Candi Prambanan, Warisan Dunia UNESCO yang Sangat Indah dan Populer
Travel

Pada Sabtu (6/7) lalu, UNESCO menetapkan Sawahlunto sebagai salah satu Situs Warisan Dunia yang ada di Indonesia. Dengan penetapan ini, Sawahlunto menjadi situs Warisan Dunia ke-9 yang ada di Indonesia.

WowKeren - Warisan Dunia UNESCO yang ada di Indonesia selanjutnya adalah Candi Prambanan. Berbeda dengan Candi Borobudur yang bercorak Buddha, Candi Prambanan bercorak Hindu. Candi ini bahkan disebut sebagai candi Hindu terbesar di kawasan Indonesia dan Asia Tenggara.

Candi yang dibangun pada abad ke-9 ini dipersembahkan untuk tiga dewa penting (Trimurti) dalam agama Hindu. Yakni Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan juga Dewa Siwa. Jumlah candi yang ada di kompleks ini sekitar 240 candi, dengan tiga bangunan yang paling besar adalah candi Trimurti.

Jika berbicara tentang Candi Prambanan, masyarakat tidak lepas dengan legenda Roro Jonggrang. Seperti yang diketahui, Roro Jonggrang meminta dibuatkan 1000 candi dalam waktu semalam kepada Bandung Bondowoso sebagai syarat pernikahan. Namun karena tipu daya Roro Jonggrang, Bandung hanya bisa membuat 999 candi, dan dia melengkapi candi ke-1000 dengan menjadikan Roro Jonggrang sebagai arca.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru