Luhut Pandjaitan Sebut Jokowi Sangat Ingin Lakukan Rekonsiliasi
Instagram/luhut_binsar_pandjaitan
Nasional

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa upaya rekonsiliasi bisa diwujudkan dalam berbagai hal. Dikatakannya, Jokowi akan melakukan apa saja demi kepentingan negara.

WowKeren - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan ikut angkat bicara mengenai rekonsiliasi antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Luhut menyebut bahwa Jokowi sangat ingin melakukan rekonsiliasi. Menurutnya, Jokowi ingin mengajak semua pihak untuk saling bersatu membangun negara.

"Sangat (ingin rekonsiliasi). Nanti dengar saja pidato presiden setelah pengumuman," kata Luhut di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6). "Insyaallah semua baik-baik, tentu nanti presiden akan menyampaikan pidato sebagai presiden terpilih. Insyaallah akan mengajak supaya kita ramai-ramai membangun negara kita ini."

Luhut mengatakan bahwa upaya rekonsiliasi bisa dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan. Tak menutup kemungkinan jika Jokowi akan datang ke rumah Prabowo seperti yang pernah ia lakukan pada 2014 lalu. Sebab menurut Luhut, Jokowi adalah sosok yang merakyat sehingga ia tidak akan sungkan untuk melakukan sesuatu jika itu demi kebaikan bangsa dan negara.


"Ya, bisa saja terjadi begitu. Tidak ada yang tidak mungkin. Jokowi kan orang humble," lanjut Luhut. "Dia orang yang sangat bersahaja, ibunya bersahaja. Dan untuk kepentingan negara, saya kira Pak Jokowi tidak akan pernah sungkan untuk berbuat apa saja."

Begitu juga dengan kemungkinan politik. Luhut menilai bahwa Jokowi selalu terbuka dengan segala kemungkinan politik. Namun ketika ditanya mengenai peluang Gerindra akan bergabung ke koalisi Jokowi, ia enggan menjawab. "Kalau itu sih, saya kira tanya presiden ya. Tapi pada dasarnya tidak menutup kemungkinan-kemungkinan itu terjadi," tegas Luhut.

Rekonsiliasi terus diupayakan antar kedua pihak. Hal tersebut dilakukan dengan menjalin komunikasi antar kubu Jokowi dan Prabowo. Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Arsul Sani mengatakan bahwa upaya tersebut masih berjalan meskipun sidang sengketa Pilpres di MK sedang berlangsung.

"Langkah-langkah menuju rekonsiliasi memang terus berjalan," kata Arsul dilansir dari Detik, Selasa (25/6). "Meski ada sidang-sidang permohonan PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum) Pilpres di MK."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait