Putrinya Gelar Akad Nikah Hari Ini, Begini Cara Unik Gubernur Jatim Khofifah Ngetes Calon Mantu
Nasional
Pernikahan Putri Gubernur Jatim Khofifah

Akad nikah putri sulung Khofifah Indar Parawansa, Patimasang, dan Fadil Wirawan digelar pada hari ini (28/6). Wakil Presiden Jusuf Kalla pun hadir menjadi saksi pihak mempelai wanita.

WowKeren - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menggelar akad nikah putri sulungnya, Patimasang, pada hari ini (28/6). Acara tersebut dilangsungkan di kediaman Khofifah di Jalan Jemursari VIII.

Rekayasa lalu lintas pun dilakukan untuk melancarkan acara tersebut. Sejak sebelum pukul 13.00 WIB, Jalan Jemursari I sudah disterilkan dan kendaraan dialihkan agar melewati Jalan Jemursari II di dekat Hotel Zoom.


Sebelumnya, Patimasang sang mempelai perempuan sempat mengungkapkan cara ibundanya dalam menyeleksi calon mantu. Rupanya, Khofifah memberikan sejumlah PR (pekerjaan rumah) sebelum mengizinkan Fadil Wirawan meminang putrinya.

"Pas waktu pertama ketemu dan kenalan sama ibu, dia dikasih PR sama ibu," tutur wanita yang akrab disapa Ima tersebut dilansir Surya, Rabu (26/6). "Diminta baca surat Al-Fatihah."

Ima menjelaskan bahwa Fadil pertama kali bertemu Khofifah pada Lebaran tahun 2018 lalu. PR tersebut menjadi tes awal Fadil dalam mendapatkan restu Khofifah.

Usai diberi PR, Fadil baru bertemu kembali dengan sang calon mertua 2 bulan setelahnya. Saat itulah, Fadil menyetorkan bacaan surat Al Fatihah kepada Khofifah. Namun rupanya tes Khofifah tidak berhenti di situ saja.

"Alhamdulillah lulus. Tapi lalu dikasih PR lagi," ungkap Ima. "Diminta baca surat Yasin sama Tahlil."

Dengan memberikan tes-tes tersebut, Khofifah menekankan bahwa calon mantunya harus bertanggung jawab dan bisa membimbing rumah tangga yang sakinah, mawaddah, wa rohmah. Fadil sendiri diketahui bukan berasal dari keluarga pejabat.

Selain menceritakan tentang tes unik dari Khofifah, Ima juga bercerita soal pertemuan pertamanya dengan Fadil. Ternyata, mereka berdua adalah teman kuliah dan kini bekerja di kantor yang sama di Jakarta.

"Dia teman aku kuliah saat di Monash University Australia. Tapi beda kampus. Pas kuliah sih enggak kenal banget, malah enggak saling save nomor. Hanya saling menyapa kalau ketemu," kenang Ima. "Ketemunya lagi tuh kayak FTV (Film Televisi). Jadi pas di pintu masuk kantor tempat nge-tap ID, aku mau masuk dia mau keluar. Nah gitu, lalu yang kayak lho kamu di sini juga, baru setelah itu kami tukar nomor telepon."

Setelah itu, kisah mereka berjalan lancar hingga Fadil dikenalkan ke Khofifah pada Lebaran 2018. Kala itu, Fadil diakuinya merasa grogi kala harus berhadapan dengan mantan Menteri Sosial tersebut. "Aku ketemu dia lagi kan bulan Maret tahun lalu. Aku kenalin ke ibu lebaran, udah, Februari itu yang penentuan tanggal itu," jelas Ima.

Kini, keduanya sudah mendapatkan restu dari Khofifah dan melaksanakan akad nikah pada hari ini. Wakil Presiden Jusuf Kalla juga akan hadir menjadi saksi dari pihak mempelai perempuan.

You can share this post!

Related Posts
Loading...