Ketahui 8 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut dan Cara Menggunakannya, Gak Perlu Perawatan Mahal Lho
Lifestyle

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan rambut enggak perlu diragukan lagi. Manfaatnya yang akan kalian rasakan sangat beragam, lho. Mau tahu apa saja? Simak di bawah ini.

WowKeren - Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang memiliki segudang manfaat. Mulai dari mengobati gatal pada kulit, menghilangkan bekas cacar air, mengatasi kerutan di wajah, menghilangkan jerawat punggung dan masih banyak lagi. Tak hanya kulit, lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk rambut.

Saking terkenalnya manfaat lidah buaya, bahan alami satu ini telah digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan. Kalian pasti sudah sering melihat sampo atau produk perawatan dengan lidah buaya, kan?

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut 8 manfaat lidah buaya untuk rambut. Simak di bawah ini, ya!

(wk/nris)

1. Lidah Buaya dapat Mempercepat Pertumbuhan Rambut


Lidah Buaya dapat Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Buat kalian yang memiliki masalah dengan rambut tipis, lidah buaya mungkin bisa jadi solusi alami. Enzim proteolitik pada lidah buaya bermanfaat menyembuhkan dan memperbaiki sel-sel yang rusak di kulit kepala. Hal tersebut akan membuat kesehatan folikel rambut meningkat serta membuat pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan cepat.

Cara menggunakan lidah buaya untuk mempercepat pertumbuhan rambut cukup mudah. Kalian hanya perlu mengambil gel lidah buaya dan minyak zaitun. Campurkan kedua bahan tersebut secara merata. Kemudian oleskan pada kulit kepala dan rambut dan diamkan selama beberapa saat. Jangan lupa keramas hingga bersih setelah masker rambut meresap, ya.

2. Lidah Buaya akan Mengurangi Rambut Rontok


Lidah Buaya akan Mengurangi Rambut Rontok

Tak hanya merangsang pertumbuhan rambut, lidah buaya juga dapat mengurangi rambut rontok, lho. Perlu kalian tahu, rambut rontok yang dibiarkan dapat menyebabkan kebotakan. Maka dari itu, kalian harus segera mengatasinya. Lidah buaya akan memperkuat akar rambut sehingga tidak akan rontok.

Nah, untuk masalah rambut rontok, kalian hanya perlu mencampurkan gel lidah buaya dengan sampo yang akan digunakan. Kemudian, keramas seperti yang kalian lakukan biasanya. Jangan lupa pijat kepala agar gel lidah buaya lebih meresap. Lakukan hal ini secara rutin, ya.

3. Mencegah dan Mengatasi Ketombe dengan Lidah Buaya


Mencegah dan Mengatasi Ketombe dengan Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung anti-jamur di dalamnya yang berfungsi mencegah dan mengatasi ketombe pada kulit kepala. Perawatan dengan lidah buaya ini membantu pengelupasan ketombe di kulit kepala. Lidah buaya bisa jadi pilihan buat yang sudah hampir menyerah mengatasi ketombe.

Mengatasi ketombe dengan lidah buaya sangat mudah, lho. Kalian hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala secara merata. Diamkan selama 60 menit agar menyerap. Kemudian bilas hingga bersih.

4. Rambut Hitam dengan Menggunakan Lidah Buaya


Rambut Hitam dengan Menggunakan Lidah Buaya

Siapa yang tidak ingin memiliki rambut hitam yang berkilau? Rambut dapat semakin pudar menjadi kemerahan atau kekuningan lantaran polusi, tak terawat dan paparan bahan kimia. Nah, kalian dapat menggunakan lidah buaya untuk membuatnya hitam berkilau kembali.

Untuk membuat rambut hitam berkilau adalah dengan mengambil daging lidah buaya dan peras lendirnya. Oleskan perasan tersebut pada kulit kepala dan rambut. Bilas rambut hingga bersih setelah didiamkan selama sekitar satu jam.

5. Lidah Buaya akan Membuat Rambut Lembut dan Lembap


Lidah Buaya akan Membuat Rambut Lembut dan Lembap

Manfaat lidah buaya untuk rambut selanjutnya adalah membuatnya lembut dan lembap. Rambut yang kering akan terasa kasar. Selain itu, rambut juga mudah patah. Kalian tidak mau hal tersebut terjadi, kan?

Lidah buaya akan membantu kalian mengatasi hal tersebut lantaran berfungsi sebagai conditioner alami. Nah, cara pengaplikasiannya juga mudah, kalian hanya perlu mengaplikasikannya sebagai conditioner. Cukup oleskan pada rambut dan diamkan beberapa menit. Jika melakukannya secara rutin, kalian akan mendapatkan rambut yang halus dan lembap.

6. Lidah Buaya Sebagai Obat Anti Gatal di Kepala


Lidah Buaya Sebagai Obat Anti Gatal di Kepala

Lidah buaya juga dapat digunakan untuk meringankan penyakit gatal pada kulit kepala, seperti psoriasis, penyakit auto-imun yang ditandai dengan produksi sel kulit berlebihan. Sifat enzimatik Aloe Vera, memungkinkannya untuk menghancurkan sel-sel kulit mati yang berlebihan.

Dalam sebuah studi yang dilaporkan dalam Archives of Dermatology, lebih dari 80% dari pasien psoriasis diobati dengan lidah buaya menunjukkan perbaikan. Caranya masih sama seperti sebelumnya, kok. Oleskan gel lidah buaya pada kepala dan diamkan hingga menyerap.

7. Lidah Buaya Cocok untuk Rambut berminyak


Lidah Buaya Cocok untuk Rambut berminyak

Tak hanya rambut kering, rambut yang berminyak pun juga menjadi masalah. Lidah buaya akan menyeimbangkan minyak yang dibutuhkan kulit sehingga kulit tidak terlalu berminyak ataupun kering. Untuk menggunakannya, kalian dapat mencampurkan gel lidah buaya dengan air perasan lemon sebelum dioleskan pada rambut.

8. Menenangkan Kulit Kepala dengan Lidah Buaya


Menenangkan Kulit Kepala dengan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit kepala dari iritasi. Perawatan ini memberikan efek dingin dan relaksasi pada kulit kepala dan memicu rambut tumbuh lebih sehat.

Saat terjadi iritasi, kalian dapat mengoleskan gel lidah buaya secara rutin. Kemudian diamkan hingga sekitar 30 menit. Jangan lupa lakukan secara rutin agar iritasi cepat sembuh, ya.

Tak hanya lidah buaya, madu juga dapat mengatasi berbagai masalah rambut, lho. Simak di sini untuk lebih lanjutnya. Simak pula kebiasaan buruk saat keramas yang bikin rambut rusak di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait