedangkan cokelat banyak mengandung asam oksalat. Kalsium dari susu dan asam oksalat cokelat dapat membentuk kalsium oksalat yang selain tidak mudah larut dalam tubuh. Selain itu kalsium oksalat ini juga dapat menyebabkan diare apabila dimakan bersamaan.

6. Daging Dan Kentang Ternyata Sulit Dicerna Oleh Tubuh


 Daging Dan Kentang Ternyata Sulit Dicerna Oleh Tubuh

Kalian mungkin sering menyantap steak daging yang disajikan dengan kentang goreng. Padahal konsumsi makanan yang berkarbohidrat dengan berprotein hewani sebenarnya tidak terlalu baik loh. Makan makanan tinggi karbohidrat dengan makanan berprotein sering menjadi penyebab gas, kembung dan begah.

Selain itu, enzim pencernaan kalian akan sulit mencerna zat karbon dan protein hewani saat dimakan bersamaan. Sebaiknya kurangi karbohidrat dengan protein hewani dengan mengganti lauk yang mengandung protein nabati atau sebaliknya.

7. Jangan Minum Susu Dan Jus Jeruk Di Waktu Yang Berdekatan


Jangan Minum Susu Dan Jus Jeruk Di Waktu Yang Berdekatan

Kombinasi ini mungkin agak asing bagi kalian, tapi kalian juga wajib tahu jika susu dan jus jeruk sangat enggak baik untuk kesehatan. Seperti yang kita tahu, susu punya kandungan protein tinggi, sedangkan jus jeruk mengandung asam yang sangat tinggi.

Jika kedua kandungan ini tercampur di dalam pencernaan, maka enzim baik akan hancur dan tentu saja bisa mengakibatkan radang pencernaan dan gangguan pencernaan lainnya. Secara keseluruhan, susu sebetulnya tidak baik dikonsumsi dengan segala jenis buah karena mengandung asam yang tinggi.

8. Daging dan Telur Yang Berprotein Tinggi Bikin Pencernaan Terganggu


 Daging dan Telur Yang Berprotein Tinggi Bikin Pencernaan Terganggu

Daging dan telur adalah dua sumber protein yang tinggi. Makan kombinasi makanan yang keduanya mengandung protein tinggi dapat membebani sistem pencernaan dan membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Untuk menghindari hal ini, kalian bisa menyelingi waktu makan dengan makanan rendah protein terlebih dahulu dan makan daging setelahnya.

9. Kacang dan Keju Ternyata Berbahaya Untuk Organ Pencernaan


Kacang dan Keju Ternyata Berbahaya Untuk Organ Pencernaan

Kacang dan keju ketika dimakan bersama dapat menyebabkan kembung, gas dan masalah terkait pencernaan lainnya. Keju adalah produk susu, yang dapat menyebabkan gas di perut jika dikonsumsi bersama dengan kacang, selain itu fungsi organ pencernaan juga ikut terganggu.

Jika kamu memiliki sistem kekebalan yang lemah, sebaiknya pisahkan konsumsi keju dengan biji-bijian. Atau paling tidak berilah jeda waktu antara kedua makanan tersebut jika kalian ingin mengkonsumsi keduanya. Dengan begitu, kacang dan keju tetap aman untuk dimakan.

You can share this post!

Related Posts
Loading...