Ahli Sarankan Tak Pelihara Ular Usai Heboh Warga Bandung Tewas Dililit Sanca
Nasional

Pria asal Bandung, Jawa Barat ditemukan tewas tengkurap di kamar mandi. Ia diduga meninggal dunia karena dililit ular sanca sepanjang 3 meter peliharaannya.

WowKeren - Berita meninggalnya seorang pria akibat terlilit ular sanca peliharaannya menuai banyak perhatian. Adalah Jana (42) warga Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang menjadi korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Menanggapi hal itu, Ketua Komunitas Pecinta Reptil Aspera Roy Silalahi mengimbau supaya masyarakat awam tidak memelihara ular. Ia pun meminta supaya masyarakat menganggap semua ular sebagai binatang berbahaya walau beberapa jenis ular tidak berbisa.


"Yang awam, nggak paham atau nggak tahu tentang ular, better kita sama sekali nggak dekatin. Bahkan kalau itu nggak berbisa. Karena kita yang awal nggak pernah tahu ciri apakah itu ular berbahaya atau nggak," jelas Roy, Minggu (23/6). "Lebih baik anggap semua reptil khususnya ular berbahaya. Karena itu buat menghindari kejadian yang nggak kita inginkan."

Roy menjelaskan ular merupakan binatang yang liar meski sudah dipelihara bertahun-tahun. Sifat ular ini, ujar Roy, sangat berbeda dengan hewan mamalia peliharaan lain seperti kucing dan anjing.

"Walaupun nggak berbisa, itu hewan liar, biasa. Meskipun sudah biasa, tapi kita nggak tahu," paparnya, dikutip dari DetikNews, Senin (24/6). "Beda seperti mamalia anjing atau kucing. Beda dengan mereka tanda kutip dia (anjing atau kucing) bisa loh kita bilangin. Kalau ular sama sekali kita nggak tahu, namanya buas."

Kendati tidak berbisa, ular sanca dinilai berbahaya untuk dipelihara jika tidak ditangani oleh yang ahli. Pasalnya ular sanca bisa tumbuh sangat panjang. "Sebenarnya sanca tidak berbisa, tapi itu buat expert-lah," katanya.

Terkait tewasnya Jana, Roy menduga kurangnya pengetahuan dalam memelihara ular menjadi penyebab kecelakaan tersebut. Ular sanca sepanjang 3 meter seperti yang dimiliki Jana seharusnya ditangani oleh sekitar tiga orang.

Sebelumnya, Jana diduga tewas karena dililit ular peliharaannya. Kejadian nahas tersebut terjadi di kediaman almarhum. Jana disebut meninggal ketika memandikan hewan peliharaannya itu.

"Dililit (meninggalnya). Lagi dimandiin (ularnya), ketahuan sama anak sudah tengkurap (posisi Jana) di air (jamban)," kata Elah (38), istri Jana, pada Minggu (23/6).

You can share this post!

Related Posts
Loading...