Yang Hyun Suk Buka-Bukaan Soal Alasan Rutin Adakan Tes Narkoba di YG
Selebriti

Yang Hyun Suk menjelaskan tentang alasan YG Entertainment mengadakan tes narkoba rutin terhadap artis-artis mereka menyusul klaim Han Seo Hee terkait skandal B.I.

WowKeren - Episode terbaru program jurnalisme "Spotlight" pada Kamis (20/6) berfokus pada kasus dugaan penggunaan narkoba B.I mantan personel iKON dan tuduhan bahwa YG Entertainment terlibat dalam penyembunyian insiden tersebut. Menurut keterangan Han Seo Hee, agensi memiliki cara untuk membuat skandal narkoba artis-artisnya tidak bocor ke publik.

Han Seo Hee kembali membahas tentang Lee Seung Hoon WINNER (II) yang menghubunginya untuk bertanya apakah ia merokok ganja dengan B.I dan meminta bertemu. Namun ia malah ditemui oleh K, utusan Yang Hyun Suk yang memintanya menjaga agar masalah B.I ketahuan menggunakan narkoba dirahasiakan.

Han Seo Hee mengatakan bahwa K selalu membawa alat tes narkoba dan mengklaim bahwa itu dapat mendeteksi semua jenis narkoba. "Itu karena kami harus tahu untuk menyingkirkannya," ujar K seperti yang dikatakan Han Seo Hee.

Yang Hyun Suk berbicara langsung dengan produser "Spotlight" tentang kontroversi ini. "Aku belum menanggapi pers selama 23 tahun terakhir. Namun kupikir bahwa aku harus memperbaiki hal-hal yang bisa dikoreksi sebaik mungkin melalui penjelasan," kata Yang Hyun Suk.

"Aku langsung memimpin tes narkoba dan memantau mereka," ujarnya mengenai tes narkoba yang rutin diadakan di agensi. Ia menambahkan bahwa alat tes urin tersedia di Amerika Serikat, di mana itu biasa dilakukan. "Aku bertanya kepada banyak orang termasuk otoritas investigasi, dan mereka mengatakan kepadaku bahwa itu tidak ilegal," tambahnya. Tes rutin dilakukan setiap dua bulan.

Yang Hyun Suk juga menunjukkan kepada tim produksi alat tes narkoba yang mampu menguji 12 jenis obat sekaligus. "Mereka tidak menjual alat tes narkoba ini di dalam negeri. Jika tes yang digunakan kejaksaan (seharga) 10 ribu won (atau sekitar Rp 122 ribu), yang ini 50 ribu won (atau sekitar Rp 607.500)," katanya.


Yang Hyun Suk mengatakan bahwa alasan artis-artis YG dites narkoba secara berkala adalah untuk pencegahan. "Ada rasa tanggung jawab setelah kasus G-Dragon bahwa ini terjadi karena manajemen yang buruk di pihak YG, jadi kami telah mengujinya," tuturnya.

"Spotlight" bertanya kenapa alat tes narkoba yang menguji 12 jenis obat diperlukan, mengingat itu menggandakan jumlah dari enam obat yang paling sering disalahgunakan di Korea. Yang Hyun Suk sekali lagi menyatakan bahwa itu adalah tindakan pencegahan dan untuk menakuti para artis untuk tidak menggunakan narkoba apa pun.

"Menentukan apakah seseorang telah menggunakan narkoba atau tidak melalui tes narkoba bukanlah tindakan pencegahan. Ini adalah tindakan yang diambil setelah terjadi. Tampaknya mereka mengakui kemungkinan bahwa artis-artis mereka memang menggunakan narkoba," kata profesor Oh Yoon Sung pada "Spotlight".

Yang Hyun Suk juga menyatakan bahwa ada anggota staf yang bertanggung jawab atas tes narkoba. "Spotlight" menyatakan bahwa K adalah salah satunya.

Yang Hyun Suk membantah kecurigaan bahwa B.I menggunakan narkoba dan menyatakan bahwa hasil tesnya ternyata negatif. "Spotlight" melaporkan bahwa alat tes narkoba bisa mengalami kesulitan mendeteksi secara akurat jika pengguna hanya menggunakan narkoba dalam jumlah kecil.

Sementara itu, Yang Hyun Suk mengumumkan mundur dari semua posisinya di YG Entertainment pada 14 Juni. Sang adik, Yang Min Suk, juga mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO dan digantikan oleh Hwang Bo Kyung.

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru