Penulis Novel 'Dilan' Pidi Baiq Ceritakan Masa Kuliah Lewat Film 'Koboy Kampus'
WowKeren/Fernando
Film

'Koboy Kampus' sebenarnya merupakan sebutan untuk para mahasiswa yang betah bermain di lingkungan kampus hingga menunda kelulusannya ketika Pidi Baiq berkuliah di ITB.

WowKeren - Film "Koboy Kampus akan segera rilis dalam waktu dekat. Sang penulis novel, Pidi Baiq, menceritakan kehidupan perkuliahannya di Fakultas Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB) pada era 1990-an lewat film tersebut.

"'Koboy Kampus' adalah sebuah kisah beberapa kawan saya yang di DO (drop out) karena lebih banyak ngoboy-nya daripada melaksanakan kuliah," jelas pria yang akrab disapa Ayah itu.

Menurut Pidi, yang dimaksud dengan koboy kampus adalah mahasiswa yang betah menunda kelulusan serta lebih banyak bermain di lingkungan kampus.


"Koboy kampus zaman dulu masa kedaluwarsa kuliahnya ada yang sampai 14 tahun, minimal tujuh tahun," lanjut Pidi. "Jadi mereka punya banyak waktu dan kesempatan untuk main-main di kampus selain kuliah."

Istilah koboy kampus sendiri muncul dari lagu berjudul sama milik band The Panas Dalam yang dibentuk Pidi dan kawan-kawannya. Lagu "Koboy Kampus" cukup dikenal olah para mahasiswa ITB.

"Kebanyakan mahasiswa yang menyandang koboy kampus adalah penduduk 'The Panas Dalam' yang pada tahun 1995 didirikan sebagai negara," kata Pidi lagi.

Seperti diketahui, film produksi 69 Production dan MNC Pictures itu akan tayang pada 25 Juli 2019. "Koboy Kampus" dibintangi oleh Ricky Harun, Jason Ranti, dan Bisma Karisma.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru