Pohon Beringin Tumbang Akibat Cuaca Buruk, 4 Korban Terluka
Nasional

Peristiwa ini terjadi di Kabupaten Bangli, Bali pada Jumat (14/6) sore. Tercatat lima kendaraan roda empat dan dua kendaraan roda dua tertimpa material pohon.

WowKeren - Pohon beringin di utara Pura Dalem Selaungan, Banjar Pande, Kelurahan Cempaga, Kabupaten Bangli, Bali tumbang. Peristiwa ini terjadi pada Jumat (14/6) sekitar pukul 15.00 WITA.

Material pohon diketahui menimpa 5 mobil dan 2 unit kendaraan roda dua. Akibatnya 4 orang dilaporkan mengalami luka-luka.

"Untuk korban jiwa tidak ada. Hanya korban luka-luka sebanyak empat orang," jelas Wakapolres Bangli, Kompol I Made Krisnha saat ditemui di lokasi kejadian. "Seluruh korban sudah dievakuasi di rumah sakit untuk segera mendapatkan perawatan."

"Korban di antaranya Ketut Suwitra (36) dan Pande Wayan Candra (51) mengalami luka berat," lanjutnya. "Sedangkan Nyoman Sujana (27) dan Pande Putu Rastika Paramarta (22) mengalami luka ringan."

Proses evakuasi pun melibatkan personel gabungan Polres Bangli, Polsek Kota Bangli, dan BPBD Bangli. Evakuasi juga dibantu warga sekitar. Diketahui proses evakuasi berlangsung selama dua jam dengan menggunakan gergaji mesin.


"Musibah ini juga berdampak pada terganggungnya lalu lintas di sekitar," ucap Krisnha. "Kami sudah berkoordinasi dengan polsek setempat untuk melakukan pengalihan arus, sehingga proses evakuasi dan pembersihan di lokasi kejadian bisa berjalan optimal."

Dilansir dari Tribunnews, Sabtu (15/6), tampak dua unit kendaraan ringsek tertimpa dahan pohon di lokasi kejadian. Kedua mobil tersebut adalah pikap bernomor polisi DK 8024 PP dan Avanza DK 708 BQ. Sementara sebuah Daihatsu Xenia DK 1138 CJ terlihat ringsek di bagian depan.

Krisnha menyebut musibah itu diduga terjadi lantaran usia pohon yang sudah tua. Selain itu cuaca buruk juga dituding menjadi penyebab pohon tumbang. Alhasil bagian dahan pohon tumbang pun menimpa kendaraan yang melintas maupun yang parkir di sekitar lokasi kejadian.

Berdasarkan keterangan saksi Putu Astawa (27), kala itu ia hendak menjemput istrinya yang berjualan di Pura Dalem Selaungan. Ketika itu kondisi cuaca di sekitar lokasi agak gerimis. Ia mengaku memarkirkan mobilnya di sebelah utara pohon beringin itu.

"Tak berselang lama, saksi melihat dahan pohon beringin patah. Di saat bersamaan, melintas mobil Avanza putih dari arah timur dan pikap putih dari arah barat," ujar Krisnha. "Sontak dahan tersebut langsung menimpa dua mobil itu, termasuk mobil korban juga mengalami kerusakan."

Atas musibah ini, kerugian yang terjadi ditaksir mencapai ratusan juta. Di sisi lain, mengingat kondisi cuaca yang buruk, Krisnha mengimbau masyarakat untuk menghindari melintas di sekitar pohon besar.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait