30 Orang Tewas, Empat Karyawan Pabrik Korek Api yang Terbakar di Binjai Selamat Saat Makan
Nasional

Empat orang karyawan pabrik tersebut selamat dari peristiwa merengut puluhan korban jiwa karena sedang istirahat makan. Mereka adalah Dewi Novitasari (29) Haryani (30), Nuraidah (24), dan Ayu Anitasari (29).

WowKeren - Sebuah pabrik korek api yang terbakar di Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat Sumatra Utara. Insiden nahas tersebut mengakibatkan 26 pekerja dan 4 anak-anak meninggal dunia.

Empat orang karyawan pabrik tersebut selamat dari peristiwa merengut puluhan korban jiwa karena sedang istirahat makan. Mereka adalah Dewi Novitasari (29) Haryani (30), Nuraidah (24), dan Ayu Anitasari (29).

Petugas Polres Binjai pun memeriksa keempat karyawan tersebut. Kasubdit Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan mengatakan polisi juga meminta keterangan dua orang saksi, yakni Agus (45), serta Selamat (44).

"Kita akan minta nanti pemeriksaan forensik melalui DVI kepolisian untuk mengetahui korban," ujar kata Agus seperti yang dikutip dari Antara pada Jumat (21/6).


Puluhan karyawan yang terbakar berada di dalam rumah tidak sempat keluar sehingga semua tewas terpanggang. Api baru bisa dipadamkan setelah dua unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Langkat dan tiga unit milik Pemkot Binjai tiba di lokasi.

Berdasarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langkat, korban berjumlah 30 orang, yakni Nurhayati, Yunita Sari, Pinja (anak Yunita Sari), Sasa (anak Yunita Sari), Suci/Aseh, Mia, Ayu, Desi/Ismi, Juna (anak Desi), dan Bisma (anak Desi). Kemudian Dhijah, Maya, Rani, Alfiah, Rina, Amini, Kiki, Priska, Yuni (Mak Putri), Sawitri, Fitri, Sifah (anak Fitri), Wiwik, Rita, Rizki (pendatang), Imar, Lia (mandor), Yanti, Sri Ramadhani dan Samiati.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat Indra Salahuddin mengatakan bahwa Pemkab Langkat akan segera memeriksa izin pabrik korek api. Tak hanya pabrik yang terbakar tersebut, namun juga semua yang ada di Langkat. Hal itu dilakukan untuk memastikan keselamatan para pekerja yang ada di sana sehingga kejadian nahas seperti itu tak terulang lagi ke depannya.

"Secepatnya, Pemkab Langkat akan melakukan pemeriksaan izin perusahaan," kata Indra. "Bukan saja terhadap pabrik ini, melainkan semua pabrik yang ada di Langkat. Agar peristiwa yang sangat memilukan ini tidak terulang lagi."

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait