Terlibat Skandal, Yang Hyun Suk Rupanya Sosok Bos Yang Pekerja Keras Dan Dermawan
Naver
Selebriti

Yang Hyun Suk, mantan CEO YG Entertainment mundur dari semua jabatannya karena skandal yang menimpa perusahaannya. Namun dibalik semua pemberitaan buruk mengenai dirinya, Yang Hyun Suk ternyata merupakan sosok yang pekerja keras dan sering berdonasi.

WowKeren - Nama Yang Hyun Suk saat ini tengah menjadi pembicaraan hangat di Korea. Pasalnya bos YG Entertainmnet ini baru saja mengundurkan diri dari semua jabatannya di agensi tersebut. Mundurnya Yang Hyun Suk ini berkaitan dengan skandal yang menimpa beberapa artisnya saat ini.

Namun dibalik semua pemberitaan buruk mengenai dirinya, Yang Hyun Suk ternyata memiliki peran besar dalam industri musik Korea. Bos YG itu diketahui pertama kali terjun di dunia musik Korea ketika debut bersama dengan grup bernama Seo Taiji & Boys.

Seo Taiji & Boys dibentuk pada tahun 1991 dengan format 3 anggota yakni Seo Taiji, Lee Juno dan Yang Hyun Suk. Grup ini sangat berpengaruh di kancah musik Korea dan terkenal dengan singel mereka, "Nan Arayo" ("I Know"). Grup ini bubar pada tahun 1996 dan para anggota fokus pada kegiatan solo masing-masing.

Ketika sudah tak bergabung lagi dengan Seo Taiji, Yang Hyun Suk akhirnya memilih untuk melebarkan karirnya menjadi CEO. Pada Maret 1996, Yang Hyun Suk mendirikan YG Entertainment bersama sang adik, Yang Min Suk.

Artis pertama yang direkrut perusahaan tersebut adalah trio hip-hop yang bernama Keep Six, namun sayang sekali gagal menarik perhatian publik. YG Entertainment akhirnya kembali mendebutkan grup hip-hop yang bernama Jinusean dan 1TYM. Kedua grup itu akhirnya sukses membawa YG Entertainment dan aliran musik hip hop masuk ke dalam arus utama musik Korea.

YG Entertainment kemudian makin menuai kesuksesan terutama di Korea dan Jepang pada tahun 2003. Tak hanya itu, salah satu penyanyinya yakni Seven bahkan berhasil menjadi artis pertama YG Entertainment yang mencoba untuk berpromosi di Amerika.

Menyusul kesuksesan Seven, YG Entertainment kemudian perlahan-lahan naik menuju kesuksesan. Agensi kini memusatkan perhatiannya untuk membentuk grup idola pertama mereka, Big Bang pada tahun 2006. Meskipun awalnya tidak menerima banyak perhatian dari masyarakat, popularitas Big Bang yang konsisten mampu menjadikan mereka sebagai salah satu boy grup terbesar dan tersukses di dunia saat ini.


Debut mereka kemudian disusul oleh grup wanita 2NE1 pada tahun 2009. Sama seperti Seven, kedua grup tersebut juga berhasil meraih kesuksesan di Jepang. Tahun 2012 membawa YG mendapatkan pengakuan di kancah musik internasional saat "Gangnam Style" milik PSY menjadi viral dan memperoleh popularitas di seluruh dunia.

Pada 14 Agustus, "Gangnam Style" berada di peringkat pertama chart bulanan "Most Viewed Videos" di YouTube. Tak hanya itu, pada 21 Agustus, "Gangnam Style" secara resmi menduduki urutan pertama iTunes Music Video Chart. Ini merupakan pencapaian pertama yang berhasil diraih oleh seorang artis Korea Selatan.

Selain menjadi CEO yang pekerja keras, Yang Hyun Suk juga dikenal sebagai bos yang peduli dengan perkembangan artisnya. Yang Hyun Suk kerap kali membantu para artis mudanya untuk berdiskusi akan musik baru yang akan dirilis.

Pada penampilan iKON di program radio SBS "Cultwo Show" 29 April 2017 lalu, iKON menceritakan bantuan yang mereka terima dari Yang Hyun Suk selama persiapan comeback dengan lagu "Bling Bling" dan "B-Day". Menurut para anggota iKON, Yang Hyun Suk memberikan banyak bantuan untuk album mereka tersebut.

“Ia (Yang Hyun Suk) secara khusus memberikan banyak perhatian terhadap album ini. Ia banyak membantu dalam memodifikasi koreografi,” tutur Donghyuk. “Jika kami merekam dan mengirim video koreografi kami, Ia akan menunjuk bagian yang tak Ia sukai dan membantu memperbaiki detail utama dari koreografi kami.”

Selain itu, Yang Hyun Suk juga diketahui kerap berdonasi di berbagai kampanye kemanusiaan. Pada tahun 2013 lalu, Yang Hyun Suk secara pribadi melakukan donasi sejumlah 100 juta Won atau sekitar RP. 1,1 miliar untuk membuat kampanye "Dream Gift", yang berfokus untuk mendukung keluarga yang salah satu anggotanya berjuang dari penyakit keras.

Sebelumnya, Yang Hyun Suk juga pernah mendonasikan semua keuntungan sahamnya senilai Rp 8,9 miliar untuk membantu anak-anak yang kurang beruntung. Yang Hyun Suk kabarnya juga memberikan donasi tersebut dengan memberikannya sendiri, secara langsung kepada yang membutuhkan alih-alih dititipkan ke lembaga donasi.

Tak hanya itu, Yang Hyun Suk juga memilih berdonasi ketika menerima tantangan Ice Bucket Challenge dari personel grup Loona, Hyunjin. Para artis yang mendapat tantangan boleh memilh akan melakukan tantangan menyiram ember berisi air es atau memberikan donasi. Yang Hyun Suk memilih memberikan donasi sebanyak 50 juta won atau senilai Rp 645 juta dan merupakan donatur terbesar saat itu.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait