8 Tips Berpenampilan Saat Interview Kerja, Awas Jangan Sampai Salah Kostum!
Lifestyle

Penampilan menjadi salah satu hal yang sangat penting saat interview kerja. Nah, jika kamu hendak melakukan interview kerja, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips berikut ini agar HRD terkesan.

WowKeren - Seolah sudah menjadi rahasia umum jika para pegawai banyak yang resign dari perusahaan tempatnya bekerja setelah lebaran. Sebab jika resign setelah lebaran, para pegawai ini masih bisa mendapat bonus THR (Tunjangan Hari Raya) yang biasanya berjumlah satu kali gaji.

Dan setelah resign, ada banyak pegawai yang mulai mencari pekerjaan di perusahaan baru. Berbagai lowongan pekerjaan mulai coba dilamar, hingga tiba pada tahap interview kerja.


Nah, interview kerja menjadi tahapan yang cukup penting dalam proses melamar di tempat kerja baru. Sehingga, kamu juga harus memperhatikan penampilan luar agar bisa berhasil selama interview kerja. Sebab penampilan luar akan pertama kali dinilai oleh atasan atau HRD sebagai kesan pertama.

Untuk itu, tim WowKeren telah merangkum beberapa tips berpenampilan yang sopan dan baik jika kamu hendak melakukan interview kerja. Simak delapan tipsnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Pilih Warna dan Corak Pakaian yang Sesuai Saat Interview, Jangan Sampai Mencolok!


Pilih Warna dan Corak Pakaian yang Sesuai Saat Interview, Jangan Sampai Mencolok!

Pemilihan warna pakaian sangat penting ketika melakukan interview kerja. Usahakan untuk memadu padankan pakaian dengan baik. Hindari menggunakan warna yang agak berlebihan dan mencolok. Selain itu, jangan sampai warna pakaian kalian bertabrakan dengan satu dan yang lain ya.

Kamu bisa menggunakan warna hitam atau warna gelap lainnya yang berguna untuk mengeluarkan aura serius dan berwibawa. Sedangkan, pemilihan warna abu-abu dapat mencerminkan pribadi yang cerdas dan mandiri.

Selain warna-warna gelap, pakaian dengan warna terang dan cenderung kontras akan menampilkan karakter yang kuat dan unik. Sehingga akan enak dipandang oleh HRD. Kamu bisa mengenakan setelan kemeja atasan berwarna biru muda, putih atau oranye dan memadukannya dengan bawahan berwarna gelap.

2. Jangan Sampai Menggunakan Celana Jeans Saat Interview Kerja


Jangan Sampai Menggunakan Celana Jeans Saat Interview Kerja

Ketika kamu pergi interview kerja, usahakan untuk selalu menggunakan pakaian berbahan kain. Karena itu, hindari penggunaan pakaian atau celana jeans, meskipun kamu melamar kerja di industri kreatif.

Hal ini disebabkan karena penggunaan celana jeans akan menimbulkan kesan santai. Hal ini tentu akan mempengaruhi penilaian HRD padamu. Selain itu, pastikan juga bahan pakaian yang kamu kenakan tidak mudah kusut agar tidak memberikan kesan lusuh atau kurang rapi.

3. Kenakan Kemeja Saat Interview untuk Menimbulkan Kesan Rapi dan Sopan


Kenakan Kemeja Saat Interview untuk Menimbulkan Kesan Rapi dan Sopan

Nah, tips berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah pilihan pakaian yang bisa kamu gunakan saat melakukan interview kerja. Usahakan untuk menggunakan kemeja, karena kemeja merupakan pakaian formal yang biasa dipakai saat interview.

Pilihan kemeja juga beragam. Kamu bisa memilih kemeja berbahan katun, sifon atau bahkan sutra. Bukalah juga kancing atas kemejamu untuk memberikan kesan sederhana namun tetap formal. Selain itu, hindari penggunaan kemeja yang terlalu ketat apalagi yang menimbulkan kesan seksi. Dan yang paling penting, gunakan kemeja yang membuatmu nyaman.

4. Tambahkan Jas atau Kardigan Untuk Melengkapi Penampilan Formalmu


Tambahkan Jas atau Kardigan Untuk Melengkapi Penampilan Formalmu

Nah, setelah menggunakan kemeja, ada baiknya juga menggunakan jas atau kardigan. Sebab jas atau kardigan dapat melengkapi penampilan formalmu selama interview berlangsung. Selain itu, dengan menggunakan jas atau kardigan, kesan profesional yang ada di dalam dirimu juga akan semakin terlihat.

Untuk pemilihan warna jas atau kardigan, hindari corak yang terlalu menonjol atau berlebihan. Jas atau kardigan yang berwarna gelap seperti hitam atau biru tua adalah pilihan yang tepat.

5. Gunakan Alas Kaki atau Sepatu yang Sesuai Saat Interview Kerja


Gunakan Alas Kaki atau Sepatu yang Sesuai Saat Interview Kerja

Pemilihan alas kaki juga sangat penting sebelum kamu berangkat interview. Meskipun sepatu atau alas kaki letaknya berada di bagian paling bawah, hal itu tak membuatnya luput dari perhatian pewawancara atau HRD. Jadi, pastikan untuk memilih sepatu dengan baik.

Usahakan untuk menggunakan sepatu yang bagian ujungnya tertutup. Jika perusahaan yang kamu lamar adalah perusahaan formal, kamu pun juga harus menggunakan sepatu formal. Namun jika kamu melamar ke perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif, kamu bisa menggunakan sepatu dengan jenis yang lebih luwes, namun ujungnya tetap harus tertutup.

Oxford shoes atau sepatu berjenis platform bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Tapi ingat, haknya jangan terlalu tinggi ya, cukup dua atau tiga sentimeter saja sudah cukup. Untuk pemilihan warnanya sendiri, usahakan untuk menggunakan sepatu berwarna gelap, seperti hitam atau cokelat tua.

6. Perhatikan Gaya Rambut, Jangan Sampai Membuat Pewawancara Risih Saat Interview


Perhatikan Gaya Rambut, Jangan Sampai Membuat Pewawancara Risih Saat Interview

Bagi kamu yang tidak menggunakan hijab, sangat penting untuk memperhatikan gaya rambut saat interview. Jangan biarkan rambutmu yang tidak tertata dengan baik dan membuat HRD atau pewawancara menjadi risih karena rambutmu yang acak-acakan.

Jika kamu memiliki rambut panjang, usahakan untuk mengikat atau menggelung rambutmu. Karena dengan begitu, penampilanmu akan terlihat lebih rapi dan profesional. Jika rambutmu pendek atau sebahu, menggerai adalah pilihan yang tepat. Supaya lebih rapi, jepitlah rambut di sisi kanan dan kiri wajahmu ke arah belakang. Dengan begitu, rambutmu tidak akan menutupi pandangan atau masuk ke dalam mulut ketika sedang berbicara.

7. Gunakan Aksesori Untuk Mempermanis Penampilanmu Saat Interview Kerja


Gunakan Aksesori Untuk Mempermanis Penampilanmu Saat Interview Kerja

Nah, tips berikutnya yang bisa kamu lakukan saat pergi melakukan interview kerja adalah menggunakan aksesori. Sebab aksesori berperan penting sebagai penunjang penampilanmu agar dapat membuat HRD terkesan.

Usahakan untuk menggunakan aksesori yang sederhana namun tetap manis. Misalnya, kamu bisa menggunakan jam tangan, gelang, kalung maupun scarf yang simpel. Dengan demikian, penampilanmu akan lebih manis dan enak dipandang.

8. Bawa Tas Ukuran Sedang Saja Saat Interview Kerja


Bawa Tas Ukuran Sedang Saja Saat Interview Kerja

Tips terakhir yang bisa kamu pertimbangkan adalah tentang pemilihan tas. Saat melakukan interview kerja, usahakan untuk membawa tas ukuran sedang dan kalau bisa yang memiliki tali selempang. Tas dengan ukuran sedang sangat membantumu untuk menaruh barang-barang bawaan dan juga berkas-berkas terkait.

Tas yang kekecilan akan membuatmu kerepotan membawa barang-barang karena tidak muat di dalamnya. Sedangkan jika tasmu kebesaran, penampilan dan tubuhmu akan tertutup karena besarnya tas tersebut.

Demikian delapan tips berpenampilan saat interview yang telah tim WowKeren rangkum untukmu. Nah, jika kamu sering gagal saat interview, ikuti trik ini untuk menjawab pertanyaan dari HRD.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru