Rangkum 500 Halaman Novel, Film 'Bumi Manusia' Bakal Berdurasi 3 Jam
Instagram/film.bumimanusia
Film

Hanung Bramantyo menjelaskan bahwa durasi waktu tersebut sudah harus mengorbankan lima adegan dalam novel yang tidak jadi muncul dalam film 'Bumi Manusia'.

WowKeren - Film "Bumi Manusia" akhirnya merilis poster resmi dan jadwal tayangnya pada Rabu (19/6) kemarin. Peluncuran poster "Bumi Manusia" dihadiri oleh para pemain seperti Iqbaal Ramadhan dan Mawar De Jongh serta sang sutradara, Hanung Bramantyo.

Memfilmkan novel legendaris karya almarhum Pramoedya Ananta Toer membuat Hanung menangis haru. Seperti diketahui, novel "Bumi Manusia" sempat dilarang untuk diterbitkan maupun dibaca ketika pria kelahiran 1975 itu masih remaja.

"Saat ini saya bersyukur sekali kalian merayakan film ini dan itu poin buat saya. Jadi saya bersyukur, saya menangis ini bukan akting, sutradara enggak akting," ujar Hanung dilansir Kompas. "Di usia kalian saya membaca 'Bumi Manusia' sembunyi-sembunyi karena takut ditangkap sama polisi."

Mengubah novel yang dirilis pertama kali pada tahun 1980 dengan jumlah 535 halaman tersebut tentu bukan perkara mudah. Hanung mengumumkan bahwa film "Bumi Manusia" akan berdurasi kurang lebih 3 jam dengan mengorbankan 5 adegan.


"Durasi tiga jam, lima scene di novel sudah saya buang. Novelnya aja lima ratus halaman," ungkap Hanung. "Lima ratus halaman itu kan berisi tentang alur cerita sama tentang ideologi Pak Pram."

"Tentang ideologi itu tetap kita masukan, tapi gimana caranya supaya tidak terlihat pidato verba," lanjut Hanung. "Yang pentingnya bahwa dia berjuang untuk kebebasan menjadi manusia yang bebas tidak ditindas."

Hanung juga mengungkapkan perasaannya menjadi sutradara film dari seorang penulis yang begitu ia kagumi. Suami Zaskia Adya Mecca tersebut mengaku beruntung karena merasa dirinya bukanlah siapa-siapa apabila dibandingkan dengan sosok almarhum Pramoedya.

"Ini adalah kebahagiaan yang sangat besar bagi Pak Pram, saya siapa. Saya nothing," tutup Hanung. "Saya hanya orang yang beruntung yang diberikan berkah untuk jadi kepanjangan tangan dari Pak Pram."

Film produksi Falcon Pictures tersebut rencananya akan tayang pada 15 Agustus 2019 mendatang. Selain Iqbaal dan Eva, "Bumi Manusia" juga akan dibintangi Ayu Laksmi, Donny Damara, Giorgino Abraham, Jerome Kurniawan, serta masih banyak lagi.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel