Kepala BNPB Ungkap Kondisi Sutopo Sempat Membaik Saat Dirawat Di Guangzhou
Nasional

Sebelum menghembuskan napas terakhir, Sutopo Purwo Nugroho sempat menjalani perawatan di Guangzhou St. Stamford Modern Cancer Hospital selama tiga minggu.

WowKeren - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo mengatakan bahwa kondisi almarhum Sutopo Purwo Nugroho sempat membaik saat menjalani perawatan di Guangzhou, Tiongkok. Sebelum meninggal, Sutopo sempat dirawat selama tiga minggu di St. Stamford Modern Cancer Hospital akibat penyakit kanker paru-paru yang dideritanya.

"Tiga minggu Pak Topo berada di Guangzhou St. Stamford Modern Cancer Hospital," kata Doni saat mengantar jenazah ke rumah duka di Perumahan Raffles Hills, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu (7/7) malam dilansir dari Antara, Senin (8/7). "Beberapa hari terakhir menunjukkan kemajuan, penyembuhan."

Sebelum dibawa ke Tiongkok, Sutopo sudah sempat ditangani oleh Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto. Meskipun pihak rumah sakit sudah menugaskan dokter-dokter terbaik untuk merawat Sutopo, namun kondisi kesehatannya tak kunjung menunjukkan tanda-tanda membaik bahkan setelah dirawat hampir dua tahun lamanya.


Kepergian Sutopo tentu meninggalkan duka bagi keluarga besar Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB). Pasalnya, Sutopo dikenal sebagai sosok yang militan dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN). Di tengah perjuangan melawan penyakit kanker yang dideritanya, Sutopo tak pernah absen mengabarkan informasi terkait bencana di Indonesia kepada masyarakat.

"Dalam kondisi menderita sakit masih senantiasa menjalani tugasnya," tutur Doni. "Dengan segala kemampuan yang dimiliki untuk menginformasikan kebencanaan. Pak Topo bekerja dengan hati."

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo alias Jokowi juga menyampaikan duka yang mendalam atas kepergian Sutopo. Melalui akun Instagram miliknya, Jokowi mengenang Sutopo sebagai sosok yang mendedikasikan hidupnya untuk orang banyak.

Sutopo menghembuskan napas terakhirnya pada Minggu (7/7) dini hari di Tiongkok. Sutopo akan dimakamkan di Boyolali hari ini, Senin (8/7) dengan menggunakan tata cara militer. "Pemakamannya akan kita coba dengan tata cara militer. Tetapi pesertanya dari kalangan PNS," kata Doni.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru